Pasar smartphone penjualan terbesar untuk pasar global


Kategori : Shortstory | Date : 24 August 2018
Indonesia sebagai pertumbuhan smartphone target nomor 6, pasar smartphone China di dominasi merek Hu

Agustus 2018
Merek Huawei menjual smartphone lebih banyak dari Apple.

Catatan dari kuartal 2 tahun 2018
Samsung 72,3 juta unit
Huawei 49,8 juta unit
Apple 44,7 juta unit
Xiaomi 32,8 juta unit
Oppo 28,5 juta unit

Penjualan smartphone tersebut adalah penjualan unit dari merek produsen.
Jumlah lain 146 juta unit diluar 5 nama diatas. Dan total 374 juta unit smartphone kebutuhan smartphone di pasar global


Juli 2018
Perusahaan raksasa Huawei mengejar posisi Samsung dan Phone. Dan tahun ini berhasil dicapai, dengan penjualan 100.000.000 smartphone untuk pasar global pada tahun 2018
Richard Yu dalam peluncuruan Huawei Nova 3. Dia mengatakan pada 18 Juli 2018, Huawei telah menjual 100 juta smartphone.

Angka tersebut bukan stok atau peraengkat yang sedang dikirim. Tapi yang sudah di tangan penguna.



Angka 100 juta smartphone pernah dicapai pada 22 Desember 2015.
Dan semakin cepat tercapai pada 14 Oktober 2018. Disusul 12 September 2017.

Terhitung tanggal 18 7 2018, diartikan baru setengah tahun lewat 18 hari Huawei sudah mencapai penjualan dengan angka 100 juta smartphone.

Bahkan target yang akan dicapai pada akhir tahun ini. Huawei berharap berhasil menjual 200 juta smartphone paling lambat tanggal 31 Desember 2018.

Pasar smartphoneHuawei 100 juta smartphone dalam 7 bulan Juli 
2018


Oktober 2017
Mungkin kita jarang mengenal nama Huawei, dan Vivo. Sementara nama Oppo sudah biasa kita kenal lebih setelah merek smartphone ternama lain.
Tetapi di China berbeda. Huawei adalah raksasa produsen elektronik termasuk smartphone.

Ada 3 produsen paling tinggi penjualannya, Vivo, Oppo dan Huawei. Huawei menguasai penjualan 19% di kuartal 3 2017, disusul Oppo 18% dan Vivo 17%.
Huawei menjual 22 juta unit, penjualan Oppi sedikit menurun 22 juta , tetapi nama Vivo tidak kalah dengan penjualan 21 juta unit smartphone.
Xiaomi kita kenal dengan model Mi bukan di posisi 3 besar, hanya 4 dan 5 termasuk iPhone.

Penjualan smartphone di dalam negeri China ccukup menurun. Posisi mungkin berubah, menjelang hari belanja online 11.11. Sementara iPhone X mungkin tidak akan membantu iPhone yang sempat memegang posisi 3 besar beberapa tahun lalu.

Juli 2017
Pertumbuhan pasar smartphone di Indonesia menunjukan data di kuartal pertama tahun 2017, pengiriman ponsel ke Indonesia mencapai 7,3 juta unit.

Indonesia memiliki 263 juta penduduk, masuk daftar sebagai negara ke 6 penguna smartphone.

Pertumbuhan tertinggi adalah India mencapai 14,8% mengalahkan pertumbuhan pasar global yang tumbuh 4,3%.

Pasar smartphone Indonesia sangat dekat dengan pabrikan China. Sekitar 31% pangsa pasar adalah merek China, naik 21% dibanding data 2 tahun lalu.

Produsen global masih tertinggi adalah Samsung untuk pasar Indonesia dan memegang 47% dari penjualan smartphone. Posisi Samsung sedikit turun sekitar 3% dibanding data 1 tahun lalu yang berhasil meraih pasar sampai separuh penjuala smartphone di Indonesia.

Dibelakang Samsung adalah Oppo dan Asus. Disusul Advan dan Lenovo Motorola yang keduanya adalah merek pabrikan china.

Pemasaran smartphone Indonesia harus berani bersaing di pasar lokal dengan sumbar daya mereka yang terbatas. Sementara Samsung merubah strategi agar tetap di posisi pertama.

Seluruh negara di Asia Tenggara, dominasi smartphone dari pabrikan China sangat kuat. Khususnya 2 merek Oppo dan Vivo yang sukses negara asalnya. Bila keduanya digabung maka kedua merek berada di 5 besar perangkat penjual smartphone terbanyak.

Uniknya nama Blackberry masih populer di Indonesia. Karena pengunaan BBM masih mendominasi penguna Indonesia.


Pasar smartphone

Blackberry Prive sudah keluar spesifikasi dan harga turun menjadi $650, smartphone mereka akan berbasis Android dengan keyboard fisik. Blackberry Priv tidak lagi mendapatkan update setelah 2 tahun diluncurkan

China berkesan murah, kualitas rendah, OS selalu tertinggal, perangkat untuk kelas pemula. Sekarang dapat dilihat banyak merek China tetap murah, tapi tidak terlalu murah seperti dahulu. Tahun 2017, Nokia dan Lenovo akan kembali mengunakan OS Android Asli.

Ramainya produk AMD Ryzen memancing orang iseng menjual produk palsu AMD Ryzen. Ini bukan penipuan baru, pernah terjadi dengan Core i7 yang dipalsu. serta AMD seri A8 7600 juga dipalsukan.



Beberapa layanan internet dan pengembangan produk di tahun 2016 cukup banyak yang gagal. Bukan produk baru, tapi produk ternama juga gagal dipasaran. Dari nama Nexus, Vine, Blackberry, Firefox OS akhirnya ditinggalkan atau ditutup.

Perusahaan telekom China Unicom dan pemasok handset Xiaolijiao menawarkan smartphone sangat murah dengan teknologi 4G. Membuat pasar smartphone semakin panas antar perusahaan pembuat smartphone.


No popular articles found.