Kesehatan ginjal lebih kecil hipertensi akibat nefron penyaring ginjal lebih sedikit


Green | 5 October 2017

Bila memiliki masalah tekanan darah tinggi, jangan jangan ginjal kita harus dijaga

Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan, dan menjadi bangsa dengan umur paling panjang tertinggi dari negara lain.

Tetapi faktor kematian di Jepang juga tinggi, dan rentan terhadap penyakit hipertensi. Salah satu penyebabnya adalah ginjal yang lebih kecil menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jepang memiliki tingkat penyakit ginjal kronis tertinggi nomor 2 di dunia. 1 berbanding 8 orang Jepang terkena dampaknya. Sekarang periset dapat menentukan mengapa masyarakat Jepang memiliki masalah dengan ginjal mereka.

Di Australia sekitar 30% penduduk orang dewasa memiliki masalah tekanan darah tinggi. Dan 1 dari 9 setidaknya memiliki masalah gejala klinis penyakit ginjal kronis.

Lebih khusus lagi dari letak nefron / nephron / nephrone atau unit dari ginjal yang bertanggung jawab untuk penyaringan.

Perkembangan ginjal manusia hanya berlangsung selama 36 minggu atau selama kehamilan. Ketika seorang bayi dilahirkan maka proses pembentukan ginjal sudah selesai dan tidak dapat di ulang kembali.

Studi dari Monom University's Biomedicine Discovery Institute di Australia dan Jikei University School of Medicine di Tokyo. Orang Jepang memiliki Nefron lebih kecil dari rata rata, dan memiliki implikasi kesehatan lebih luas.

Ukuran jumlah Nefron yang lebih rendah menyebabkan hipertensi pertama kali terjadi di era 1980an kata Profesor John Bertram dari universitas Monash. Ahli tersebut telah berpengalaman puluhan tahun meneliti bagian nefron di ginjal.


Kesehatan ginjal lebih kecil hipertensi diteliti dari masyarakat Jepang

Hubungannya masuk akal, ginjal menentukan jumlah natrium dan renin serta bahan lain dalam aliran darah. Sodium meningkatkan tekanan darah dan renin yang mengaturnya.



Bila ukuran nefron terlalu kecil, maka akan sulit dihitung. Tim Bertram mempelajari 59 ginjal dan menemukan hubungan antara jumlah nefron dengan hipertensi.
Lalu berapa jumlah nefron di dalam ginjal manusia.

Rata rata manusia dapat memiliki 1 juta nefron, dan kehilangan 6000 nefron setiap tahun. Tetapi jumlah nefron sebagai penyaring di bagian ginjal bisa bervariasi, ada yang lebih banyak 200 ribu nefron dan yang lain dapat mencapai 2 juta nefron. Jumlah nefron terkait dengan berat bayi ketika lahir, bila bayi lahir dengan bobot lebih rendah maka jumlah nefron ginjal semakin sedikit dibanding mereka yang lahir lebih berat.

Orang Jepang tanpa menderita hipertensi atau penyakit ginjal dengan jumlah rata rata memiliki 640 ribu nefron.
Orang Eropa rata rata memiliki 900 ribu sampai 1 juta nefron.
Ketika seseorang memiliki masalah hipertensi, jumlah nefron turun sekitar 390 ribuan.
Ketika seseorang memiliki masalah dengan ginjal kronis, jumlahnya lebih rendah lagi hanya 268 ribuan.

Nefron terbagi menjadi filter dengan glomerulus dan tubulus.
Glomerulus bertugas untuk menyaring darah.
Tublulus menyortirnya dan mengembalikan zat yang berguna untuk tubuh, dan menghilangkan produk limbah.

Ginjal menyaring cairan dan membuang menjadi urin. Dengan kecepatan setengah cangkir permenit untuk menyalurkan air ke luar menjadi urin.
Sekitar 142 liter darah, dihasilkan satu liter urin  Ginjal bekerja untuk menyeimbangkan kadar air, garam dan mineral dalam tubuh agar tetap stabil.
Keseimbangan yang penting, bila tidak dapat menganggu sistem tubuh seperti saraf dan otot tidak berfungsi dengan baik.

Ketika di usia 40 tahun, jumlah nefron di setiap ginjal mulai menurun, angkanya sekitar 1% pertahun.
Tetapi ginjal yang lebih tua, tetap kokoh bekerja  walau jumlah mereka semakin sedikit.
Bila satu ginjal tidak bekerja, maka kemampuan ginjal pada tubuh manusia hanya memiliki kekuatan 75%.
Keunikan Nefron yang kecil tapi pintar, karena mampu memperbesar dan menangani kelebihan beban.

