Digital | 23 September 2017

Foto ISS oleh Fotografer Dani Caxete abadikan stasiun ruang angkasa di depan matahari tepat ditengah bintik hitam


Fotografer atau tepatnya astrofotografer Dani mendapatkan foto stasiun ruang angkasa tepat di depan

Astrofografi yang tidak pernah kita pikirkan, hitungan detik sangat penting untuk menangkap objek foto seperti benda kosmis.

Bintang, planet, atau galaksi memang ada diatas sana, dan kita tidak terlalu terburu buru untuk mengabadikan. Karena mereka akan tetap disana, dan terus berada disana selama miliaran tahun ke depan.

Tetapi fotografer astronomi Dani Caxete dari Spanyol ini membuat foto unik

Pada tanggal 5 September 2017, ketika 2 bintik matahari muncul dan Nasa sendiri mengumumkan memang matahari sedang aktif. Bahkan memancarkan kilatan matahari di skala 9.

Untuk melihat lubang atau bintik matahari sebenarnya bisa dilihat langsung, tapi membahayakan mata kita.

Untuk melihat dengan aman, dapat mengunakan kacamata gerhana, kata Dani dan dia masih menyimpannya.

Berbeda dengan hasil fotografi yang mengandalkan camera telezoom. Dani lebih memilih mengunakan lensa teleskop.

Dia mengunakan lensa tipe reflaktor Long Pergn 80mm, dan filter Lunt Solar Systems Herschel agar cahaya dapat aman dan dapat diterima dengan baik. Satu lagi peratalan camera tipe Nikon D610.

Dani memang terobsesi dengan stasiun ruang angkasa ISS, setidaknya untuk mengabadikan dengan teknik lain. Dan dia memiliki beberapa foto di blognya.

Untuk mendapatkan foto yang satu ini, membutuhkan perencanaan terbaik. Syaratnya langit harus bersih, dan kita harus berada ditempat yang tepat.



Dengan memanfaatkan aplikasi CalSky, mengunakan Caxete. Anda dengan mudah memperhitungkan dimana matahari, bulan, planet, asteroid serta satelit. Termasuk posisi ketika satelit transit di depan bulan atau matahari.

Hasil fotonya dibawah ini.

Foto stasiun ruang angkasa di depan matahari Dani Caxete

Dibawah ini tip dari Dani, bagaimana dia mengejar posisi yang tepat untuk mendapatkan bayang stasiun ruang angkasa ISS.
Di dokumentasikan lengkap, dari perhitungan, perjalanan di kendaraan, menyiapkan teleskop dan camera, Boom, foto ISS melintas berhasil di dapat.



Artikel Lain

Oktober 2018, satu camera lebih kecil dengan model TinyMos Nano1. Memiliki ukuran 3x lebih kecil dari Tiny1 yang dirilis 2015. Disain lebih portabel, disebutkan kemampunanya 3x lebih baik dibanding Tinymos Tiny1. TinyMos Nano1 mengunakan sensor Sony dengan resolusi foto 12MP dan merekam video 4K.

Seseorang mengaku berada di daerah konflik dan bekerja di PBB serta fotografer perang. Martins berhasil membodohi media kelas dunia, karena hasil karya fotonya di daerah peperangan. BBC curiga sampai menyelidiki siapa fotografer tersebut. Tidak ada yang mengenal namanya disana, bahkan dia tidak pernah ada disana.



Jangan mengunakan camera langsung  ke cahaya matahari, hanya untuk membuat foto matahari. Bukan gambar yang di dapat, kemungkinan terjadi kerusakan sensor camera. Karena sensor camera akan terkena cahaya yang fokus dari  lensa sampai membakar bagian dalam camera.

Grey Chow membuat foto garis Bima Sakti. Dan salah satu tempat yang menarik di lokasi wisata Gunung Bromo. Dia memberi pelajaran bagaimana membuat foto galaksi Bima Sakti, dari setting camera dan peralatan yang dibutuhkan

Pada hari promosi dengan Double 11 atau 11 November. Banyak tenan ikut dalam promosi hari jualan online. Pakaian yang masuk dijual begitu banyak, mencapai ratusan model baru. Diperlukan fotomodel yang mampu berpose sangat cepat dengan 30 pose dalam 15 detik

Fotografer dari Australia membuat foto galaksi Bima Sakti di kota Sydney. Tepatnya berada di gedung Opera House. Bagaimana dia membuat foto galaksi Bima Sakti di kota yang sangat terang. Modalnya memang kuat dengan camera Fujifilm GFX50

Thomas Klemmer ini seorang astrofotografi. Dia berhasil mengabadikan stasiun ISS, kali ini gambarnya luar biasa, dan satu foto yang dibuat hari Senin kemarin membuat fotografer lain akan geleng kepala.



Thierry Legault kembali membuat heboh dunia astrofotografi. Kali ini bukan ISS saja yang diabadikan tapi bersamaan dengan transit planet Merkurius. Satu lagi foto ISS melintas 4 Februari 2017, berhasil diabadikan Thierry dalam hitungan dari 1 detik

Ini cara astronot melakukan foto selfie di ruang angkasa. Tidak perlu Tongsis, tidak perlu senderan untuk camera walau camear yang dipakai tipe DSLR. Biarkan saja camera mengambil gambar dengan timer.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.