Bintang V1247 Orionis melihat bentuk planet baru lahir


Kategori : Science | Date : 16 October 2017
Bagaimana planet lahir di dekat bintang, menjadi contoh dari bintang V1247
Sebuah bintang berusia muda terlihat dari teleskop ALMA, terletak di awan Orion atau nebula Orion.

Bintang V1247 Orionis adalah bintang muda yang panas, tapi sudah dikelilingi cincin gas dan debu yang dinamis. Disebut disc circumstellar, ada yang menarik pada bagian tersebut.

Peneliti memperkirakan usia bintang V1247 Orionis baru berusia 5 - 10 juta tahun.

Diantara cincin dan bagian terlihat sabit terdapat garis gelap. Diperkirakan disana sedang terjadi pembentukan bintang muda atau proto-planet.

Bintang V1247 Orionis baru lahir terlihat bibit planet di tata
surya baru

Seiring planet mulai mengorbit ke bintang induknya, gerakan bintang menciptakan daerah tekanan tinggi. Seperti kapal yang melintas di laut, maka akan membentuk garis air dibelakangnya.

Resolusi tinggi dari foto ini membuat peneliti mempelajari struktur rumit dengan pusaran debu pertama kali. Sementara di bagian sabit terlihat warna hitam, namun di daerah tersebut juga terdapat debu yang berlebihan di dalam cincin.

Gambar dari teleskop diatas tidak menunjukan benda yang disebut planet.

Dapat dilihat analisa dari ESO badan antariksa Eropa. Yang dimaksud munculnya proto planet ada dibagian sisi kiri tengah.

Sedangkan bagian atas yang disebut lintasan garis air pada kapal. Disini adalah lintasan sebuah planet baru yang menganggu debu dan gas di cincin bintang.



Sedangkan debu dan gas yang lebih dekat ke dalam atau bintang, akan terdorong mendekati bintang. Nantinya bagian di dalam tidak akan membentuk planet, atau mungkin terdorong masuk ke dalam bintang.



Seperti bentuk diatas dimana peneliti dapat belajar dari mana asal planet pertama kali lahir, setelah munculnya bintang baru..

Pembentukan tata surya V1247 Orionis tidak akan terbentuk secara singkat, tapi akan memakan waktu jutaan tahun kedepan sampai proto planet menjadi planet.

Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti percaya 15 planet seukuran bumi ditelan oleh salah satu bintang. Apa penyebab planet akhirnya masuk ke dalam bintang. Penelitian ini mirip seperti sejarah Yunani dengan dewa Kronos

Pada tahun 1437 seorang astronom melihat cahaya seperti bintang meledak, tapi menghilang setelah 2 minggu kemudian. Misteri hilangnya cahaya bintang tersebut menarik dipelajari kembali, sampai peneliti dapat menjawab apa yang terjadi pada tahun tersebut.

Sebuah bintang tidak jauh dari bumi, bintang EBLM J0555-57Ab merupakan bintang terkecil yang pernah ditemukan. Ukurannya menakjubkan. Sementara bintang raksasa atau bintang lumayan besar seperti matahari. Yang ini hanya seukuran  planet Saturnus saja dan mengalahkan rekor sebelumnya bintang Trappist-1



Bintang seukuran matahari kita rata rata lahir dengan kembaran bahkan 3 bintang bersamaan. Bintang biner atau bintang kembar akan terpisah 500 AU. Sedangkankan bintang ukuran lebih besar juga memiliki bintang kembar tapi menyatu menjadi satu bintang. Kemana kembaran matahari sekarang

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth. Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Bintang HH 212 adalah bintang yang baru lahir. Bila gas disekeliling bintang baru ini berhasil menjadi satu bulatan. Nantinya akan membentuk proto-bintang bar, dan di masa mendatang akan muncul planet.

Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya



Cluster 47 Tucanae adalah tempat di galaksi kita dengan kelompok bintang sangat padat. Tidak itu saja, disana terdapat sebuah lubang hitam berukuran 2.000x massa matahari. Mengapa lubang hitam tersebut baru diketahui dan diteliti saat ini.

Bintang Luminous blue variables (LBV) jarang ada di galaksi kita, tapi yang ini tampak. Bahkan teleskop tidak dapat melihat ukuran bintang ini, karena cahayanya begitu terang. Salah satu bintang adalah AG AG Carinae, nasibnya tidak lama lagi dan bintang ini akan mati

Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

KIC 11145123 atau bintang Kepler 11145123 letaknya 5000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh tim astronom Max Planck Laurent Gizon untuk penelitian universitas Gottigen Jerman.  Mereka mengukur seberapa bulat bintang tersebut.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.


No popular articles found.