Sampah plastik sebanyak apa yang diproduksi manusia


Kategori : Green | Date : 20 October 2018
Sampah plastik akan menjadi masalah 30 tahun mendatang bila tidak ditangani dengan bijaksana
Mungkin kita tidak peduli dengan ukuran sampah. Membeli minuman ringan dengan botol plastik, kantung belanja dan barang lainnya.

Sejak 1950an sejak produksi plastik menjadi revolusi industri, jumlahnya baru 2 juta ton. Diperkirakan pada tahun 2015 jumlah sampah plastik akan mencapai 440 juta ton.

Melebihi bahan buatan manusia lain, diluar bahan semen dan baja.

Yang fantastik, jumlah sampah plastik 9,1 miliar ton datang dalam 13 tahun terakhir yang dikutip dari Science Advances.

Plastik sudah diproduksi 60 tahun lalu, tetapi masih ada sampai sekarang karena tidak dapat hancur oleh alam lebih cepat. Sampah plastik baru mengalami kehancuran ratusan tahun. Bahkan botol plastik baru hancur lebih daria 450 tahun.
Bandingkan dengan aluminium seperti botol minuman kaleng, akan hancur seluruhnya dalam waktu 80-200 tahun.
Kertas dapat hancur dalam waktu 2-6 minggu setelah masuk di pembuangan akhir.
Sedangkan plastik styrofoam tidak bisa hancur oleh alam paling lambat

Untuk memusnakan dapat di bakar, atau dibiarkan menumpuk ditempat pembuangan akhir. Tapi sisanya ada di lautan dan disana sampah plasti yang terapung mencapai miliaraan ton.

Ahli geologi Roland Geye dari UC Santa Barbara memberikan angka dibawah ini
  • 9,1 miliar ton plastik yang diproduksi.
  • 6,9 miliar ton sampah plastik akhirnya menjadi sampah
  • 5,4 milair ton sampah plastik berakhir di tempat pembuangan akhir.
  • 661 juta ton saja yang bisa di daur ulang.

Paling luar biasa pada barang plastik yang dibuat, 42% adalah plastik untuk kemasan atau pembungkus. Sisanya digunakan untuk industri.
Sampah plastik umumnya digunakan sebagai limbah setelah digunakan 4 kali atau kurang.



Seperti tabel dibawah ini, hampir separuh plastik digunakan untuk kemasan.

Pemakaian plastik pada manusia

Daur ulang plastik tidak akan membantu banyak. Hanya 9% yang dapat digunakan kembali. Sisanya 12% dari sampah dibakar, dan 79% ada ditempat penampungan akhir.

Mendaur ulang plastik hanya menunda plastik akhirnya dibuang ke tempat sampah. Dan hanya membakar untuk menghancurkan plastik.

Bagaimana sampah plastik di lautan
Sampah plastik yang mengambang di lautan akan terkena cahaya matahari. Plastik akan hancur menjadi ukuran milimeter dan mikrometer atau disebut mikroplastik. Bisa saja benda yang sudah pecah dan terurai menjadi ukuran lebih kecil dimakan oleh hewan lain. Pada akhirnya dapat menganggu rantai makanan di laut.

Disetiap cekungan samudra utama, sekarang memiliki kantong sampah. Dan disana plastik berputar putar. Pada tahun 2010 diperkirakan sampah plastik sudah mencapai 4-13 juta ton.

Sampah plastik yang tersisa ada di lautan


Tahun 2050, perkiraan jumlah sampah plastik
  • 28,7 miliar ton sampah resin pada tahun 2050.
  • 6,6 miliar ton sampah akrilik fiber
  • 9,9 miliar ton yang akan di daur ulang
  • 13,2 miliar ton masuk ke pengolahan limbah

Sampah yang tidak dapat didaur ulang, atau masuk ke pembuangan akhir di tahun 2050. Sampah akan tetap ada disana.

