Digital | 29 July 2017

Hong Kong rumah baskom sampai PBB mengutuk


Bila anda tinggal di rumah seperti ini anda tidak bisa menginjakan kaki di ruangan anda sendiri

Dengan 7,5 juta penduduk, Hong Kong berkembang dengan lahan sangat terbatas.

Hong Kong menjadi kota dengan rumah yang harganya selangit, bahkan masuk daftar dengan rekor harga tanah dan bangunan termahal.

Di tahun 90an, pemerintah Hong Kong dibawah pemerintah Inggris telah membuat rumah rakyat dengan gedung bertingkat menjulang tinggi.

Memberikan apartemen kecil dengan harga lebih terjangkau. Beberapa gedung bangunan rumah rakyat ketika itu sangat membantu penduduk Hong Kong.

Setelah Hong Kong dikembalikan ke pemerintah China, rumah yang ada tidak cukup ditambah migrasi penduduk yang menetap di Hong Kong bertambah.

Masyarakat yang kurang beruntung akhirnya harus tinggal dengan menyewa ruang kecil, dengan harga lebih terjangkau tentunya. Kecil dalam arti sangat kecil, ibarat sebuah kotak yang cukup untuk tidur saja.

Membeli mobil di Hong Kong sama saja membeli satu rumah untuk garasi kendaraan yang seharga satu rumah. Sebuah apartemen UpTon menawarkan sebuah garasi kendaraan seharga 8,8 miliar rupiah untuk parkir mobil anda dengan ukuran 17,5 meter persegi.

PBB mengatakan sudah keterlaluan membiarkan manusia tinggal di dalam kotak, karena menghina martabat manusia.

Jangan melihat mereka yang sudah mapan, dan bekerja di kantor atau memiliki usaha. Sebagian masyarakat yang kurang beruntung dengan penghasilan rendah harus tinggal disana.

Diperkirakan masih tersisa 200 ribu orang tidak memiliki rumah tidak layak atau kontrakan yang layak, sebagian memilih tinggal di dalam sebuah kotak dengan ukuran 3 meter persegi sampai 30 meter persegi.



Benny Lam mengatakan kepada National Geographic, setelah dia kembali dari Hong Kong dan membuat beberapa foto manusia dengan rumah baskom.

Yang disebut kamar termasuk isi seluruhnya, kecuali kamar mandi dan kamar kecil. Kipas angin, TV kecil, makan minum dilakukan di dalam kotak.

Rumah kecil tersebut sebenarnya rumah yang dibagi secara ilegal oleh pemilik rumah /  apartemen. Untuk menampung 20 orang dalam satu rumah kecil mereka, agar pemilik rumah mendapatkan tambahhan dengan mengkontrakan ke pada pekerja setiap bulan.

Mereka adalah pekerja atau memiliki penghasilan sangat rendah. Mereka hadir di depan anda seperti menjadi pelayan restoran, menjaga keamanaan mall, atau petugas pembersih jalan dan petugas sampah.

Bentuknya tentu manusia juga, tapi satu satunya yang berbeda adalah rumah mereka yang dianggap merendahkan martabat manusia.



Dengan ukuran sangat kecil, pekerja ini harus melakukan di dalam bilik peti kamar. Ukurannya ada yang hanya 1,5 x 1,2 meter saja. Artinya satu kamar dibuat lebih kecil dari tinggi badan orang dewasa,  penghuni harus melipat kaki untuk tidur.

Yang lain lebih beruntung. Seorang warga Hong Kong sudah berusia lanjut, Wong Tat Ming 63 tahun. Dia menjadi pengemudi taksi, dan dia bisa tinggal dengan ruangan 18 meter persegi. Tapi harus membayar sewa
$307 perbulan.

Seperti apa rumah baskom yang disebutkan Benny Lam, gambarnya dibawah ini.

