Virus, disini bukan berbicara virus computer. Tapi kesehatan dan penyakit terhadap manusia.

Apa perbedaan virus dan bakteri
Virus memiliki ukuran lebih kecil, 10-100x dibanding ukuran bakteri. Ukuran bakteri memiliki diamter 200-1000nm, dan bakteri terbesar di dunia yang pernah ditemukan Bakteri Thiomargarita mencapai 0,75mm. Virus memiliki ukuran lebih kecil, hanya memiliki diameter 20-400nm. Virus terbesar yang pernah ditemukan Virus Pandoravirus denganukuran 1000nm.
Bakteri dapat dilihat melalui peralatan mikroskop, sedangkan bakteri hanya dapat dilihat mengunakan microskop elektron
Virus tidak memiliki sel, sedangkan bakteri memiliki satu sel.
Virus merupakan kehidupan terkecil dan paling sederhana.
Virus adalah organisme hidup, sedangkan bakteri antara hidup dan tidak hidup.
Bakteri menyerang dan menyebar secara lokal, sedangkan Virus banyak yang menyebar sistematik.
Virus membutuhkan inang sel untuk berkembang biak. Sedangkan bakteri membelah dirinya sendiri.
Bakteri adalah organisme interselular (hidup di sel). Virus adalah organisme intraselular (masuk ke inang)
Virus mengubah materir genetik sel induk untuk menghasilkan virus (melakukan replika)
Virus ada yang berguna, tapi sebagian besar berbahaya.
Antibiotik untuk membunuh bakteri tapi sebagian tidak yang disebut Superbug, sedangkan virus tidak dapat dimatikan dengan antibiotik.
Bakteri adalah sel prokariotik yang menampilkan seperti karateristik organisme hidup. Bakteri memiliki organel dan DNA yang tertutup dalam sitoplasma dan di kelilingin dinding sel. Virus tidak dianggap sel, tapi sebagian memiliki partikel asam nukleat (DNA dan RNA) yang terbungkus dalam cangkang protein.


Kita mengenal kata virus, virus flu dan lainnya. Tetapi apakah virus itu.

Virus adalah partikel menular baik di kehidupan dan non kehidupan. Virus berbeda dengan tanaman, hewan bahkan bakteri. Khususnys dalam struktur dan fungsinya.

Mereka bukan sel yang dapat mengandakan dirinya sendiri. Tapi membutuhkan inang seperti parasit untuk memproduksi energi, reproduksi dan kelangsungan hidup dan berkembang.

Ukuran virus rata rata berukuran 20nm sampai 400 nm. Membuat penyakit bagi manusia seperti flu, cacar air bahkan influenza.

Virus itu apa dan berbeda dengan bakteri tanaman dari struktur dan fungsi

Dibawah ini beberapa dampak dari virus.

Virus dikaitkan dengan penyakit kanker.
Seperti Limforma Furkitt, kanker servik, hati, leukimia sel T atau Sarkoma Kaposi adalah contoh kanker yang terkai dengan infeksi berbagai virus. Tetapi mayoritas virus yang ada di bumi tidak menyebabkan kanker.

Virus terbuka
Semua virus memiliki lapisan protein atau kapsid. Namun beberapa virus flu memiliki membran tambahan seperti amplop yang melindungi dirinya.
Virus tanpa tanpa perlindungan biasanya disebut virus telanjang. Disini perbedaan ada tidaknya pelindung membran tersebut.
Virus telanjang masuk ke inang sel, dan membran inang melepaskan materi geneik mereka ke sitoplasma.
Virus dengan membran tertutup, dimulai dengan mengeluarkan tuas atau exositosis ke inangnya.

Virus mengandung DNA
Baik DNA tunggal atau beruntai seperti rantai ganda. Bahkan beberapa memiliki RNA dari keduanya.
Beberapa virus memiliki informasi genetik yang terorganisir, dari bentuk lurus dan yang lain membentuk melingkar.
Jenis genetik yang terkandung di virus tidak hanya menentukan jenis sel yang layak mereka menunjukan inang, tetapi bagaimana mereka melakukan replikasi ke tubuh inang sel.

Virus dapat bertahan bertahun tahun untuk bersembunyi.
Virus melakukan siklus hidup dalam beberapa fase. Ada tipe virus yang langsung menyebar melalui inang, dan tumbuhmembentuk virus baru dari sel yang terinfeksi. Sebagian lain dapat tertidur di dalam inang sel.
Virus yang menginfeksi inang dapat melakukan tahapan sebelum memecahkan diri menjadi virus baru. Bahkan dapat berlangsung lama sampai virus yang bersembunyi tersebut aktif.
Contoh Virus HIV mampu diam tanpa dampak apapun dan kembali memulai melakukan replikasi setelah 10 tahun.

Virus menginfeksi tanaman, hewan dan sel bakteri.
Virus dapat menginfeksi sel bakteri dan eukariotik.
Tipe virus eukariotik paling umum dan disebut virus hewan. Tetapi virus dapat juga menginfeksi tanaman, seperti melalui serangga atau bakteri dan menembus dinding sel tanaman.
Begitu tanaman terinfeksi virus, maka virus tidak akan membunuh tanaman tapi dapat menyebabkan deformasi pada tumbuhan.

Virus yang menginfeksi bakteri dikenal dengan Bakteriofag atau Fag

Virus mengunakan protein manusia untuk menginfeksi sel.
HIV, Hepatetis, Rhino dan lainnya adalah contoh virus yang serius bagi manusia. Dan virus mengunakan protein untuk menginfeksi sel.
Kapsul pelindung virus mengandung protein virus dan protein selaput sel manusia. Dengan membawa protein manusia, maka virus mampu menyamarkan dirinya dari sistem kekebalan tubuh manusia. Dan antibodi manusia tidak melihat keduajenis virus tersebut berbahaya untuk dimusnahkan.

Retrovirus dalam kloning dan terapi gen.
Retrovirus adalah neniru virus yang mengandung RNA, dan dapat meniru genomnya mengunakan enzim yang dikenal dengan reverse transcriptase.
Enzim ini mengubah RNA virus menjadi DNA, dan dapat masuk ke dalam DNA inang sel.
Inang sel akan mengunakan enzim untuk mereplika virus.
Disini yang ini virus dapat dimanfaatkan, karena virus memiliki kemampuan untuk masuk ke gen dalam kromosom manusia. Virus khusus ini telah digunakan untuk penelitian ilmiah. Dimana para ilmuwan tertarik melakukan kloining untuk beberapa pendekatan terapi gen

Beberapa bakteri memiliki manfaat. Virus tidak memiliki manfaat sama sekali. Sejauh ini masih diuji pemanfaatan virus bagi manusia seperti menghancurkan sel tumor.