Pesawat Air Force One kedua akan dibangun Amerika


Kategori : Stuff | Date : 2 August 2017
Amerika akan membuat Air Force One tersisa satu pesawat masih baru tapi batal dikirim oleh Boeing ke
Cerita pesawat Air Force One sebagai pesawat kepresidenan Amerika.

Amerika merubah pesawat Boeing 747-8, dan permintaan pertama di tahun 1985 oleh angkatan udara Amerika.

Walau semua armada pesawat Boeing 747 saat sudah sangat jarang digunakan. Seperti Cathay Pacific sudah menghentikan operasi penerbangan dengan Boeing 747 di tahun 2014
KLM Belanda menghentikan rute penerbangan dengan Boeing 747 tahun 2016

Sedangkan pesawat kepresidenan masih digunakan, seperti India, Jepang, Kuwait, Oman Brunei dan lainnya terrmasuk Air Force One.

Pesawat berbada lebar ini memiliki jarak tempuh 9.700km dengan kondisi tanki penuh. Tentu saja model pesawat kepresidenan memiliki sistem pengisian di udara.

Pesawat kepresidenan Amerika
1990 sampai sekarang Boeing 747 VC-25A digunkana 5 presiden
1962-1990, Boeing 707 VC-137C digunakan oleh 7 presiden
1959-1962, Boeing 707 VC-137A digunakan 5 presiden

Pesawat Air Force One dikirim pada tahun 1990 ketika George H W Bush menjabat menjadi presiden Amerika.

Tapi sempat  tertunda dikirim karena membutuhkan satu perangkat tambahan pelindung pesawat yang disebut EMP - Electronicmagnetic Pulse.



Pesawat Air Force One kedua akan dibangun Amerika

Selain teknoligi tersebut, terdapat sistem komunikasi untuk jalur aman dan komunikasi biasa, sistem computer, dan ruang kerja presiden selama terbang di udara.

Sebuah pesawat Air Force One ditangani oleh satu pasukan 89 Airlift Wing yang berbasis di Andrews Field Maryland.

Pesawat Air Force One adalah pesawat utama, tapi Amerika masih memiliki beberapa pesawat khusus lainnya. Seperti Marine One adalah helikopter yang dioperasikan oleh marinir Amerika.

Kabarnya Amerika akan membuat satu lagi pesawat Air Force One. Disini terdapat cerita menarik dengan pesawat kedua.

Trump ingin sebuah pesawat yang sama tapi dengan harga lebih hemat.

Satu pesawat Boeing 747-8 ternyata ada yang identik dengan Air Force One, tetapi dirancang untuk pesawat komersil.

Untuk pesawat baru yang identik, Amerika membutuhkan dana miliaran dollar. Sedangkan satu pesawat baru awalnya akan miliki perusahaan penerbangan Transaero dari Rusia dan identik dengan Air Force One dan telah dipesan sejak tahun 2013.

Ada 2 pesawat Boeing 747-8 baru milik Transaero, ditarik kembali oleh Boeing.
Boeing hanya melakukan test ulang dan pesawat masuk gudang untuk menunggu penyelesaian lebih lanjut.
Pesawat tersebut mangkrak di landasan gurun Mojave, dimana disana tersedia tempat parkir pesawat dengan iklim kering dan pesawat tidak terkena korosif.
Bisa saja diantara 2 pesawat tersebut dijadikan Air Force One - 2.

Membangun pesawat yang sama untuk Air Force One - 2 total dalam kondisi baru menghabiskan biaya 4 miliar dollar. Dan Trump memilih membatalkan permintaan tersebut

Biaya untuk merenovasi pesawat komersil tersebut menjadi pesawat kepresidenan. Diperlukan perubahan ruang pesawat seperti ruang konferesi, kabin pribadi, tempat tidur, ruang medis, alat pengisian bahan bakar, perlengkapan suara yang disembunyikan di sayap untuk menangkis serangan rudal. Tentu saja biayanya menjadi sangat mahal, karena pesawat dirancang khusus untuk presiden.

Biaya pesawat 747-8 tidak mahal, tapi perlengkapan tambahannya kira-kira akan menghabiskan total $3,2 miliar.
Belum jelas berapa anggaran yang akan diajukan pihak USAF untuk Air Force One - 2.