Pemakaian plastik pada manusia dalam infografik tahun 2050 akan tersisa di dalam tanah 34 miliar metrikt on

10 sungai penyumbang 95% sampah plastik di lautan.
Tim Schmidt meneliti 10 sungai terbesar di Bumi dan paling banyak membawa sampah plastik sampai ke lautan.
2 sungai di Afrika, Sungai Nil dan Niger.
8 sungai di Asia. Sungai Gangga , Indus, Kuning, Yangtze, Hai Dia, Pearl, Mekong dan Amur.
Ke 10 sungai inilah yang mengirim 88-95% sampah plastik ke lautan.
Terlihat tidak ada sungai di Indonesia yang membawa pencemaran sampah plastik ke laut.

Penulis makalah ini mengatakan mereka tidak anti dengan produk plastik. Namun angka diatas dapat membantu kebijaksanaan dalam pengelolaan sampah plastik di masa mendatang.

Sampah plastik berubah menjadi microplastik.
Sebuah studi menemukan limbah buatan manusia dapat menganggu rantai makanan.
Studi kecil dari peserta di Eropa, Rusia dan Jepang, tim tersebut menemukan partikel mikroplastik dari tinja manusia.
10 varitas dari 9 bahan plastik yang ditemukan paling umum  polypropylene dan polyethylene terephthalate dengan ukuran 50-500micrometer
Agak mengejutkan, bila potongan plastik sudah tersebar di sistem pencernaan manusia.

Ini baru penelitian awal, ketika pasien memiliki masalah dengan penyakit pencernaan kata Philipp Schwabl, peneliti Medical University of Vienna.

Tingkat mikroplastik lebih kecil dari 5 milimeter dapat ditemukan dari plastik yang mengelupas, atau hancur dari potongan plastik yang lebih besar.
Awal tahun 2018, ditemukan ikan di Hong Kong ikut menelan plastik dan berakhir pada manusia.
Penelitian lain, mikroplastik dari minuman ringan botol air juga umum ditemukan



Apakah plastik di dalam tubuh manusia dapat berbahaya. Para peneliti mengatakan mikroplastik yang beredar di tubuh manusia dapat membahayakan kesehatan, mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Sepertinya penelitian diatas harus dibuktikan lebih lanjut. Dan mencari dari mana asal sumber plastik hingga masuk ke pencernaan manusia.

Ada beberapa wilayah dimana plastik sangat penting digunakan. Bidang medis tidak dapat lepas dari plastik.

Tetapi sekarang kita sudah dapat memikirkan dan berhati hati mengunakan bahan plastik. Bila dapat digunakan kembali sebaiknya digunakan, setidaknya menunda kita untuk menghasilkan sampah plastik baru.

Negara maju sudah berupaya mengurangi pemakaian plastik.Amerika baru melakukan daur ulang sekitar 9% sampah plastik. Beberapa negara di Eropa bahkan China sudah berupaya lebih jauh, dengan menyeimbangkan tingkat daur ulang yang masing masing 30% dan 25%

Sementara negara lain belum banyak berbuat, dan membiarkan planet Bumi akan tertutup plastik.

Membangun pembangkit dari cahaya matahari tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk skala industri dirancang sebuah sistem untuk mengoptimalkan produksi listrik. Bila di rumah dipasang panel surya pada bagian atap dan panel berada di posisi tetap. Industri tidak demikian. Bagaimana industri merancang panel surya agar menghasilkan listrik paling optimal.

Ketika sampah menjadi berharga. Sebuah perusahan Korea mendaur ulang sampah elektronik. Dari baterai dapat di ekstrak menjadi bahan lithium dan kobal. Digunakan kembali menjadi baterai baru untuk industri Korea.

Nissan mendaur ulang baterai bekas mobil Leaf. Ketika kapasitas baterai drop sampai 75%, baterai bekas dapat dimanfaatkan untuk menyimpan listrik dirumah. Dijual lebih murah untuk penyimpan energi dari panel surya dan turbin angin.



