Bintang HD 240430 dengan bintang biner yang menelan planetnya sendiri


Kategori : Science | Date : 5 February 2018
Bintang kembar atau biner umumnya memiliki materi sama tapi yang ini tidak mirip
Bintang HD 240430 adalah sebuah tata surya dimana disana terdapat 2 bintang biner. Peneliti mempercayai bahwa ada planet yang ditelan oleh salah satu bintang.

Penelitian ini mirip cerita sejarah Yunani, dimana Dewa Yunani Kronos mengatakan telah memakan anak anaknya.

Bintang biner HD 240430 memiliki usia sekitar 4 juta tahun. Dan terletak 320 tahun cahaya dari Bumi.

Peneliti melihat kedua bintang memiliki komposisi berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Diberikan nama bintang Krios HD 240429 dan Kronos HD240430, kedua bintang terlihat memiliki kandungan materi berbeda dimana satu lebih tinggi dan satu lebiih rendah  dari lithium, besi dan magensium. Ini tidak masuk akal jika bintang bintang itu terbentuk sepasang atau ada kembaran yang berbeda begitu jauh.

Penulis studi Semyeong Oh kepada CBC News mengatakan awalnya saya mengira melakukan kesalahan. Setelah diteliti, saya tahu kedua bintang memiliki kandungan berbeda. Dan mencari tahu mengapa kedua bintang kembar tersebut dan salah satunya memiliki perbedaan materi padat lebih besar. Sedangkan satu bintang lebih di dominasi dengan gas atau gas hidrogen lebih banyak.

Satu penjelasan dimana unsur materi padat lebih banyak ada di Kronos, tetapi tidak ada di bintang Krios. Artinya bintang Kronos bisa saja telah menelan planet berbatu yang sedang berada di dekatnya.

Semyeong mengatakan, ini pertama kali kita melihat sebuah bintang kembar dengan materi berbeda satu sama lain.

Keduanya memiliki perbedaan 60% diantara kedua bintang biner tersebut. Sedangkan penelitian lain yang menemukan bintang biner, kedua bintang hanya memiliki berbedaan 10%.

Ketika bintang lahir, ada disk dari sisa bahan yang mengorbit. Materi tersebut menjadi cikal bakal lahirnya planet berbatu dan planet gas.



Dibawah ini ilustrasi dari tata surya HD 240430. Kedua bintang memiliki cahaya berbeda yang menunjukan unsur materis berbeda.



Bagaimana salah satu dari bintang biner akhirnya menelan planetnya sendiri belum dapat dipahami. Seharusnya kedua bintang biner memiliki orbit yang stabil dan planet yang lahir akan mengorbit di kedua bintang.

Peneliti memperkirakan ada yang menganggu di tata surya HD 240430. Bisa saja gravitasi planet terganggu akibat bintang lain (bintang ke tiga) yang liar dan menganggu orbit tata surya bintang HD 240430. Dan planet paling dekat ke bintang bergeser dan masuk ke orbit bintang kembar.

Bagaimana dengan planet yang ditelan oleh bintang. Peneliti memperkirakan bintang Kronos telah menelan sampai 15 planet berbatu yang mengorbit di sekitar bintang.

Dari perhitungan simulasi melakukan test untuk menguji teori mereka. Dimana sebuah bintang yang menelan beberapa planet akan terbentuk sangat mirip seperti keadaan di bintang Kronos.

Jejak bintang Kronos diperkirakan menelan planetnya sendiri

Peneliti mengatakan bila matahari menelan semua planet di tata surya. Anomali yang ada tidak akan mendekati seperti data bintang Kronos.

Peneliti juga menyakinkan bila bintang kembar umumnya identik, setidaknya dalam kandungan dari materi bintang.

Kemungkinan lain ketika bintang Kronos dan Krios terbentuk, bisa saja memiliki kandungan berbeda dan tidak tercampur rata. Menghasilkan komposisi bintang biner menjadi berbeda antara satu sama lain. Membuat salah satu bintang Kronos memiliki kandungan padat setara 15x bumi.

Peneliti masih memberikan kemungkinan lain. Bila bintang Kronos telah memakan bintang kerdil lain seperti bintang kerdil putih yang sudah mati yang menyisakan materi padat. Tapi kondisinya masih diragukan dan tidak pernah se ekstrem kondisi Kronos.

Teori paling memungkinkan bila ada sebuah bintang melintas di dekat tata surya Krios dan Kronos. Dan menganggu orbit planet sampai akhirnya semua planet bergeser mendekat ke arah bintang.

Ray Jayawardhana profesor Fisika dan Astronomi universitas York Toronto mengatakan penemuan ini menarik. dalam arti mereka melihat sejarah sistem planet. Penemuan ini penting bagi para ilmuwan dan amempelajari bintang. Untuk membantu pemahanan lebih baik dengan perbedaan bintang dan planet di sebuah tata surya.