Dalam penelitian ada 9 subjek hipertensi di Jepang, dan usianya rata rata 68 tahun.

Mereka memiliki 37% lebih sedikit jumlah nefron dari ukuran normal, dimana fungsi jaringan penyaring di dalam ginjal yang sangat penting.
Dampak pada ginjal juga berkolerasi dengan tingkat kelahiran lebih sedikit. Penelitian sebelumnya dilakukan pada populasi Afrika Amerika dan Aborigin Australia.

Jepang mengalami masalah dengan jumlah penduduk, dimana tingkat kelahiran semakin menurun. Bahkan jumlah penduduk yang terus menurun, sampai diperkirakan mereka akan punah.



Kelahiran prematur dan berat badan rendah pada bayi juga meningkat dalam 30 tahun terakhir. Go Kanzaki dari universitas Jikei mengatakan hasilnya berimplikasi pada masa depan bagi penduduk Jepang.

Ada kecenderungan wanita Jepang tetap ingin terlihat kurus selama kehamilan agar terlihat cantik, tapi beresiko bayi yang dilahirkan juga lebih kecil. Termasuk ukuran ginjal lebih kecil dan kurangnya bagian nefron.
Mayoritas wanita Jepang percaya bila bayi dapat dipertahankan tetap kecil, dapat memudahkan proses persalinan. Sehingga mereka berusaha mempertahankan berat tubuh selama kehamilan.
Untuk itulah dokter selalu meminta berapa berat tubuh ibu selama proses kehamilan.

Korelasi dengan diet tinggi lemak, konsumsi alkohol, antibiotik dan hormon stres terbukti berdampak negatif terhadap ginjal bayi nantinya. Walau penelitian ini perlu diteliti lebih lanjut kata Profesor Bertram.

Dr Angela Wang Yee-moon dari universitas Hong Kong mengatakan.
Tekanan darah tinggi kadang berbahaya dan disebabkan banyak makanan asin. Juga berdampak pada ginjal.
Lain lagi dengan diabetes dimana meningkatkan gula darah dan merusak pembuluh darah kecil. Serta ginjal, karena tugasnya menyaring darah.
HIndari mengunakan obatbebas terutama obat penghilang rasa sakit, dapat merusak ginjal.
Menjaga tekanan darah, mengendalikan hipertensi dan diabetes.
Nefropati diabetik, merupakan kerusakan ginjal yang diakibatkan diabetes. Menyumbang 45% dari penyebap penyakit ginjal tahap akhir.

Walau seseorang terlihat sehat ketika muda, tetapi ketika bayi dan lahir dengan berat badan lebih rendah. Seseorang memiliki resiko setelah 40 tahun kedepan.

Jadi jagalah ginjal kita dengan baik.

+ Monash University

Berita terkait
Saran olahraga selama 30 menit setiap hari tidak cukup. Khususnya mereka yang bermasalah pada kesehatan seperti darah tinggi dan jantung. Butuh 2 sampai 4 kali dari rekomendasi dokter. Seperti data penelitian terbaru. Kalau berolahraga, tekanan darah atas meningkat apakah berbahaya. Studi menyebut kemungkinan besar tidak, asalkan seseorang memang bugar

Awal pengunaan Vape untuk menghindari kebiasaan buruk dengan rokok. Di tahun 2015 nama rokok elektronik kurang menarik. Tapi terus meningkat. Vitamin E diduga menganggu pernapasan akut. Pencernaan tubuh manusia berbeda, dapat memecah. Paru paru hanya menangani bentuk gas



Orang dewasa selama empat tahun yang semuanya menderita rasa sakit, pegal-pegal akibat radang sendi di lutut, pinggul, pergelangan kaki atau kaki mereka. Jadi siapapun yang ingin sehat, dan tetap normal sampai hari tua. Biasakan melakukan aktivitas berjalan 10 menit sehari saja.

Tidur terlalu singkat setiap hari memang berbahaya, tetapi mengapa tidur terlalu lama juga berbahaya. Lama waktu tidur yang tepat orang dewasa antara 7-8 jam. Tidur cukup memberikan dampak bagi tubuh sangat positif. Tidur memperbaiki siswa belajar dan naik satu tingkat. Mengapa kurang menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern.