Sabun untuk pembersih muka yang diberikan butiran halus untuk mengangkat kotoran. Butiran tersebut dinamai Microbead ini menjadi masalah bagi lingkungan. Sekarang ditentang oleh dokter gigi dari odol berbahan microbead. Bahan yang tidak perlu malah digunakan produsen.

Bila mampir di stasiun biskota di kota Shenzhen. Mungkin tidak banyak suara bis yang terdengar. Karena pemerintah kota menganti separuh bis dengan power listrik. Biayanya tidak tanggung, mencapai trilyunan rupiah hanya untuk menghilangkan asap kota.

Perusahaan desainer CRA menawarkan disain pabrik saus Mutti Italia untuk membangun pabrik dengan botol saus. Nantinya bangunan mendapatkan cahaya dari luar yang melewati kaca botol saus

Tidur terlalu singkat setiap hari memang berbahaya, tetapi mengapa tidur terlalu lama juga berbahaya. Lama waktu tidur yang tepat orang dewasa antara 7-8 jam. Tidur cukup memberikan dampak bagi tubuh sangat positif.



Kota Los Angeles sekarang melapisi jalan dengan cat abu abu atau disebut CoolSeal. Menjaga trotoar dan jalan lebih dingin. Perubahaan iklim menjadi fakta kehidupan di kota seluruh dunia. Menjadi ancaman serius bagi kesehatan, lingkungan dan ekonomi masyarakat.

Bagaimana memanfaatkan baju bekas. Mungkin sudah sedikit sobek atau terkena kotoran tinta. Dan tidak layak di pakai lagi. Satu tip daur ulang baju bekas dapat di jadikan sarung bantal. Mengunakan baju bekas orang dewasa menjadi baju baru anak anak.

Sebuah perusahaan asal Kanada mendaur ulang kontainer bekas ukuran 6 meter dan 12 meter untuk kolam renang pribadi di rumah. Tidak perlu membuat tempat untuk kolam renang, tidak perlu mengali. Cukup dipasang di belakang rumah.

Seorang disainr Lucirmas mebuat lampu LaFlor dari botol bekas. Botol yang dipakai terlihat dari bahan kaca atau kelas. Seperti botol bekas minuman anggur atau botol eksotik. Botol dipotong pada bagian bawah, lalu dipasang tutup lampu untuk memantulkan cahaya.

Membuat dudukan smartphone dari barang bekas. Seperti box bekas pelindung, kotak bekas harddisk dapat dibuat untuk dudukan smartphone di rumah atau tempat kerja. Hanya mengunakan gunting untuk membuat lubang dudukan sandaran smartphone sendiri. Dan bisa dikerjakan dalam beberapa menit.

Perusahaan EcoDomus merubah masalah lingkungan dari sampah plastik menjadi solusi rumah.  Plastik menjadi bahan ajaib di abad ke 20. Sekarang sampah plastik dapat dijadikan bahan bangunan. EcoDomus mengambl sampah setiap hari sektiar 5,5 ton, dan di daur ulang menjadii tembok rumah dengan 120 papan perhari.



Daur ulang tutup plastik es krim Haagen Dasz dapat dimanfaatkan untuk tutup lensa. Katanya pas untuk tutup lensa ukuran 72mm. Cerita ini menyebar di twitter, setelah satu orang mengatakan tutup es krim tersebut pas. Satu lagi fotografer di Jepang langsung membeli. Dan benar, katanya pas untuk tutup lensa Nikon, Canon, dan Sony.

Sering mengunakan minuman kaleng, jangan dibuang begitu saja. Kaleng minuman dapat dimanfaatkan untuk peralatan.Satu situs video yang memberi pelajaran beberapa manfaat bila mendaur ulang kaleng minuman dari bahan aluminium.

Suhu panas melanda India, mencapai 50 derajat Celcius. Seperti apa kondisi suhu panas di India, sampai menelan korban meninggal 1800 orang. Kondisi suhu panas pada minggu terakhir bulan Mei 2015 menjadi cuaca terburuk yang pernah tercatat. Mengapa suhu panas menjadi fatal


No popular articles found.