Banyak orang mengabaikan waktu tidur.

Jam tidak jelas, waktu tidur sepotong untuk menghilangkan rasa ngantuk. Bahkan ada yang membagi 2 waktu tidur singkat dalam sehari.

Apakah waktu tidur yang tidak jelas dapat membahayakan kesehatan. Dijawab Ya, dan sangat.

Matthew Walker seorang pakar pengetahuan tentang tidur ingin memberi pesan kepada warga Amerika. Jika waktu tidur anda kurang dari 7 jam sehari, anda akan menghadapi masalah besar di waktu mendatang.

Matthew adalah profesir ilmu saraf dan psikologi universitas Berkeley. Dia mengatakan penyakit yang muncul dapat dari Alzheimer sampai diabetas, bahkan depresi.

Waktu tidur yang kurang menjadi wabah kesehatan masyarakat terbesar di negara maju.

Dalam buku yang ditulis Why we Sleep, Walker tidak berbasa-basi dengan pengetahuannya. Semakin singkat tidur setiap hari, semakin pendek umur anda katanya.

Walker ingin memberitahu, tidur bukan asal tidur tapi deep sleep atau tidur nyenyak menjadi bagian paling penting. Tidur yang cukup dapat berdampak pada kesehatan.

Waktu tidur yang baik selama 7-8 jam. Cukup atau tidak cukup, manusia modern harus memilikinya.

Orang yang kurang tidur setiap hari, akan kehilangan reaksi dan konsetrasi yang buruk pada hari berikutnya.

Sayangnya masyarakat menganggap tidur bukan hal penting. Tidur mempengaruhi organ tubuh lain.

Sebuah studi yang dilakukan selama 14 tahun, menemukan pria banyak yang tidur hanya 6 jam, atau bahkan kurang dari 4-5 jam sehari.

Kurang tidur dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes, kenaikan berat badan, masalah kesehatan, kesuburan, penurunan imunitas, alzheimer dan lainnya.

Suhu ruang yang baik juga berpengaruh. Suhu antara sampai 18 derajat Celcius berdasarakan cuaca disana. Karena suhu tubuh perlu tudurn 2-3 derajat untuk memulai tidur. Jaga ruangan agar gelap, dan jangan beranjak dari tempat diru selama 20 menit maka anda  akan tidur dengan baik.

Yang dilarang, tidak meminum alkohol 2 sebelum tidur, karena alkohol adalah zat pemblokir tidur REM yang kuat.

Lama waktu tidur dibagi berdasarkan usia.
Orang dewasa sampai remaja dapat memanfaatkan waktu tidur antara 7-8 jam atau lebih.
Sedangkan anak anak dibawah usia 13 tahun dimulai paling singkat 9 jam atau lebih.


waktu tidur yang tepat dan baik berdasarkan usia

Prof Franco Cappuccio, profesor kedokteran kardiovaskular dan epidemiologi di University of Warwick yang diwawancari BBC
Menganalisa dari 16 studi dimana sekitar 1 juta orang ditanya dengan kebiasaan tidur dan menindaklanjuti dari waktu ke waktu.

Sebagian mengatakan tidur kurang dari 6 jam, yang lain 6-8 jam. 12% responden yang tidur kurang dari 6 jam telah meninggal dalam penelitian.
Mereka yang tidur terlalu lama, 30% juga meninggal dibanding mereka yang tidur antara 6-8 jam.

Tidur terlalu singkat setiap hari memang berbahaya, tetapi mengapa tidur terlalu lama juga berbahaya.

Ada berbagai cara melihat hal ini. Cappuccio mengatakan orang yang tidur terlalu lama sebenarnya mereka dalam masalah. Misal mengalami depresi, atau terlalu sering mengunakan pil tidur.
Jadi ada penyakit yang tersembunyi dimana orang tersebut tidak tahu dengan penyakitnya.


Manfaat tidur
Tidur dalam kondisi REM atau benar benar tertidur dapat pemulihan otak, sedangkan tidur non REM menjadi proses perbaikan dan pemulihan tubuh.
Tidur dapat memperbaiki luka fisik, dan tidur memperkuat kekebalan tubuh secara umum.

Tidur dapat meningkatkan hormon pertumbuhan dalam tubuh seperti regenerasi dan perbaikan jaringan tubuh.
Aktivitas metabolik selama tidur terutama anabolik (molekul baru dibangun untuk konstruksi tubuh) dibanding katabolik dimana molekul pecah untuk dikembalikan.

Generasi sel bagian paling penting.
Proses generasi sel, sebagian besar terjadi ketika tidur. Tidur adalah waktu tubuh memperbaiki kerusakan, membangun kembali, meregenerasi dan memperbaiki.
Kurang tidur akan menghadapi penuaan dini karena sel tidak sempat regenerasi.

Otak bagian penting dari tubuh manusia. Mengelola semua fungsi tubuh dengan waktu sendiri.
Masalahnya menumbuhkan sel neuron yang ada di otak kita akan berkurang, bila seseorang kurang tidur. Ditambah masalah lain seperti stres, alkohol, atau perokok.
Proses regenrasi sel fisik baru terjadi pada tenagah malam, dan disimulasi oleh otak. Bila anda tidur tengah malam, maka otak tidak melakukan fungsinya.
Ikuti saja kebiasaan orang kuno, mereka tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. Membuat mereka lebih sehat dan sedikit penyakit.

+ Ucla.edu/preparing-for-a-sleep-study