Virus dan bakteri struktur


Green | 7 November 2019


Menyebut Virus Kolera November 2019
Banyak media menyebut dibuangnya ternak ke sungai akibat terjangkit Virus Kolera, termasuk beberapa headline di media nasional.

Mungkin yang dimaksud adalah bakteri, dimana bakteri kolera dapat menyebar melalui cairan seperti di air sungai yang disebutkan.

Data dari WIkipedia
Penyakit kolera (juga disebut Asiatic cholera) adalah penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakterium Vibrio cholerae. Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi oleh sanitasi yang tidak benar atau dengan memakan ikan yang tidak dimasak benar, terutama kerang. Gejalanya termasuk diare, perut keram, mual, muntah, dan dehidrasi. Kematian biasanya disebabkan oleh dehidrasi. Kalau dibiarkan tak terawat, maka penderita berisiko kematian tinggi. Perawatan dapat dilakukan dengan rehidrasi agresif "regimen", biasanya diberikan secara intravena secara berkelanjutan sampai diare berhenti.


Apa perbedaan virus dan bakteri
Virus memiliki ukuran lebih kecil, 10-100x dibanding ukuran bakteri. Ukuran bakteri memiliki diameter 200-1000nm, dan bakteri terbesar di dunia yang pernah ditemukan Bakteri Thiomargarita mencapai 0,75mm. Virus memiliki ukuran lebih kecil, hanya memiliki diameter 20-400nm. Virus terbesar yang pernah ditemukan Virus Pandoravirus denganukuran 1000nm.
Bakteri dapat dilihat melalui peralatan mikroskop, sedangkan virus dapat dilihat mengunakan microskop elektron
Virus tidak memiliki sel, sedangkan bakteri memiliki satu sel.
Virus merupakan kehidupan terkecil dan paling sederhana.
Virus adalah organisme hidup, sedangkan bakteri antara hidup dan tidak hidup.
Bakteri menyerang dan menyebar secara lokal, sedangkan Virus banyak yang menyebar sistematik.
Virus membutuhkan inang sel untuk berkembang biak (misal sel manusia). Sedangkan bakteri membelah dirinya sendiri.
Bakteri adalah organisme interselular (hidup di sel). Virus adalah organisme intraselular (masuk ke inang)
Virus mengubah materi genetik sel induk untuk menghasilkan virus (melakukan replika)
Virus ada yang berguna, tapi sebagian besar berbahaya.



Antibiotik untuk membunuh bakteri tapi sebagian tidak yang disebut Superbug, sedangkan virus tidak dapat dimatikan dengan antibiotik biasa, lebih banyak mengandalkan kekebalan tubuh seperti virus flu..
Bakteri adalah sel prokariotik yang menampilkan seperti karateristik organisme hidup. Bakteri memiliki organel dan DNA yang tertutup dalam sitoplasma dan di kelilingin dinding sel. Virus tidak dianggap sel, tapi sebagian memiliki partikel asam nukleat (DNA dan RNA) yang terbungkus dalam cangkang protein.


Kita mengenal kata virus, virus flu dan lainnya. Tetapi apakah virus itu.

Virus adalah partikel menular baik di kehidupan dan non kehidupan. Virus berbeda dengan tanaman, hewan bahkan bakteri. Khususnys dalam struktur dan fungsinya.

Mereka bukan sel yang dapat mengandakan dirinya sendiri. Tapi membutuhkan inang seperti sel yang sifatnya parasit untuk memproduksi energi, reproduksi dan kelangsungan hidup dan berkembang.

Ukuran virus rata rata berukuran 20nm sampai 400 nm. Membuat penyakit bagi manusia seperti flu, cacar air bahkan influenza.

Virus itu apa dan berbeda dengan bakteri tanaman dari struktur dan fungsi

Dibawah ini beberapa dampak dari virus.

Virus dikaitkan dengan penyakit kanker.
Seperti Limforma Furkitt, kanker servik, hati, leukimia sel T atau Sarkoma Kaposi adalah contoh kanker yang terkai dengan infeksi berbagai virus. Tetapi mayoritas virus yang ada di bumi tidak menyebabkan kanker.