Berita terkait
Bintang J005311 letaknya di rasi bintang Cassiopeia, 10.000 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh teleskop satelit WISE. Bintang tidak menghasilkan cahaya, tapi bukan cahaya biasa, melainkan radiasi cahaya inframerah. Keanehan lain menghasilkan angin bintang dengan kecepatan 16.000x. Salah satu bintang langka di galaksi Bima Sakti

Sebuah bintang pulsar bergerak dengan kecepatan 1100 km perdetik. Bagaimana bintang pulsar tersebut dapat berpindah di galaksi Bima Sakti. Dan mendorong bintang pulsar tersebut sampai keluar dari tempatnya berasal akibat sebuah supernova. Jejak bintang pulsar dapat dipelajari dengan teleskop Fermi.



Sebuah tata surya dinamai HD 98800, disana sedang terbentuk planet atau protoplanet. Keunikan di tata surya ini memiliki bintang biner, dimana piring pembentuk planet nantinya terlihat miring. Hal ini hanya sebatas teori, tapi peneliti menemukan adanya. Bila planet sudah terbentuk, matahari mungkin terlihat dari utara ke selatan, dan bukan ke barat dan timur seperti di Bumi

Pada 18 Oktober 2018, untuk kedua kalinya ke 5 planet di tata surya dapat dilihat bersamaan pada malam hari. Posisi dari arah barat atau setelah matahari terbenam. 5 planet akan bergeraka satu persatu naik ke atas cakrawala. Merkurius dan Venus berada di posisi bawah barat, dengan planet Jupiter terlihat lebih terang di atasnya. Posisi yang sama baru terjadi Juli 2020

Sebuah bintang MWC 758 adalah bintang muda yang baru lahir. Dan sedang membentuk tata surya, terlihat terdapat sebuah cincin dengan 2 lingkarang yang menyala. Cincin tersebut adalah calon protoplanet, setidaknya sudah tampak 2 planet baru akan hadir di orbit bintang MWC 758

Messier 15 disingkat M15 dan nama lain NGC 7078. Bila jarak matahari ke bintang Proxima Centauri mencapai 4 tahun cahaya. Bayangkan di Messier 15 dengan radius 175 tahun cahaya terdapat seratus ribu bintang. Termasuk bintang kelas Blue Giant Star. Menjadi gugus bintang paling padat yang diketahui saat ini.

Asteroid 2015 BZ509 dipastikan bukan berasal dari tata surya. Datang dari antar bintang lain, dan menetap di tata surya. Peneliti melakukan simulasi sampai ke jaman primordial atau sampai ke pembentukan tata surya dan planet. Karena orbitnya nsik turun di sekitar planet tata surya



Bintang coklat atau bintang katai coklat disebut juga bintang gagal. Artinya bintang ukuran jauh lebih kecil, dibanding bindang berwarna kuning seperti matahari, dan masih lebih kecil dibanding bintang merah. Peneliti mengatakan jangan jangan jumlahnya cukup banyak.

Bintang V1247 Orionis adalah bintang muda yang panas, tapi sudah dikelilingi cincin gas dan debu yang dinamis. Disebut disc circumstellar, ada yang menarik pada bagian tersebut. Peneliti dapat belajar dari mana asal planet ketika pertama lahir.

Peneliti mengatakan ada hubungan antara magnetik bintang dengan sinar X yang dipancarkan. Ketika bintang berusia muda, mereka masih aktif secara magnetis, dan membuat putaran bintang lebih cepat. Seiring jalan, bintang mulai kehilangan energi rotasi.

Bintang seukuran matahari kita rata rata lahir dengan kembaran bahkan 3 bintang bersamaan. Bintang biner atau bintang kembar akan terpisah 500 AU. Sedangkankan bintang ukuran lebih besar juga memiliki bintang kembar tapi menyatu menjadi satu bintang. Kemana kembaran matahari sekarang

Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.

Astronom menemukan bintang mengorbit ke sebuah bintang putih, tapi kecepatannya luar biasa. Ada yang aneh dengan bintang ini. Lubang hitam yang disebut X9 menarik materi gas dari bintang pendamping dan lubang hitam terkunci sampai 0,1% kecepatan cahaya

Kedua bintang ini agak berbeda walau disebut bintang pulsar. Bintang Geminga PWN hanya mengeluarkan emisi sinar gamma. Sedangkan bintang B0355+54 sama sekali tidak mengeluarkan sinar gamma tapi memiliki gelombang radio paling kuat.



Bintang HIP68468 memiliki usia 6 miliar tahun, dan jaraknya 300 tahun cahaya dari Bumi. Praktis bintang ini seperti kembaran matahari. Tapi bintang ini telah memakan planet yang ada di dekatnya, setidaknya 1 atau bahkan 2 planet yang mengorbit sangat dekat ke bintang.

Kelas bintang KSw adalah salah satu bintang langka yang ditemukan di galaksi kita. Bintang ini memiliki putarn sangat cepat, memancarkan radiasi X-Ray, dan ukurannya bongsor. Mengapa bintang kelas KSw membentuk seperti ini. Salah satu penyebab dari gaya tarik gravitasi 2 bintang yang bergabung.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Beatriz Villarroel mencari sebuah bintang dari data USNO-B1.0 yang mendadak hilang. Lenyap dari 290.000 sumber bintang yang diteliti dan menghilang begitu saja tanpa jejak. Mengapa yang satu ini menghilang. Sampai Beatriz mengatakan jangan jangan ini ulah alien




No popular articles found.