Karena industri rekaman dan film mulai keras menghadapi konten mereka yang dibagikan. Dan situs torrent satu persatu di turunkan dari internet.

Mereka yang berbagi film atau musik mulai kreatif mencari layanan yang lebih aman untuk member mereka.

Salah satu sasarannya adalah Google Drive, Mega atau Dropbox  sebagai layanan penyimpan file graits.

Dari semua layanan, Google Drive paling populer digunakan untuk menyimpan konten dengan kapasitas storage terbesar.

DMCA bulan lalu saja telah meminta hampir 5000 link di Google Drive untuk di tutup.

Badan terkait sekarang kesulitan menghadapi persembunyian kontan di internet. Sebelumnya mereka tinggal mencari di layanan pencarian seperti Google Search, bila menemukan akan meminta Google untuk menghapus link terkait konten milik orang lain.

Bagaimana link bajakan yang disembunyikan dari sensor dan pengawasan DMCA.

Link konten dikirim ke Youtube. Karena Youtube juga memasukan pencarian data di Google Search. Pembuat konten tidak mau link mereka yang disembunyikan di Youtube terlihat dan dapat diketahui sampai muncul dari pencarian Google.

Mereka memasukan data dengan Unlisted atau tidak terdaftar.

Dari link di Youtube, disebarkan melalui jalur forum diskusi atau media lain seperti website.

Pemilik konten tidak tahu bila link yang diberikan karena hanya tampil di video Youtube. Dan tidak ada di dalam daftar mesin pencarian Google atau situs pencarian lain..

Sedangkan pencari konten dapat mengetahui dari milis atau forum, lalu membuka alamat link di halaman Youtube dalam bentuk video.

Dari link Youtube yang dibuat seperti video, akan muncul keterangan link di Google Drive, serta layanan lain seperti Dropbox, Onedrive dan Mega.


menyembunyikan konten

Bagaimana tindakan DMCA yang meminta 4700san link di Google Ddrive untuk ditutup. Agaknya DCMA mengalami kesulitan, bahkan di layanan Mega hanya menemukan 100 permintaan, dan hanya beberapa lusin link di Dropbox dan Onedrive yang ditutup.

Situs populer seperti Youtube, Vimeo dan Dailymotion dimanfaatkan untuk distribusi konten industri musik dan video.

Tidak sampai disana, pembajak lebih kreatif setidaknya tahun lalu mereka mulai menyembunyikan konten.
Tahun lalu, konten musik The Life of Pablo Kanye West, malah dimasukan ke situs dewasa. Disana bukan video dewasa yang muncul, tapi musik bajakan dan video musik para artis.

Menjadi pertanyaan mengapa Google Drive.
Membuat akun Googgle Drive sangat mudah. Karena satu akun akan terhubung ke beberapa layanan seperti Youtube dan Google Driver.

Hal lain, lebih mudah membuat link dan penguna lebih cepat mendownload dengan mendistribusikan via link saja.
Beberapa orang juga mengunakan file dalam bentuk Doc, dan di dalamnya berisikan link untuk file dari situs lain atau mengarahkan ke link torrent.
Dokumen di Google Drive juga dapat ditambah oleh penguna lain yang ingin membantu dan memberikan konten tambahan.
Di media lain juga mudah, setidaknya hanya membutuhkan 5 kali clik untuk mendapatkan isi konten.

Kapasitas Google Drive menjadi media penyimpan terbesar, dengan storage gratis sampai 15GB. One drive dan DropBox hanya diberikan 5G dan 2GB.

Bagaimana distribusi konten bajakan tersebut, cukup mudah disebarkan via subdirektori, forum bahkan sampai grup Facebook. dalam2 minggu dari analisa sebuah media mengatakan ada 12 grup Facebook yang saling bertukar dan berbagi link file yang dicari. Dari konten film sampai acara TV.

Mengapa Google Drive aman. Karena Google Search tidak memasukan data dari Google Drive bila diminta pengunanya sebagai data pribadi.
Cara ini membuat badan atau pemilik konten tidak mengetahui dimana konten mereka disembunyikan.

Mengapa mereka yang suka berbagi file untuk konten harus pindah dan lebih kreatif.
Banyak layanan berbagi file ditutup.KickassTorrents, ExtraTorrent, Shaanig, Yify Torrent dan lainnya dengan setengah miliar  pengunjung internet dan semuanya sudah ditutup.

Ditambah blokir di internet menyulitkan orang mengakses situs torrent yang masih beroperasi. Sekarang mereka beralih ke situs pribadi dibanding menampilkan data di layanan torrent.
Masih ada beberapa situs torrent yang bertahan, tapi dipenuhi dengan pop-up bahkan terkait iklan malware. Membuat pengalaman buruk bagi pengunanya sendiri.

Teknik lain yang tidak kalah menarik. Pembajakan memasukan link ke Google Maps. Bagaimana caranya ?
Salah satu layanan peta My Maps dapat memberikan keterangan, dari isi keterangan tersebut dapat dimasukan link dan judul.
Google tidak dapat memeriksa keterangan Description disana, walau menjadi bagian layanan milik Google dibawah Google Maps.
Jadi peta yang dibuat oleh pembajak tampil di Google Maps, sebenarnya berisikan informasi link untuk download konten.

Google memiliki aturan ketat untuk pelanggaran hak cipta. Tetapi dengan teknik bersembunyi tersebut, siapa yang dapat mencegah kecuali memeriksa satu persatu konten.