Virus terbuka
Semua virus memiliki lapisan protein atau kapsid. Namun beberapa virus flu memiliki membran tambahan seperti amplop yang melindungi dirinya.
Virus tanpa tanpa perlindungan biasanya disebut virus telanjang. Disini perbedaan ada tidaknya pelindung membran tersebut.
Virus telanjang masuk ke inang sel, dan membran inang melepaskan materi geneik mereka ke sitoplasma.
Virus dengan membran tertutup, dimulai dengan mengeluarkan tuas atau exositosis ke inangnya.

Virus mengandung DNA
Baik DNA tunggal atau beruntai seperti rantai ganda. Bahkan beberapa memiliki RNA dari keduanya.
Beberapa virus memiliki informasi genetik yang terorganisir, dari bentuk lurus dan yang lain membentuk melingkar.
Jenis genetik yang terkandung di virus tidak hanya menentukan jenis sel yang layak mereka menunjukan inang, tetapi bagaimana mereka melakukan replikasi ke tubuh inang sel.



Virus dapat bertahan bertahun tahun untuk bersembunyi.
Virus melakukan siklus hidup dalam beberapa fase. Ada tipe virus yang langsung menyebar melalui inang, dan tumbuh membentuk virus baru dari sel yang terinfeksi. Sebagian lain dapat tertidur di dalam inang sel.
Virus yang menginfeksi inang dapat melakukan tahapan sebelum memecahkan diri menjadi virus baru. Bahkan dapat berlangsung lama sampai virus yang bersembunyi tersebut aktif.
Contoh Virus HIV mampu diam tanpa dampak apapun dan kembali memulai melakukan replikasi sampai 10 tahun.

Virus menginfeksi tanaman, hewan dan sel bakteri.
Virus dapat menginfeksi sel bakteri dan eukariotik.
Tipe virus eukariotik paling umum dan disebut virus hewan. Tetapi virus dapat juga menginfeksi tanaman, seperti melalui serangga atau bakteri dan menembus dinding sel tanaman.
Begitu tanaman terinfeksi virus, maka virus tidak akan membunuh tanaman tapi dapat menyebabkan deformasi pada tumbuhan.

Virus yang menginfeksi bakteri dikenal dengan Bakteriofag atau Fag

Virus mengunakan protein manusia untuk menginfeksi sel.
HIV, Hepatetis, Rhino dan lainnya adalah contoh virus yang serius bagi manusia. Dan virus mengunakan protein untuk menginfeksi sel.
Kapsul pelindung virus mengandung protein virus dan protein selaput sel manusia. Dengan membawa protein manusia, maka virus mampu menyamarkan dirinya dari sistem kekebalan tubuh manusia. Dan antibodi manusia tidak melihat keduajenis virus tersebut berbahaya untuk dimusnahkan.

Retrovirus dalam kloning dan terapi gen.
Retrovirus adalah neniru virus yang mengandung RNA, dan dapat meniru genomnya mengunakan enzim yang dikenal dengan reverse transcriptase.
Enzim ini mengubah RNA virus menjadi DNA, dan dapat masuk ke dalam DNA inang sel.
Inang sel akan mengunakan enzim untuk mereplika virus.
Disini yang ini virus dapat dimanfaatkan, karena virus memiliki kemampuan untuk masuk ke gen dalam kromosom manusia. Virus khusus ini telah digunakan untuk penelitian ilmiah. Dimana para ilmuwan tertarik melakukan kloining untuk beberapa pendekatan terapi gen

Sedangka bakteri memiliki manfaat, seperti bakteri di dalam tubuh.
Virus tidak memiliki manfaat sama sekali. Sejauh ini masih diuji pemanfaatan virus bagi manusia seperti menghancurkan sel tumor.

Berita terkait
Teknologi jam pintar atau Smartwatch mulai mengambil fitur medis. Samsung, Apple dan Kardio Mobile mulai memasarkan jam pintar dilengkapi EKG. Salah satunya EKG, umum digunakan tim medis menditeksi masalah jantung. Apakah jam pintar mampu menyamai kemampuan perangkat kedokteran. Tentu saja tidak, tapi ada beberapa fungsi dasar di smartwatch, memberi diteksi dini masalah jantung kepada penguna.

