Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Astronom Rosanne DiStefano dari Harvard Smithsonian CfA mengatakan mungkin disini tempat dimana kehidupan kecerdasaran ada disana.

Usia bintang disana rata rata sama seperti bintang di galaksi Bima Sakti..

Galaksi NGC 4874 ditemukan oleh astronom Inggris Frederick William Herschel tahun 1785.

Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Bahkan lebih mirip seperti galaksi elips dengan cahaya halo dari galaksi yang membentang 1 juta tahun cahaya. Dan cahaya tersebut berasal dari lubang hitam supermasif di tengah galaksi terlihat berada di bagian tengah dengan warna putih.

Gugus bintang atau globular cluster atau sederhananya bola kumplan bintang adalah tempat dimana bintang berkelompok. Dan beberapa cahaya yang lebih redup adalah satelit galaksi  dengan ukuran lebih kecil yang ikut terpengaruh dengan galaksi NGC 4874 yang lebih besar.

Dan satu globular cluster rata rata memiliki rentang 100 tahun cahaya.

Mengunakan gambar dari teleskop Hubble, kelompok bintang ini sangat luar biasa. Galaksi yang begitu padat dan satu bola bintang dapat berisikan jutaan bintang.

Letak galaksi NGC 4874 beradai di konstelasi Coma Berenices. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.
Letak galaksi NGC 4874 terletak 350 juta tahun cahaya dari Bumi

Begitu besarnya galaksi tersebut, tapi mampu mempertahankan 30 ribu gugus bintang dan lebih banyak dari galaksi lain yang pernah ditemukan peneliti.

Gambar dibawah ini di sisi kanan paling kanan adalah galaksi NGC 4874.

Terlihat bentuk galaksi seperti lingkaran kabut, sedangkan gambar kedua dimana cahaya X-ray yang terlihat sebenarnya kumpulan bintang di galaksi NGC 4874

Galaksi NGC 4874 ini memiliki 30 ribu gugus bintang mungkin yang terbanyak di alam semesta

Peneliti mengunakan 2 teleskop untuk mengabungkan citra NGC 4874, gambar visual dengan teleskop Hubble dan cahaya X-Ray Chandra milik ESA berwarna pink atau kemerahan
.
Dengan kombinasi foto dari teleskop Sloan Digital Sky Survey memperlihatkan warna biru dan putih.

Galaksi NGC 4874 dari teleskop SLOAN

Detil foto mungkin terlalu kecil, karena foto asli hitam putih sebenarnya foto berwarna.

Bila melihat gambar aslinya, akan tampak beberapa cahaya biru yang sangat samar dan sangat kecil dari foto teleskop Hubble. Menunjukan adanya galaksi yang lebih jauh ikut tampak pada foto tersebut.

Dapat di lihat pada data teleskop Hubble , foto Nasa Spitzer dan melihat foto asli dari ESA