2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil.

Galaksi dengan nomor NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, terlihat bentuknya berubah akibat gaya tarik dari galaksi lebih kecil.

NGC 1510 memiliki ukuran lebih kecil. Tapi dipengaruhi siginfikan dengan galaksi tetangganya yang lebih besar.

Membuat pergeseran di dalam galaksi yang lebih besar NGC 1512. Sampai membuat bagian tengah galaksi terlihat lebih kosong.

Ketika keduanya saling mendekat. Sebagian isi galaksi NGC 1510 telah tertarik masuk ke dalam galaksi NGC 1512 yang lebih besar. Dan membuat cincin baru di bagian luar galaksi NGC 1512.

Dampak lain akibat pertemuan 2 galaksi tersebut, galaksi NGC 1512 yang lebih besar terlihat bintang melahirkan bintang baru.

Pencitraan teleskop Hubble dapat melihat perbedaan pada galaksi di sisi kanan adalah galaksi NGC 1512. Terlihat muncul garis biru di inti galaksi.

Cincin biru tersebut yang berada di sekitar lubang hitam muncul akibat terpicu pertemuan 2 gravitasi dari 2 galaksi.

Gas dan debu di tengah galaksi bergeser sampai terkumpul dan membentuk sangat banyak bintang baru...

Sedangkan gas dan debu yang ada di tengah galaksi lebih besar mulai tergeser ke bagian luar.

Kontas dengan cahaya dibagian ring luar yang berwarna lebih kuning. Karena warna biru tersebut di identifikasi sebagai bintang muda yang energik lahir. Sedangkan cincin di bagian luar lebih di dominasi bintang tua dengan warna kuning.

Cincin biru di dalam galaksi NGC 1512 membentang dengan lebar 2400 tahun cahaya. Pembentukan tersebut terpicu oleh gravitasi yang menganggu dari galaksi tetangga yaitu galaksi NGC 1510.

Terlihat bagian cinci di galaksi NGC 1512 yang lebih besar cenderung elips dan tidak bulat utuh. Walau bentuk galaksi NGC 1512 awalnya adalah galaksi spiral yang memiliki lengan galaksi.

Peneliti memperkirakan pertarungan antara 2 galaksi  NGC 1510 dan NGC 1512 akan melewati 400 juta tahun ke depan. Sebelum kedua galaksi bergabung menjadi satu dan membentuk galaksi baru lebih besar. Dan inilah yang terjadi, sementara keduanya akan saling tarik menarik. Isi dari gas dan debu di galaksi NGC 1510 yang lebih kecil diserap akan diserap galaksi lebih besar..

Teleskop Hubble telah mengamati galaksi NGC 1512 sebelumnya. Melihat bagian cincin luar memiliki cahaya dengan garis biru.
Hebatnya lagi, NGC 1512 juga memperluas ke arah luar di bagian cincin. karena terganggu gravitasi galaksi kecil NGC 1510.

Mengapa galaksi NGC 1510 terlihat lebih kecil. Sebenarnya ukuran galaksi NGC 1510 dahulunya cukup besar. Tapi debu dan gas serta bintang di galaksi NGC 1510 sebagian sudah di serap oleh galaksi yang lebih besar.

Intinya, ketika 2 galaksi saling mendekat dan sebelum bertabrakan. Akibatnya keduanya saling mempengaruhi bahkan merubah posisi bintang dan isi dari masing masing galaksi.

Galaksi tabrakan NGC 1510 dan NGC 1512 yang kecil di telan oleh 
galaksi lebih besar

Pada akhir pengabungan nanti, galaksi NGC 1510 akan hilang ditelan.

Galaksi  NGC 1510 dan NGC 1512 berada di konstelasi Horologium. Foto terbaru dirilis 27 Juli 2017



+ SpaceTelescope