Kane Tanaka usianya telah 113 tahun menjadi wanita tertua di dunia pada bulan Maret 2019. Kebiasaan setiap hari bangun jam 6 pagi. Untuk melatih daya ingat dia bermain Othello dan menyukai matematika. Tanaka lahir 2 Januari 1903, memiliki 8 anak setelah menikah dengan Hideo Tanaka

Lingkungan anda bersih bahkan terlalu bersih. Maaf sistem kekebalan tubuh anda mungkin belum siap.Para ilmuwan Inggris menyarankan hubungan antara peningkatan kebersihan dan kondisi alergi - membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi tidak terlatih dengan baik. Ketika Medis dan kita salah

Tentang penyakit diabetes sudah menjadi penyakit nomor 5 sebagai penyakit umum yang mematikan. Jutaan orang menderita oleh penyakit ini, dan masih banyak lagi yang tidak terdiagnosa. Paling umum diabetes tingkat 2, bagaimana mencegah dan apa ciri diabetes tingkat 2.



Ketika manusia menjadi tua, mereka menjadi lebih mudah jatuh. Penyebabnya otot kaki menjadi ciut. Misteri ini terungkap, dan dapat dipertahankan dengan teknik alami. Dan koneksi cabang otot dapat terhubung ke saraf kembali.

Panci untuk memasak elektronik. Disebut Pressure Pot elektrik, seperti rice cooker tapi ini lebih canggih. Dimanfaatkan seperti panci elektrik untuk memasak semuanya.

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.

Anda sering melihat sebuah kantong kecil di dalam kotak barang elektronik, sepatu atau tas baru. Jangan dibuang, benda tersebut adalah silika gel. Bentuk seperti bola kecil bening, memiliki beberapa manfaat.

Pernah bertemu dengan beberapa orang, dan langsung bisa klik. Langsung cocok, dan berkomunikasi dengan baik bahkan berlanjut berteman dengan baik. Peneliti menyebut Friendship Chemistry. Teman yang berbahaya disebut racun.

Konon cerita tersebut berasal dari mitos pasukan Inggris. Orang tua selalu menganjurkan anak anak makan wortel. Katanya, ini bagus untuk mata kamu kelak. Apa yang terjadi bila kekurangan vitamin A. Satu kasus dari Toronto berakibat fatal

Ketika kehabisakan ide, biasanya orang meminum kopi agar muncul gagasan baru mengalir. Mengapa kopi berdampak bagi tubuh. Resiko penyakit lebih rendah bila terbiasa meminum kopi. Studi terbaru minum kopi sampai 25 cangkir mungkin aman aman saja



Lebah adalah serangga yang baik bagi manusia, terlebih bagi tumbuhan. Mereka melakukan pekerjaan setiap hari mengambil sari bunga. Bila lebah menghilang , apa yang ikut menghilang. U.S. Fish and Wildlife Service masukan lebah sebagai serangga yang dilindungi. Menyelamatkan lebih mudah penting dibanding mengusir.

Mengkonsumsi kacang termasuk hazelnut, walnut, sebanyaksegengam setiap hari atau sekitar 20g. Usia kita akan bertambah panjang. Kacang memiliki serat tinggi, magnesium dan lemak tak jenuh ganda. Nutrisi tersebut memainkan peran penting untuk memotong resiko penyakit kardio dan mengurangi kolesterol

Salah satu pemicu kegemukan adalah perubahan DNA, penyebab lain dari kebiasaan tidur anak anak ketika kecil. Satu penelitian menyebutkan penyebab kegemukan dipicu ketika bayi masih dalam kandungan.

Manfaat kesehatan umum dengan mengkonsumsi buah dan sayuran sudah lama di kenal. Pisang dapat menurunkan resiko stroke dan serangan jantung. Namun peneliti mencoba dampak di kemudian hari bila wanita muda mengkonsumsi buah sejak muda. Berdasarkan data dari 90.534 wanita yang berpartisipasi dalam program Health Study II

Peta ini dibuat oleh wartawan Tim De Chant menunjukan catatan persentase anak anak di dunia dengan berat badan mereka. Warna merah memperlihatkan area yang membentang dari Afrika sampai India. Meliputi jutaan anak anak yang kurang gizi disana.

20 peneliti dari universitas Alberta akhirnya mengungkap apa isi di air seni manusia. Melakukan penelitian dalam 5 eksperimen berbeda dan ditemukan ada 3.000 kimia berbeda di air kencing. Untuk menemukan semua unsur tersebut dibutuhkan waktu 7 tahun.




No popular articles found.