Belajar perbedaan fotografi profesional vs amatir Philips Haumesser


Kategori : Digital | Date : 17 August 2017
Perbedaan fotografi profesional adalah perspektif dalam melihat cahaya
Sekitar 2 tahun lalu Philips membuat  foto di sekitar kehidupan sehari hari.

Seperti kebanyakan orang, membuat foto tidak memperhatikan keindahan di sekitar dirinya sendiri.

Phillip Haumesser yang tinggal di sebuah desa Messouri ketika istrinya ingin dia membuat foto anak anak.

Sekarang dia sudah menjadi fotografer profesional, membuat  foto anak anak, bahkan menjadi fotografer pernikahaan pertunangan, senior dan lainnya.

Philips mulai memperhatikan bagaimana hal yang terkena cahaya. Dan bagaimana melihat sesuatu dari sisi persepektif yang berbeda untuk mengubah seluruh gambar di dalam sebuah foto.

Ketika seluruh dunia membuat gambar sangat baik, dari film, foto warna warni dan semuanya ada di sekitar kita.

Setelah belajar mendalami fotografer, Philips mulai melambat. Dan memperhatikan hal yang tidak terlalu jauh, dengan melihat foto dengan anak anaknya. Dan membuat foto dengan perbandingan dari foto amatir dan profesional.

Saya ingin semua orang memiliki pengalaman. Jadi dia membuat kurus fotografi bagi siapa saja yang ingin mencoba. Philisp mengatakan, bagaimana membuat foto dengan perangkat camera murah, dan lensa murah. Bahkan seseorang pernah belajar dengan meminjamkan camera ponsel, karena dia tidak memiliki camera.

Dibawah ini perbedaan perseptif dan gambar. Ketika seseorang masih amatir dan melihat gambar secara profesional

Kiri adalah foto amatir, tidak di edit, hanya diabadikan langsung tanpa melihat hasil gambar dari sebuah foto.
Kanan adalah profesional, diambil ditempat yang sama dan di edit menghasilkan foto tampil seperti profesional.



Beda fotografi profesonal dan amatir belajar dari Philips Haumesser

Tip belajar dari Philips



Philips memberikan teknik belajar fotografi

Article Series

This article is part 2 of a 2 part series. Other articles in this series are shown below:
  1. Pilih camera Canon vs Nikon vs Sony vs Panasonic vs Samsung vs Fuji untuk kualitas foto terbaik
  2. Belajar perbedaan fotografi profesional vs amatir Philips Haumesser

www.obengplus.com/artikel/articles/97/1/Adobe-Lightroom-for-Dummy.html
Seorang fotografer landscape atau pemandangan alam. Membutuhkan kesabaran untuk menunggu pada tempat dan waktu yang tepat. Terlalu besar usaha sampai kurang beruntung. Kadang waktu datang tanpa sengaja dengan sendirinya. Langit yang gelap ternyata luar biasa dengan cahaya bintang (Juni 2018)

Photoshop dapat dimanfaatkan untuk editing video. Salah satu efek membuat tampilan video Cinema. Dengan menambahkan layer warna, maka warna video asli dapat dirubah seperti video film look. Proses render video Cinema dengan Photoshop lebih cepat dan lebih ringan.

Dari notebook, camera, smartphone ada yang disebut sebagai produk rekondisi atau refurbished.  Akan ditawarkan dengan harga produk lebih murah. Bagaimana mengenali produk rekondisi dari pabrikan camera.



Bagaimana merubah foto lama klise film negatif menjadi file foto digital. Mungkin ada yang tertarik menyimpan foto lama dari film negatif. Dengan mudah dapat dirubah menjadi foto positif mengunakan software. Dengan memanfaatkan camera, memindahkan foto negatif ke software dan dirubah menjadi foto positif yang dapat kita lihat.

Perusahaan penyewaan peralatan camera akhirnya mendapatkan camera mereka rusak. Dari komponen lensa, sensor camera dan mirror akibat terkena intensitas cahaya matahari. Walau pelanggan sudah diberi peringatan dan diberitahu bila komponen rusak akibat kelalaian mereka selama gerhana matahari. Bagian camera apa yang rusak.

Jangan mengunakan camera langsung  ke cahaya matahari, hanya untuk membuat foto matahari. Bukan gambar yang di dapat, kemungkinan terjadi kerusakan sensor camera. Karena sensor camera akan terkena cahaya yang fokus dari  lensa sampai membakar bagian dalam camera.

Foto low angle atau mengambil gambar lebih rendah. Foto akan tampak dengan menambah elemen bagian belakang, tengah lebih dalam. Intinya, fotografer dapat mewakili 3 dimensi dari 2 dimensi gambar.



STC Astro-Multispectra Clip menarik bagi kalangan astronomi. Kondisi polusi cahaya kota membuat foto tampak kuning, atau cahaya berlebihan yang tidak perlu masuk ke sensor. STC Astro-Multispectra hanya menangkap gelombang cahaya yang dihasilkan oleh bintang bahkan sampai nebula dengan menurunkan intensitas cahaya buatan

Komposisi foto dapat dibuat dengan berbagai cara. Beberapa komposisi diceritakan oleh fotografer, agar posisi gambar yang dibuat lebih tepat. Foto memiliki beberapa elemen untuk diabadikan. Ketika mengikuti beberapa teknik ini, diharapkan foto yang kita buat lebih menarik

Mendapat like di Instagram menjadi tolak ukur sebuah kualitas dan keindahan sebuah foto. Bagi pencinta traveling membuat foto, dapat melihat perbedaan foto amatir dan profesional. Bagaimana fotografer profesional membuat foto lebih menarik dibanding kita.

