Fotografer astronomi Insight Astronomy Photographer of the Years


Digital | 1 August 2017

Foto unik astronomi dengan ISS dan Big Dipper

Dani Caxete berhasil membekukan stasiun ruang angkasa yang sedang melintas di depan bulan. Gambarnya jelas, bahkan lebih jelas dari fotografer lain yang pernah mengabadikan ISS di depan bulan.

Foto Dani Caxete tampil di Insight Astronomy Photographer of the Years yang diadakan oleh Britain Royal Greenwich Observatory.

Bagaimana Dani membuat foto ini

Dia mengambil ketika cahaya bulan mencapai magnitude -3,5.

Sedangkan stasiun ruang angkasa masih di sinari oleh cahaya matahari. Jadi foto diambil ketika matahari masih muncul.

Seperti bulan stasiun ruang angkasa IS menerima cahaya dari matahari selama mengorbit 15 kali setiap hari yang sedang naik pada 9 derajat. Sehingga memungkinkan kita melihat stasiun tersebut dengan jelas.

Dani mengatakan tidak menguankan teknik komposit atau mengabungkan gambar, hanya satu foto saja.

ani Caxete tampil di Insight Astronomy Photographer of the years ISS di depan bulan


Big Dipper
Foto ini diabadikan di Engadin Switzerland oleh Nicholas Roemmelt. Untuk membuat foto tersebut dibutuhkan 2 gambar dan digabung dengan teknik Stack.
Satu gambar untuk foto bintang dan satu lagi untuk bagian depan dengan gua es. Tidak ada teknik rumut hanya mengabungkan 2 gambar dengan latar belakang bintang.



Apa yang unik pada foto astronomi ini. Dapat dilihat 8 titik cahaya di tengah, adalah bagian dari nama bintang Big Dipper.
Seperti membentuk simbol dengan rasi bintang Ursa Major. Total terdapat 17 bintang. Salah satu bentuk pola bintang untuk dijadikan petunjuk melihat nebula Orion

Rasi bintang Ursa Major dengan Big Dipper dibawa gua es

Foto diatas adalah 2 foto yang ikut dalam kompetisi kontes foto astronomi. Pemenang lomba foto ini akan diumumkan pada 14 September 2017.


Berita terkait
Fotografer dari Australia membuat foto galaksi Bima Sakti di kota Sydney. Tepatnya berada di gedung Opera House. Bagaimana dia membuat foto galaksi Bima Sakti di kota yang sangat terang. Modalnya memang kuat dengan camera Fujifilm GFX50

Fotografer ini mendapatkan gambar sempurna di daerah Isle. Chad Powell umur 25 tahun ini sudah kelas kakap sebagai disainer dan fotografer astronomi. Awalnya banyak yang menanyakan apakah ada hasil cetakan, atau bisa dibeli. Sekarang dia memiliki postcard khusus dari hasil karya fotonya



Kontes foto ke 13 dari Smithsonian, ada 9 foto pemenang yang dipilih dari 46 ribu foto dari 168 negara. Juara satunya tidak jauh jauh, foto dari Sinabung di Sumatra Utara. Foto gunung Sinabung mendapatkan Grand Prize dimenangkan oleh Albert Ivan Damanik.

Thomas Klemmer ini seorang astrofotografi. Dia berhasil mengabadikan stasiun ISS, kali ini gambarnya luar biasa, dan satu foto yang dibuat hari Senin kemarin membuat fotografer lain akan geleng kepala.

Matteo Dunchi membuat sebuah foto galaksi Andromeda, M32 dan M110. Bila anda jeli, dapat melihat tepat di lingkaran diatas galaksi Andromeda terdapat M110. Galaksi M110 adalah galaksi kecil dengan jarak tidak berbeda jauh

Thierry Legault kembali membuat heboh dunia astrofotografi. Kali ini bukan ISS saja yang diabadikan tapi bersamaan dengan transit planet Merkurius. Satu lagi foto ISS melintas 4 Februari 2017, berhasil diabadikan Thierry dalam hitungan dari 1 detik

Seperti apa itu cahaya matahari yang kita lihat. Goran Strand mengabadikan dengan cara berbeda. Hasilnya matahari tidak bulat seperti yang kita lihat, walau mengunakan lensa tele.



Ada saja ide si Stargazer ini, sampai fotonya masuk di Space.com. Si Fotographer mengambil objek kelompok bintang yang saling berdekatan Big Dipper.  Mengunakan Canon 50D, ISO 2500, 24mm f/2, exposure 15 detik. Cahaya bintang terlihat lebih mengembang




No popular articles found.
< /body>