Foto matahari dengan teknik yang salah menghancurkan camera


Kategori : Digital | Date : 20 August 2017
Bahaya bila camera langsung mengarah ke cahaya matahari
Belajar membuat foto untuk mengabadikan cahaya matahari.

Dari Everything Photography memberikan tip How to MELT your camera shooting the eclipse, yang artinya bagaimana camera akan meleleh bila membuat foto ke matahari.
Tanpa filter camera, kemungkinan malah merusak camera.

Pengalaman beberapa orang, sensor sangat sensitif dengan cahaya yang intens masuk ke dalam sensor

Sebelumnya seorang cameramen membuat video sebuah konser. Termasuk cahaya laser yang berada di atas penonton.

Camera yang sedang menghadap ke arah cahaya laser dan masuk ke bagian sensor camera.

Dalam hitungan sepersekian detik  pixel sensor menjadi rusak. Dan gambar yang direkam muncul sebuah titik yang diakibatkan tembakan cahaya laser konser.

Satu lagi pelajaran bagaimana membuat foto yang mengarahkan camera ke cahaya matahari.

Everything Photography memberikan pengalaman ketika mereka mencoba sebuah lensa tele 400mm dengan camera Canon T2i.
Sudah jelas dengan angka 400mm, artinya camera tersebut memiliki fitur zoom untuk membesarkan gambar termasuk bila diarahkan ke matahari.

Hanya diperlukan beberapa detik, cahaya matahari yang sangat terang masuk melalui lensa. Dari lensa cahaya akan di fokus ke arah sensor.
Cahaya yang masuk akan fokus dan menjadi panas yang merusak.



Percobaan camera langsung melihat cahaya matahari

Tidak perlu lama dengan cerita di video Youtube. Bila mengambil foto matahari, gunakan filter yang tepat. Atau cahaya matahari akan mengoreng bagian dalam camera.

Bagian dalam camera rusak akibat cahaya matahari

Dibawah ini setelah camera dilepas dari bagian lensa.

Terlihat sisa asap masih terlihat keluar, artinya ada yang terbakar dari bodi camera.

Cahaya matahari yang jatuh ke lensa akan fokus jatuh ke sensor

Untuk lebih jelas, dapat dilihat seperti gambar dibawah ini

Cahaya matahari masuk ke lensa, dan mulai memfokus masuk ke dalam bagian camera dan sensor.

Cahaya dengan intensitas tinggi seperti pada siang hari dan terik, cahaya dapat terakumulasi dan mencapai panas yang cukup untuk melelehan komponen plastik camera.

Sensor terbakar akibat cahaya matahari

Bila camera dibiarkan mengarah ke cahaya matahari, dan bagian shutter terbuka.

Itu seperti melakukan pengorengan langsung di bagian sensor.

Hasil akhir akan seperti dibawah ini. Bagian lempeng sensor CMOS bukan saja rusak meleleh

Tapi semua plastik yang terkena panas cahaya matahari menjadi panas dan plastik di dalamnya hancur total.

Kerusakan sensor yang terbakar akibat cahaya matahari

Tip diatas untuk menjaga perangkat camera dan menjauhi cahaya yang sangat intens. Jauhi camera dari cahaya seperti sinar laser dan cahaya matahari yang sangat kuat.

Termasuk mereka yang ingin membuat foto dengan camera tidak boleh melihat langsung dari jendela bidik bila camera mengunakan kaca prisma. Akan berbahaya bagi bola mata.
Bila ingin membuat foto matahari, terdapat filter khusus untuk mengurangi intensitas cahaya. Disebut filter CPL dapat menyaring cahaya matahari yang kuat, dan di kurangi / di filter sebelum masuk ke bagian lensa camera.

Gerhana matahari sebagian 13 Juli 2018 diwilayah selatan Bumi. Setelah gerhana Matahari Total Indonesia 9 Maret 2016. Tahun 2017 melintas di  sepanjang negara Amerika Serikat tanggal 21 Agustus 2017 Senin jam 11 malam.

Fotografer dan pembuat film Dustin Farrell mengejar badai di musim panas. Perangkat yang dibawa tidak kepalang-tanggung karena camera model Phantom Flex4K camera model profesional kecepatan tinggi. Bikin mulut ternganga melihat rekaman video yang dibuat, percayalah

Dani Caxete membuat foto stasiun ruang angkasa tepat di depan matahari, bahkan berada di tengah bintik matahari. Di dokumentasikan lengkap, dari perhitungan, perjalanan di kendaraan, menyiapkan teleskop dan camera, Boom, foto ISS melintas berhasil di dapat.



Perusahaan penyewaan peralatan camera akhirnya mendapatkan camera mereka rusak. Dari komponen lensa, sensor camera dan mirror akibat terkena intensitas cahaya matahari. Walau pelanggan sudah diberi peringatan dan diberitahu bila komponen rusak akibat kelalaian mereka selama gerhana matahari. Bagian camera apa yang rusak.

Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi

Foto low angle atau mengambil gambar lebih rendah. Foto akan tampak dengan menambah elemen bagian belakang, tengah lebih dalam. Intinya, fotografer dapat mewakili 3 dimensi dari 2 dimensi gambar.

Membuat video dari camera, kesulitan adalah posisi camera ketika mengambil sudut tertentu. Satu tip membuat stabilizer camera dengan alat sederhana agar camera lebih stabil ketika mengambil video dengan objek bergerak



Bila seorang fotografer sering membuat foto blur, walau mengunakan tripod. Kejadian seperti ini merupakan hal biasa. Penyebabnya karena cermin di camera terbuka tutup ketika pengambilan sebuah foto. Setiap gerakan di dalam camera akan berdampak terjadinya getaran

Jaap bekerja untuk media berita ingin mengabadikan sebuah badai. Dia menyiapkan camera dengan plastik agar tidak terkena air. Tapi yang terjadi berbeda, camera dan lensa kemasukan air . Ditunggu sampai 2 bulan akhirnya diketahui board camera rusak. Dimana kerusakan yang terjadi.

Edit foto seperti film atau cinematic. Dapat dibuat mengunakan software Lightroom. Foto seperti dalam frame film, lebih biru dan gelap, tapi tetap fokus dibagian objek foto. Belajar edit foto Cinematic dibuat oleh Photos in Color

Apakah hasil foto lensa 24-105mm vs 70-200mm memberikan hasil foto yang sama. Walau objek foto dibuat dengan ukuran yang sama, tapi posisi camera harus lebih mundur dengan lensa telezoom. Bagaimana dengan hasil foto yang dibuat, dengan telezoom latar belakang gambar akan tampak bokeh. Sedangkan lensa yang dimulai dari 24mm lebih jelas

Foto landscape atau pemandangan dengan bidang lebar. Mungkin ada yang frustasi karena gambarnya kurang tajam, karena setting camera untuk Landscape berbeda dibanding setting fot lain. Ada teknik untuk belajar foto Landscape yang disebut Sunny f16.

Satu video timelapse ini memperlihatkan bunga yang sedang mengembang. Pembuatnya hanya membutuhkan pencahayaan lampu dan ditutup dengan kain agar cahaya tidak berubah. Video dengan durasi 3 menit memperlihatkan bunga secara perlahan membuka dibuat oleh Majo Chudy.



Ilko Alexandroff memberikan teknik fotografi. Bagaimana membuat foto malam hari, tapi anda tidak mau membawa lampu. Cari saja papan billboard di jalan sebagai lampu foto anda. Caranya sederhana, si objek foto harus lebih dekat dengan billboard.


No popular articles found.