Kemampuan pesawat Boeing 787-8 atau disebut sebagai modifikasi Boeing 747-200
  • Memiliki jarak jelajah lebih jauh dibanding versi komersil
  • Dapat melakukan pengisian bahan bakar di udara
  • Ruangan lebih lebar dengan bagian ruang konferensi merangkap ruang makan, ruang presiden, area kantor untuk anggota staf kepresidenan, fasilitas kantor lain, tempat istirahat untuk presiden, media dan awak kapal.
  • Dua ruang makan untuk 100 orang
  • Frekuensi ganda bagi komunikasi udara ke udara, udara ke darat dan satelit.
  • Kemampun takeoff lebih besar sampai 987.000 lb
  • Sayap lebih lebar.
  • Badan pesawat lebih panjang e meter
  • Kapasitas penumpang 26 orang, total awak pesawat 103 penumpang.
  • Kapasitas bahan bakar 203 ribu liter
Bila perjanjian selesai, maka ada 2 pesawat Air Force One. Dan yang baru diperkirakan selesai dan dapat digunakan antara tahun 2018 - 2022.

Satu satunya pesawat Boeing saat ini dengan 4 mesin hanya tersisa model Boeing 747.

Airbus memiliki pesawat Beluga atau A300-600ST super transporter. Pesawat ini bertugas membawa suku cadang pesawat dari satu pabrik ke pabrik lain untuk proses perakitan. Ada 5 pesawat Beluga yang dioperasikan Airbus. Nantinya bertambah dengan Beluga XL tahun 2019

Pesawat jet Thunderbolt A-10 dengan nama Warthog dirancang khusus untuk penghancur tank. Membawa senjata mesin tipe GAU-8 yang ditanam di depan hidung pesawat seukuran VW kodok. Tetap dioperasikan sampai tahun 2022, sisa pesawat mungkin mendapat sayap baru.

Kapten Mark biasa menerbangkan pesawat bomber Lancer B-1B. Tapi pada tanggal 30 Desember tahun lalu tidak sengaja dia harus menangani pesawat Boeing 737 yang membawa 151 penumpang. Pilot pesawat United Flight 1637 mendadak terkena serangan jantung.



Etihad Airlines hanya menjelaskan kabin kelas satu mereka di pesawat Airbus A380. Rute pesawat yang dilayani antara Abu Dhabi ke London, New York dan Sydney. Penerbangan perdana dimulai tahun 2015. Di dalam kabin terdapat LCD TV 32 inch, layar 27 inch di kamar tidur

Pesawat Boeing 747 sudah melayani dunia penerbangan selama 44 tahun. Perusahaan penerbangan Jepang akan mengakhiri pengunaan pesawat Boeing 747 bulan Maret 2014. JAL sudah mengunakan 747 di bulan Juli 1970. Awalnya pesawat Boeing 747 dibuat untuk angkutan militer.

Apakah ada yang tertarik memiliki pesawat pembom tua Tupolev Tu 95MS Bomber. Pesawat jenis ini terbang tahun 1952 dan beroperasi di tahun 1956. Harganya lebih murah dari  mobil sport nomor wahid.

Gambar ini bukan cerita CGI atau film dengan 3D. Memang dibuat asli ketika sebuah pesawat F14 Tomcat melintas disamping kapal induk. Oleh Dale Snodgrass adalah seorang pilot F14, dia menjadi pilot dengan jam terbang tertinggi. Sudah mencapai 48 ribu jam terbang



Pesawat jet tempur terbang di atas jalan tol, sudah biasa. Pilot Korea Utara memiliki kemampuan harus berlatih mengunakan jalan bebas hambatan sebagai landasan. Di Finlandia dari video dibawah ini adalah video latihan pilot pesawat tempur

Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER mengalami gangguan mesin dan mendarat di sebuah landasan. Masalah kedua untuk kembali terbang, landasan di Tanzania tersebut ternyata pendek sekali, hanya 1.5km hampir separuh standar minimum.

Ini bukan perang melawan Alien atau skenario pembuatan film Independence Day 2. Parade pesawat ini memang nyata, ada 25 pesawat F 117A Nighthawk Black Stealth Fifhter terbang dalam formasi bersaama.


No popular articles found.