Tidur terlalu singkat setiap hari memang berbahaya, tetapi mengapa tidur terlalu lama juga berbahaya. Lama waktu tidur yang tepat orang dewasa antara 7-8 jam. Tidur cukup memberikan dampak bagi tubuh sangat positif. Mengapa kurang menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern.



Cahaya UV dari matahari dapat mencapai permukaan bumi. 95% radiasi ultra-violet adalah tipe UV-A dimana dapat merusak lensa mata. UV_B yang beresiko menganggu mata. UV-C lebih berbahaya tapi tidak menembus permukaan Bumi. Kulit juga terkena dampak radiasi sinar UV, membuat keriput tapi bagaimana terjadinya.

Tahun berapa manusia hampir, apakah disebabkan penyakit atau bencana sangat besar. Perang Dunia pertama lebih buruk dibanding perang dunia kedua.Tapi lebih buruk ketika terjadi penyakit Black Death. Di jaman tersebut, manusia tidak memiliki obat dan laboratorium untuk memeriksa sebuah penyakit.

China belum mengirim sampel virus H7N9 ke rekan rekan mereka di luar negeri. Membuat badan kesehatan khawatir bila suatu hari virus kembali menjadi epidemi di seluruh dunia. Pemerintah China tidak berkomentar dengan sampel tersebut. Kerugian China menghabiskan 6 miliar dollar. Apakah keputusan lebih baik, Indonesia pernah mengalami hal serupa

60 tahun menyumbangkan darah, karena darahnya unik. Memberikan Anti-D, setidaknya membantu 2 juta ibu hamil. Dia telah menjadi donor sebanyak 1100 kali, dan pada awal Mei 2018 usianya menjadi batas bagi orang sebagai donor darah. Temuan tersebut terjadi setelah 10 tahun James mulai menjadi donor darah.

Salah satu kebiasaan orang sukses dan berhasil menjadi milyader terlihat sama. Bukan IQ tinggi, bukan keberuntungan yang beruntung, tapi mereka mengapresiasi sesuatu yang sama yaitu membaca yang mereka inginkan untuk belajar. Ma memilih sukses dari LQ



Lensa kontak palsu dan lensa kontak dekoratif beresiko bagi 
pengunaLensa kontak banyak dibuat untuk dekoratif, tapi penelitian dari Amerika menyebut beberapa produk tidak steril dan beresiko penguna terkena bakteri. Akibatnya dari mata merah sampai masalah penglihatan

Apa yang terjadi pada tubuh ketika lari marathon. Membuat tubuh seperti pengilingan daging. Tubuh menjadi panas seperti demam, ginjal  terganggu, sampai kalori dalam tubuh terkuras habis. Disini pelari akan seperti menabrak dinding.

Dalam beberapa tahun banyak orang berpaling dari daging. Hampir 2,1 juta orang dewasa di Australia sekarang diet, bahkan sebagian menjadi vegetarian. Apa benar makan sayur umur lebih panjang, atau ada faktor lain

Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC. Caranya sangat mudah, dengan modal beberapa botol plastik saja yang dipasang di jendela rumah. Mampu menurunkan suhu ruangan 5deg C lebih rendah. Tentu berdasarkan arus angin yang melewati botol bekas yang dijadikan arus udara masuk.

Sebuah desa kecil di India, dalam 20 tahun terakhir telah 350 orang meninggal. Sekitar 320 keluarga tinggal disana, dimana satu keluarga telah kehilangan satu orang keluarganya. Mengapa penduduk disana begitu banyak yang meninggal. Mereka menyebut ada setan, ilmu pengetahuan menyebut dampak pestisida.

Fosfor adalah elemen penting untuk tanaman. Merupakan nutrisi yang dipakai pada produksi pertanian, tetapi bahan tersebut tidak bisa tergantikan. Petani telah lama tergantung dengan fosfor, dan kebutuhan bahan ini terus meningkat.




No popular articles found.