Dani Caxete berhasil membekukan stasiun ruang angkasa yang sedang melintas di depan bulan. Gambarnya jelas, bahkan lebih jelas dari fotografer lain yang pernah mengabadikan ISS di depan bulan.

Foto Dani Caxete tampil di Insight Astronomy Photographer of the Years yang diadakan oleh Britain Royal Greenwich Observatory.

Bagaimana Dani membuat foto ini

Dia mengambil ketika cahaya bulan mencapai magnitude -3,5.

Sedangkan stasiun ruang angkasa masih di sinari oleh cahaya matahari. Jadi foto diambil ketika matahari masih muncul.

Seperti bulan stasiun ruang angkasa IS menerima cahaya dari matahari selama mengorbit 15 kali setiap hari yang sedang naik pada 9 derajat. Sehingga memungkinkan kita melihat stasiun tersebut dengan jelas.

Dani mengatakan tidak menguankan teknik komposit atau mengabungkan gambar, hanya satu foto saja.

ani Caxete tampil di Insight Astronomy Photographer of the years ISS di depan bulan


Big Dipper
Foto ini diabadikan di Engadin Switzerland oleh Nicholas Roemmelt. Untuk membuat foto tersebut dibutuhkan 2 gambar dan digabung dengan teknik Stack.
Satu gambar untuk foto bintang dan satu lagi untuk bagian depan dengan gua es. Tidak ada teknik rumut hanya mengabungkan 2 gambar dengan latar belakang bintang.

Apa yang unik pada foto astronomi ini. Dapat dilihat 8 titik cahaya di tengah, adalah bagian dari nama bintang Big Dipper.
Seperti membentuk simbol dengan rasi bintang Ursa Major. Total terdapat 17 bintang. Salah satu bentuk pola bintang untuk dijadikan petunjuk melihat nebula Orion

Rasi bintang Ursa Major dengan Big Dipper dibawa gua es

Foto diatas adalah 2 foto yang ikut dalam kompetisi kontes foto astronomi. Pemenang lomba foto ini akan diumumkan pada 14 September 2017.