Tahun 2013, ESA badan ruang angkasa Eropa meluncurkan misi Gaia teleskop.

Untuk memetakan semua bintang di galaksi Bima Sakti, dan mengukur objek serta pergerakan dari bintang.

Teleskop Gaia memberikan pengetahuan dengan bintang, planet, komet, asteroid, quasar dan benda-benda astronomis jarak jauh lainnya.

Menjadi katalog paling tepat dalam bentuk 3 dimensi dengan total 1 miliar benda (catatan data DR1 1.142.679.769 objek)

Ilmuwan mempelajari sebuah cluster bintang, kali ini adalah cluster baru.

Disebut Cluster Gaia 1 karena ditemukan mengunakan peralatan teleskop Gaia.

Jarak cluster Gaia 1 berada 15 ribu tahun cahaya, dan radiusnya mencapai 29 tahun cahaya. Dengan bentuk seperti piring atau disk bintang.

Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017.
Berdasarkan data 2 MIcron ALl-Sky Survey - 2 MASS dan WIde-field Infrared Survey Explorer - WISE serta data dari teleskop PAN-STARS1 benda tersebut masuk kategori kelompok bintang kelas menengah.

Artinya baru berusia antara 6,3 miliar tahun, bahkan di kelompok bintang tersebut kaya dengan bahan logam.

Jumlah bintang diperkirakan terdapat 20 ribu, namun peneliti mengatakan cluster tersebut diperkirakan akan ditemukan lebih banyak lagi.
Beberapa bintang disana diperkirakan memiliki ukuran 10 ribu kali lebih besar dari matahari.

Cluster Gaia 1 tidak berada di piring galaksi, melainkan berada dibagian atas disk Bima Sakti kata tim peneliti Andreas Koch Universitsas Lancaster.
Melainkan berada diatas dengan jarak 3,262 tahun cahaya diatas cakram.

Peneliti masih belum memastikan formasi bintang Gaia 1 dan asal. Diperlukan data paralax yang tepat untuk menentukan formasi bintang disana dan menunggu data selanjutnya yang dikirim oleh teleskop Gaia.

Data diatas baru data awal, seperti gunung es dimana masih banyak data yang perlu di ekplorasi. Dan masih menunggu data kedua setelah teleskop Gaia memetakan galaksi Bima Sakti, dan akan resmi dirilis dengan Gaia DR2 pada tahun 2018., disusul data ke 3 tahun 2020 dan perpanjangan misi sampai tahun 2022.

Dibawah ini adalah peta galaksi Bima Sakti yang dibuat oleh teleskop Gaia. Menunjukan beberapa tempat yang disebut galaksi (kerdil), Open Cluster dan Globular Cluster.

Setidaknya ada 140 Globular Cluster ada di galaksi kita sendiri.

Click gambar zoom

Bintang di gugus Gaia 1 temuan cluster bintang baru