Ini bukan episode cermin ajaib.

Rilana Hamer di Belanda membeli sebuah camera CCTV yang terhubung ke internet.

Dia mengunakan alat CCTV untuk mengawasi anak anjingnya ketika keluar rumah mengunakan smartphone. Tapi bukan anak anjing yang dimiliki diawasi, jangan jangan dia sendiri.

Pertama kali dia mendengar suara di ruang tamu. Sampai disana saya melihat camera itu bergerak sendiri.

Awalnya dia tidak terlalu menghiraukan keanehan camera tersebut. Tapi kedua kalinya dia kembali ke ruang tamu, dan melihat camera sedang menghadap dirinya dan mengatakan Bonjour Madame.

Kaget dengan munculnya suara, dia sampai mengatakan "Hei ada orang disana". Camera bergerak ke kiri ke kanan, dan mengikutinya. Lalu camera mulai berbunyi kembali “Bonjour madame, tout bien avec vous,”

Camera CCTV bisa ngomong Hola 
Senorita yang punya bingung

Setelah pusing dan menganggap kok gara gara kamera dia mulai sinting. Lalu diambil smartphone dan merekam dan berbunyilah camera dengan Hola Senorita.

Bilana mengembalikan camera CCTV yang dibeli kualitas rendah tersebut ke toko, dan meminta teknisi memeriksa.

Anehnya ketika camera diperiksa, normal dan tidak ada keluhan serupa. Tetapi apapun yang baru terjadi oleh Rilana tidak akan baik untuk produsen camera.

Ini bukan kejadian pertama kali camera IP cam atau internet camera diam diam memata-matai pemiliknya.



Dimana kesalahan camera tersebut.
Kemungkinan camera pernah dijual ke orang lain di negara berbeda, dan account camera masih aktif oleh pemilik lama. Ketika camera diaktifkan oleh pemilik baru, maka pemilik account lama mendapat notifikasi adanya camera yang pernah di setup aktif.
Bila terjadi kesalahan di account camera dari pihak perusahaan. Mungkin saja setting camera tidak memiliki pengaman yang baik. Kemungkinan 2 orang tersebut mengunakan nama dan pass yang sama, atau tidak melakukan setting pengaman sama sekali.
Hal lain hanya produsen yang mengetahui masalah camera tersebut.