Hong Kong rumah baskom tempat tinggal untuk pekerja yang tidak 
memiliki rumah

Bila kita masih memiliki rumah, dan melihat foto diatas. Mungkin kita merasa sangat beruntung.

Membayangkannya saja agak susah, bagaimana tinggal di dalam sebuah kotak dengan ukuran 2x1,5 meter setiap hari.

Foto dari National Geographic - Benny Lam


Artikel Lain

Korea dengan kemajuan teknologi, juga membuat kepraktisan dari kebiasaan warga disana. Desain lampu penyebrangan, payung peneduh, membersihkan payung yang basah agar tidak membuat lantai licin, memanggil staf restoran, sampai meminta pengiriman makanan dimana saja anda berada.

Kota apa yang mahal bagi pemilik kendaraan. Khususnya pemilik kendaraan papan atas atau kelas high end. Harga mobil ternyata lebih murah dibanding garasi kendaraan. Singapura harga kendaraan 3x lipat, lebih mahal dari flat subsidi Pemerintah.



Mantan karyawan Meta menceritakan dia di rekrut untuk bekerja di bidang teknologi. Tapi hanya rapat dari siang sampai sore hari, tanpa melibatkan keahilan di bidang pekerjaannya sendiri. Walau dia mendapat catatan dengan gaji 190 ribu dollar pertahun.

Bila ke Jepang biasakan dengan budaya mereka. Tidak terlalu aneh tapi menarik. Antri, makanan porsi kecil, barang hilang, harga buah, barang ditinggal pemiliknya,  dan kebiasaan makan. Paspor asli akan mendapat potongan harga. Stasiun kereta MRT memiliki nada berbeda beda.

Sejak tahun 2019, beberapa perusahaan teknologi dan keuangan menetapkan jam kerja 996. Bahkan petinggi perusahaan menganggap itu kemajuan. Awal terlihat diterima dengan wajar, tapi korbanya mulai berjatuhan, karyawan yang baru lulus mulai mengeluh. Media turun tangan membuka mata warga disana, termasuk Presiden ikut bicara.

Kegiatannya di Afrika untuk film dokumenter alam bebas. Cerita yang satu ini berbeda. Badak yang sedang diabadikan malah mendekat langsung di samping dirinya. Si badak tidak tertarik merusak camera seharga $3000.

Memiliki koneksi internet pribadi paling cepat langsung ke rumahnya. 10 GBit perdetik, atau setara konek ke internet dari LAN port computer langsung ke jaringan backbone. Tarif 10Gbps lebih murah dibanding satuan 1Gbps. Masalahnya apakah hardware di rumah mendukung



Di hari Dunia Satwa 4 Oktober lalu, kota Istanbul meluncurkan sebuah patung yang mirip Tombili. Siapa kucing Tombili ini, dan sempat tenar di awal tahun lalu. Fotonya beredar di internet, seekor kucing sedang berbaring di bangku.

Tinggal di Suriah ada yg menyelematkan kucing. Pria asal Amerika selamatkan 1000 hewan sebelum festival, seorang wanita menolong balita di jalan karena dibuang keluarganya. Atau harimau sirkus diselamatkan sampai menjadi harimau besar.

Si gadis setiap hari pergi ke sekolah, tapi harus ketakutan ketika melewati sebuah rumah yang dijaga seekor anjing. Sampai suatu hari si anjing menjadi penurut dan berbalik ingin ikut dengan tuan yang baru. Sayangnya si anjing akhirnya meninggal, dan si gadis akhirnya mewujudkan mimpinya menjadi penyelamat hewan.

Sebuah stasiun kereta kecil di pulau Hokkaido sebagai pulai paling utara Jepang. Membuat berita nasional di akhir tahun kemarin. Disana ada seorang siswi yang akan lulus SMA pada bulan Maret 2016. Setelah bulan Maret, kereta tersebut akan mengakhiri berhenti di stasiun. Apakah kereta tidak mau menjemput penumpangnya lagi



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.