Bintang kerdil NGTS-1 memiliki planet raksasa membuat ilmuwan tertegun


Kategori : Science | Date : 1 November 2017
Ilmuwan astronom telah menemukan beberapa keunikan dalam menemukan planet ekstrasurya akhir akhir ini.

Melihat sebuah planet yang mengorbit ke bintang masih sangat sulit. Namun teleskop memudahkan para peneliti melihat lebih jauh.

Kali ini ditemukan sebuah bintang kerdil tetapi ada planet yang mengobit ke bintang dengan ukuran besar.

Secara umum sebuah bintang kerdil yang ditemukan, maka ada planet dengan ukuran lebih kecil.

Berbeda dengan bintang NGTS-1, disana ditemukan sebuah planet tapi ukurannya sangat besar.

Sebuah planet gas NGTS-1b ditemukan mengelilingi bintang NGTS-1.

Penemuan planet NGTS-1b adalah penemuan planet pertama dari teleskop Survey Transit Next Generation atau disingkat NGTS yang dipasang di Chile. Total memiliki 12 teleskop paralel untuk menyelusuri ruang angkasa.

Keanehan dari planet NGTS-1b membuat peneliti gagal menjelaskan mengapa planet tersebut bisa ada disana.

Bintang kerdil NGTS-1 memiliki planet raksasa membuat ilmuwan tertegun

Ukuran bintang kerdil umumnya hanya ditemukan planet berbatu seperti planet seukuran Bumi atau lebih kecil.



Karena sebuah bintang kerdil yang memiliki ukuran mungil tidak akan memiliki kelebihan bahan untuk membentuk planet planet yang besar. Planet NGTS-1b seharusnya tidak ada disana atau tidak lahir dibintang seperti kelas kurcaci.

Daniel Byliss penulis penelitian mengatakan ukuran planet NGTS-1b memiliki 25% dari ukuran radius bintang induknya. Bandingkan dengan matahari dengan planet Jupiter memiliki ukraun 10% dari radius matahari.
Keuniakn lain, posisi NGTS-1b sangat dekat ke bintang, dan mengitari bintang setiap 3 hari waktu bumi. Membuat planet tersebut memiliki jarak sangat dekat ke bintang.

Kedepan peneliti dapat mengungkap mengapa bintang NGTS-1 memiliki planet yang lebih besar dan lebih dekat. Sementara bintang kerdil lain rata rata tidak memiliki planet gas yang berada dibagian depan atau dekat ke bintang.

Di abad ke 17 Charles Messier astronom menemukan banyak benda di ruang angkasa. 93 nama masuk daftar di katalog Messier. Hubble membuat daftar benda ruang angkasa. Dari kelompok bintang, galaksi dan tentu saja yang baru ditemukan. Tentu dengan detil gambar dari teknologi di abad ke 20.

Bintang coklat atau bintang katai coklat disebut juga bintang gagal. Artinya bintang ukuran jauh lebih kecil, dibanding bindang berwarna kuning seperti matahari, dan masih lebih kecil dibanding bintang merah. Peneliti mengatakan jangan jangan jumlahnya cukup banyak.

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.



Asteroid Oumuamua bukan asteroid biasa dan datang dari antar bintang Pertama terditeksi 19 Oktober dari teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Ini adalah objek diluar tata surya kita. Benda bersejarah ini disebut UI A / 2017 telah melintas ratusan juta tahun lalu.

Bintang Antares sebagai bintang raksasa merah, memiliki atmosfer bintang yang melebar. Atmofer bintang dapat melbar mencapai radius 1,7x dari ukuran bintang sendiri, bahkan lebih agresif dibanding bintang yang akan meledak

Sebuah bintang tidak jauh dari bumi, bintang EBLM J0555-57Ab merupakan bintang terkecil yang pernah ditemukan. Ukurannya menakjubkan. Sementara bintang raksasa atau bintang lumayan besar seperti matahari. Yang ini hanya seukuran  planet Saturnus saja dan mengalahkan rekor sebelumnya bintang Trappist-1

Bintang seukuran matahari kita rata rata lahir dengan kembaran bahkan 3 bintang bersamaan. Bintang biner atau bintang kembar akan terpisah 500 AU. Sedangkankan bintang ukuran lebih besar juga memiliki bintang kembar tapi menyatu menjadi satu bintang. Kemana kembaran matahari sekarang



Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Teleskop Gaia milik ESA mengabadikan beberapa gerakan bintang. Tapi 5 juta tahun kedepan, beberapa bintang yang ada bergerak. Bintang Gliese 710 diperkirakan akan menganggu tata surya kita, dengan mengeser awan Oort dan bumi terancam tertabrak komet

Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya

Bintang Luminous blue variables (LBV) jarang ada di galaksi kita, tapi yang ini tampak. Bahkan teleskop tidak dapat melihat ukuran bintang ini, karena cahayanya begitu terang. Salah satu bintang adalah AG AG Carinae, nasibnya tidak lama lagi dan bintang ini akan mati

Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.



Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.


No popular articles found.