Sebuah bintang berusia muda terlihat dari teleskop ALMA, terletak di awan Orion atau nebula Orion.

Bintang V1247 Orionis adalah bintang muda yang panas, tapi sudah dikelilingi cincin gas dan debu yang dinamis. Disebut disc circumstellar, ada yang menarik pada bagian tersebut.

Peneliti memperkirakan usia bintang V1247 Orionis baru berusia 5 - 10 juta tahun.

Diantara cincin dan bagian terlihat sabit terdapat garis gelap. Diperkirakan disana sedang terjadi pembentukan bintang muda atau proto-planet.

Bintang V1247 Orionis baru lahir terlihat bibit planet di tata
surya baru

Seiring planet mulai mengorbit ke bintang induknya, gerakan bintang menciptakan daerah tekanan tinggi. Seperti kapal yang melintas di laut, maka akan membentuk garis air dibelakangnya.

Resolusi tinggi dari foto ini membuat peneliti mempelajari struktur rumit dengan pusaran debu pertama kali. Sementara di bagian sabit terlihat warna hitam, namun di daerah tersebut juga terdapat debu yang berlebihan di dalam cincin.

Gambar dari teleskop diatas tidak menunjukan benda yang disebut planet.

Dapat dilihat analisa dari ESO badan antariksa Eropa. Yang dimaksud munculnya proto planet ada dibagian sisi kiri tengah.

Sedangkan bagian atas yang disebut lintasan garis air pada kapal. Disini adalah lintasan sebuah planet baru yang menganggu debu dan gas di cincin bintang.

Sedangkan debu dan gas yang lebih dekat ke dalam atau bintang, akan terdorong mendekati bintang. Nantinya bagian di dalam tidak akan membentuk planet, atau mungkin terdorong masuk ke dalam bintang.



Seperti bentuk diatas dimana peneliti dapat belajar dari mana asal planet pertama kali lahir, setelah munculnya bintang baru..

Pembentukan tata surya V1247 Orionis tidak akan terbentuk secara singkat, tapi akan memakan waktu jutaan tahun kedepan sampai proto planet menjadi planet.