Foto pria di media seorang selebritis akan tampil dengan otot dan tubuh menarik. Tapi melibatkan banyak bidang agar menghasilkan foto yang terbaik. Bagaimana foto aslinya, dan tranformasi setelah foto di edit. Setidaknya melibatkan 3 bidang, makeup artis, fotographer dan terakhir photo retouching

Belajar edit foto dari Peter Stewart seorang fotografer Traveler. Beberapa foto yang di edit hanya mengunakan 1 gambar saja. Yang lain mengunakan kombinasi 2 atau 3 foto, dia lebih banyak mengunakan software Nik Efex Pro yang gratis.

Bila seorang fotografer sering membuat foto blur, walau mengunakan tripod. Kejadian seperti ini merupakan hal biasa. Penyebabnya karena cermin di camera terbuka tutup ketika pengambilan sebuah foto. Setiap gerakan di dalam camera akan berdampak terjadinya getaran



Edit foto seperti film atau cinematic. Dapat dibuat mengunakan software Lightroom. Foto seperti dalam frame film, lebih biru dan gelap, tapi tetap fokus dibagian objek foto. Belajar edit foto Cinematic dibuat oleh Photos in Color

Pratik Naik adalah ahli foto retouching, melakukan edit foto selama 1,5 jam, tapi di percepat menjadi 7 menit. Selama pekerjaan edit foto sebuah wajah dengan teknik berbeda. Foto aslinya diambil oleh Jonas Jensen dan Naik merekam proses pekerjaannya sehingga bisa dilihat proses dari awal sampai akhir.

Setiap foto memiliki nilai, tapi membuat foto yang WoW disebutkan perencanaan, atau dihasilkan pada situasi yang beruntung. Membuat foto dengan nilai 4 sangat sulit dalam kondisi biasa, bintang 5 membuat foto seperti ini adalah sempurna dan tanpa cela.

Apakah hasil foto lensa 24-105mm vs 70-200mm memberikan hasil foto yang sama. Walau objek foto dibuat dengan ukuran yang sama, tapi posisi camera harus lebih mundur dengan lensa telezoom. Bagaimana dengan hasil foto yang dibuat, dengan telezoom latar belakang gambar akan tampak bokeh. Sedangkan lensa yang dimulai dari 24mm lebih jelas

Foto landscape atau pemandangan dengan bidang lebar. Mungkin ada yang frustasi karena gambarnya kurang tajam, karena setting camera untuk Landscape berbeda dibanding setting fot lain. Ada teknik untuk belajar foto Landscape yang disebut Sunny f16.

Satu video timelapse ini memperlihatkan bunga yang sedang mengembang. Pembuatnya hanya membutuhkan pencahayaan lampu dan ditutup dengan kain agar cahaya tidak berubah. Video dengan durasi 3 menit memperlihatkan bunga secara perlahan membuka dibuat oleh Majo Chudy.

Pelajaran lengkap tekink membuat film dengan camera DSLR seperti tampilan efek cinema atau film bioskop. Dapat dipelajari bagaimana setting camera, mengambil video yang benar, dan software post production untuk merubah warna dan efek mood dari warna video. Teknik ini dibuat lengkap sampai output video mengunakan 2.35:1 atau ultra widescreen

Dari Nikon menjawab, gunakan cairan pembersih khusus lensa. Cukup 1 sampai 2 tetes saja. Hindari menyentuh permukaan lensa untuk dibersihkan. Gunakan spray brush dengan tekanan udara untuk membesihkan debu. Jangan gunakan tissue, semakin sering disentuh permukaan lensa perlahan akan rusak

Bagaimana membuat sebuah foto di gabung dengan gambar latar belakang berbeda. Misal seseorang duduk di tengah hutan, dan dipenuhi dengan binatang. Mengunakan photoshop bisa dilakukan dan di awali dengan pengambilan gambar si objek yang akan di edit.

Untuk mereka yang suka foto. Jana memberikan teknik fotografi untuk pose wanita. Mengunakan lensa prime lens, dan ISO 250, bagian penting adalah kecepatan bukaan lensa.

2 Guys Creative membuat ide untuk mengabadikan sebuah objek untuk menghasilkan goresan cahaya pada foto mereka. Mengunakan lensa seharga dua ribu dollar malah ditabrak percikan api. Bagaimana hal tersebut terjadi.

Setting Shutter Speed berguna dalam beberapa objek, dibagi dari Ultra Fast, Fast, Normal dan Slow. Setting ini menentukan objek apa yang diambil. Mengabadikan benda bergerak seperti pesawat atau mobil F1 sangat dianjurkan mengunakandengan Ultra Fast atau Fast

Dari tim 5050 memberikan teknik sederhana cara membuat foto levilasi. Foto seseorang dibuat terbang mengambang, tapi teknik ini adalah modifikasi gambar di Photoshop. Mengunakan teknik layer, dari 2 foto yang diambil dari sudut yang sama. Caranya mudah termasuk tutorial dari video

Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.

Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.


No popular articles found.