Galaksi tabrakan NGC 1510 dan NGC 1512 yang kecil di telan oleh galaksi lebih besar


Science | 28 July 2017

Proses tabrakan dua galaksi membuat bentuk galaksi berubah

2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil.

Galaksi dengan nomor NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, terlihat bentuknya berubah akibat gaya tarik dari galaksi lebih kecil.

NGC 1510 memiliki ukuran lebih kecil. Tapi dipengaruhi siginfikan dengan galaksi tetangganya yang lebih besar.

Membuat pergeseran di dalam galaksi yang lebih besar NGC 1512. Sampai membuat bagian tengah galaksi terlihat lebih kosong.

Ketika keduanya saling mendekat. Sebagian isi galaksi NGC 1510 telah tertarik masuk ke dalam galaksi NGC 1512 yang lebih besar. Dan membuat cincin baru di bagian luar galaksi NGC 1512.

Dampak lain akibat pertemuan 2 galaksi tersebut, galaksi NGC 1512 yang lebih besar terlihat bintang melahirkan bintang baru.

Pencitraan teleskop Hubble dapat melihat perbedaan pada galaksi di sisi kanan adalah galaksi NGC 1512. Terlihat muncul garis biru di inti galaksi.

Cincin biru tersebut yang berada di sekitar lubang hitam muncul akibat terpicu pertemuan 2 gravitasi dari 2 galaksi.

Gas dan debu di tengah galaksi bergeser sampai terkumpul dan membentuk sangat banyak bintang baru...

Sedangkan gas dan debu yang ada di tengah galaksi lebih besar mulai tergeser ke bagian luar.



Kontas dengan cahaya dibagian ring luar yang berwarna lebih kuning. Karena warna biru tersebut di identifikasi sebagai bintang muda yang energik lahir. Sedangkan cincin di bagian luar lebih di dominasi bintang tua dengan warna kuning.

Cincin biru di dalam galaksi NGC 1512 membentang dengan lebar 2400 tahun cahaya. Pembentukan tersebut terpicu oleh gravitasi yang menganggu dari galaksi tetangga yaitu galaksi NGC 1510.

Terlihat bagian cinci di galaksi NGC 1512 yang lebih besar cenderung elips dan tidak bulat utuh. Walau bentuk galaksi NGC 1512 awalnya adalah galaksi spiral yang memiliki lengan galaksi.

Peneliti memperkirakan pertarungan antara 2 galaksi  NGC 1510 dan NGC 1512 akan melewati 400 juta tahun ke depan. Sebelum kedua galaksi bergabung menjadi satu dan membentuk galaksi baru lebih besar. Dan inilah yang terjadi, sementara keduanya akan saling tarik menarik. Isi dari gas dan debu di galaksi NGC 1510 yang lebih kecil diserap akan diserap galaksi lebih besar..

Teleskop Hubble telah mengamati galaksi NGC 1512 sebelumnya. Melihat bagian cincin luar memiliki cahaya dengan garis biru.
Hebatnya lagi, NGC 1512 juga memperluas ke arah luar di bagian cincin. karena terganggu gravitasi galaksi kecil NGC 1510.

Mengapa galaksi NGC 1510 terlihat lebih kecil. Sebenarnya ukuran galaksi NGC 1510 dahulunya cukup besar. Tapi debu dan gas serta bintang di galaksi NGC 1510 sebagian sudah di serap oleh galaksi yang lebih besar.

Intinya, ketika 2 galaksi saling mendekat dan sebelum bertabrakan. Akibatnya keduanya saling mempengaruhi bahkan merubah posisi bintang dan isi dari masing masing galaksi.

Galaksi tabrakan NGC 1510 dan NGC 1512 yang kecil di telan oleh 
galaksi lebih besar

Pada akhir pengabungan nanti, galaksi NGC 1510 akan hilang ditelan.

Galaksi  NGC 1510 dan NGC 1512 berada di konstelasi Horologium. Foto terbaru dirilis 27 Juli 2017



+ SpaceTelescope

Berita terkait
Galaksi NGC 6240 sebuah galaksi dengan bentuk tidak beraturan. Awalnya astronom memperkirakan ada 2 lubang hitam di galaksi tersebut, penelitian terbaru ternyata ada 3. Dan ketiganya memiliki massa kelas berat, dengan bobot tidak kurang dari 90 juta kali massa matahari. Konsentrasi tiga lubang hitam supermasif seperti itu belum pernah ditemukan di alam semest

Bagian luar galaksi olahraga lengan spiral besar yang membentuk pseudoring yang mengelilingi galaksi. Sementara bagian dalam yang unik, Di bagian dalam galaksi ditemukan tidak stabil terlihat dalam bentuk warna seperti kabut. Bertentangan dengan bagian luar yang terlihat sudah membentuk lengan galaksi.




Galaksi NGC 6052 letaknya 230 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Hercules. Disana terlihat satu galaksi, tapi sebenarnya ada 2 galaksi. Mengapa terlihat satu, sangat mudah ditebak. Kedua galaksi sedang tabrakan. Diabadikan oleh teleskop Hubble dengan kerjasama antara ESA dan Nasa.

Ketika melihat 2 galaksi bertabrakan dan warna yang terlihat lebih indah. Mungkin kita mengira 2 galaksi yang berdekatan yang saling tarik menarik. Tetapi bukan 2 galaksi tersebut yang saling tarik menarik, satu galaksi terletak lebih jauh dan tidak terkena dampak pertempuran di antara 2 galaksi lain. Ini terjadi antara galalsi NGC 6771 NGC 6770 dan NGC 6769

El Gordo memiliki nama resmi SPT0615-JD. Disebut juga sebagai The Fat One, salah satu cluster atau gugus kumpulan galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Terbentuknya SPT0615-JD akibat 2 gugus galaksi yang dahulunya terpisah dan bergerak saling mendekat dan menjadi satu gugus galaksi baru.

Mengunakan data ESA dari teleskop Gaia, astronom Brasil menlihat ada 3 cluster bintang baru. Disebut UFMG 1, UFMG 2 dan FMG 3, berada di lengan galaksi Sagittarius sebagai salah satu lengan bintang yang ada. Pembentukan cluster bintang tersebut masih di telusuri, mungkin ada kelompok lain.

Ketika teleskop melihat di ruang angkasa dan mendapatkan gambar seperti ini. Apakah ada yang mengirim gambar sebuah wajah sedang tersenyum. Mungkin akan terasa aneh atau senang. Inilah yang didapatkan oleh Teleskop Hubble. Ketika teleskop Hubble mengamati sebuah galaksi SDSS J0952+3434



Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 terletak 425 juta tahun cahaya dari Bumi. Letaknya berada di konstelasi Leo. Peneliti memperkirakan kedua galaksi dalam proses pengabungan. Tapi kedua jantungnya atau 2 lubang hitam yang dahulu sebagai pusat galaksi belum bertemu. Keduanya masih terpisah dengan jarak hanya 11.000 tahun cahaya.

Nikon Astro D850 aslinya adalah dari bodi Nikon D850. Dirancang untuk foto astronomi, perbintangan dan galaksi. Memiliki internal pendingin dengan heatsink dan fan khusus. Bagian depan ditempatkan unit filter.  Membuat camera lebih besar dari ukuran bisa, karena sensor dipindah ke bagian depan

Umum bila galaksi akan membentuk seperti spiral atau elips. Dengan bentuk lain seperti gelembung di bagian tengah. Yang ini berantakan, seperti adanya sayap. Mengapa galaksi NGC 6240 tidak berbentuk lingkaran.

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Peneliti mengamati galaksi NGC 4696. Galaksi dapat merubah bentuknya sendiri dari formasi bintang, khususnya dibagian tengah galaksi. Sementara galaksi lain memiliki perubahan bentuk galaksi akibat interaksi seperti bersingunggan dan bertabrakan dengan galaksi lain

Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan

Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.



Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi

Peneliti dari pusat International Centre Radio Astronomy menemukan sebuah galaksi yang luar biasa. Dinamakan NGC 4569 terlihat bergerak begitu cepat sampai meninggalkan gas di belakang galaksi sendiri sejauh 300.000 tahun cahaya. Bahkan gas yang tertinggal memanjang seukuran 5x dari ukuran galaksi NGC 4569.

Di daerah konstelasi Eridanus yang letaknya 50 juta tahun cahaya. Terdapat sebuah galaksi spiral berukuran besar yang dinamakan galaksi NGC 1532. Galaksi tersebut terlihat sudah mengunci sebuah galaksi yang jauh lebih kecil

Galaksi kerdil umumnya terlihat samar, tapi ada di sekitar galaksi kita. Galaksi kerdil memang aneh, disana hanya terdapat 5000 an bintang, bila dibanding dengan galaksi kita mencapai 200 -400 trilyun bintang. Bahkan untuk skala ukuran, galaksi kerdil hanya terlihat 1 titik dibanding galaksi Bima Sakti.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.




No popular articles found.