Science | 17 September 2018

Fosil Stegomastodon 1,2 juta dan fosil tertua amoeba Dickinsonia 558 juta tahun


Hewan Stegomastodon kerabat gajah di jaman purba ditemukan di New Mexico

2018 Amoeba Dickinsonia
21 September 2018, peneliti mempublikasi temuan mereka. Sebuah fosil hewan tertua berusia 558 juta tahun.

Fosil masih memiliki bentuk dan terjaga, disebut Dickinsonia. Ditemukan di laut putih barat laut Rusia.

Mahluk berbentuk oval terlihat memiliki tulang rusuk, dan panjangnya mencapai 1,4 meter. Disebut sebagai sekelompok  organisme biota Ediacaran yang hidup antara 635 -540 juta tahun lalu.
Peneliti mengatakan mahluk yang hidup di bumi ternyata 20 juta tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Sebagai amueba purba Dickinsonia adalah amoeba bersel tunggal raksasa, dan menjadi fosil hewan tertua yang pernah diketahui.

Fosil tertua Dickinsonia berusia 558 juta tahun lalu




2017
Seorang anak berusia 9 tahun membuat kagum teman sebayanya bahkan para ilmuwan.

Jude Sparks menemukan fosil yang terkubur ditanah, dikira dia menemukan tulang sapi. Ternyata fosil berusia juta tahun.



Jude Sparks sedang berjalan-jalan bersama keluarga di Las Cruces New Mexico. Dan si anak Jude tersandung sesuatu yang menunjol di tanah. Setelah pemeriksaan lebih lanjut dia memberitahu saudaranya.

Jangan jangan itu tulang sapi yang besar. Lalu dibawa ke orang tua mereka, tapi masih disebut sebagai bekas tengkorak gajah.

Sampai peneliti mengetahui bahwa itu adalah fosil yang berusia juta tahun lalu.

Pihak keluarga menghubungi Peter Houde, profesor biologi universitas New Mexico. Dan dijelaskan bahwa tulang tersebut adalah fosil Stegomastodon yang diperkirakan sudah berusia 1,2 juta tahun.

Masih kerabat gajah dan mirip dengan "Mastodon" gajah purba. Peter mengatakan kepada media NYT, ini benar benar tidak bisa fosil. ditemukan para remaja yang menemukan.



Fosil Stegomastodon adalah temuan langka. Bahkan hanya beberapa ratus saja ditemukan di seluruh dunia kata Spencer dari kurator paleontologi museum sejarah dan ilmu pengetahuan New Mexico.

Setelah melakukan pembicaran dengan pihak keluarga yang menemukan. Houlde langsung menyiapkan tim, sukarelawan dan mencari dana untuk memulai pengalian. Dan selesai dalam 1 minggu, semua fosil dibawah pihak universitas. Para ilmuwan berterima-kasih ke keluarga Jude yang telah menemukan fosil jutaan tahun tersebut. Biasanya fosil yang ditemukan masyarakat umum malah dihancurkan karena tidak mengetahui adanya fosil purba. Setelah fosil dirangkai kembali, nantinya akan ditampilkan oleh pihak universitas.

Penemuan fosil sejenis pernah ditemukan di tahun 2014 dalam acara pesta kebun. Bahkan fosil yang ditemukan nyaris utuh dan telah menjadi koleksi museum Nex Mexico Natural History

Stegomastodon diperkirakan memiliki ukuran sedikit lebih besar dari gajah Afrika. Tetapi memiliki panjang gading lebih panjang.
Stegomastodon menyimpang lebih jauh dari 2 spesies lain seperti Cuvieronius yang berada di daerah lebih dingin.
Cuvieronius punah lebih dahulu, disusul Stegomastodon.



Fosil Stegomastodon ditemukan anak 9 tahun ternyata berusia 1,2 
juta tahun lalu

Stegomastodon umumnya tinggal di wilayah Amerika Utara, namun dengan alasan yang tidak diketahui fosil binatang purba tersebut jarang ditemukan.

Salah satu teori yang menyebut Stegomastodon akhirnya punah dengan datangnya Mammoth si gajah raksasa. Hewan ini mungkin kalah dengan hadirnya Mammoth. Dan keduanya mencari makin ditempat yang sama. Perubahan iklim di jaman purba juga memungkinkan hewan ini akhirnya punah. Mreka terbiasa di tempat dingin, dan menghilang setelah tempat tinggalnya berubah menjadi padang pasir.
Mengapa fosil akhirnya bisa naik ke atas permukaan, mungkin dsebabkan hujan yang mengikis sendimen.


Artikel Lain

Manusia modern bertahan sampai saat ini, menjadi mahluk penguasa bumi. Apakah nenek moyang kita adalah satu satunya homo sapien yang ada dan berasal sama. Berdasarkan penemuan benda purbakala, Homo Florensiensis terpisah dari Homo Erectus. Manusia modern lebih cepat 100.000 tahun sudah hadir lebih cepat

Situs kaisar pertama Qin Shi dengan patung terakota, baru sepertiga yang di buka. Tetapi bagian makam utama tidak pernah dibuka. Beberapa alasan para arkeologi tidak berani membuka, ada catatan sejarah bila di makam tersebut sangat berbahaya. Layaknya cerita sebuah film fiksi.



Para arkeologi menemukan lukisan tertua dari jaman purba di sebuah gua di Sulawesi, tahun 2018 ditemukan lagi di Kalimantan. Uniknya seperti gambar banteng. Di Sulawesi terdapat gambar tangan dan 2 gambar hewan di gua Maros Sulawesi berusia 39.900 tahun lalu. Pulau Kisar lukisan berusia 3500 tahun. Rekor lukisan manusia purba tertua yang ditemukan ada di Afrika.

Asteroid 2015 BZ509 dipastikan bukan berasal dari tata surya. Datang dari antar bintang lain, dan menetap di tata surya. Peneliti melakukan simulasi sampai ke jaman primordial atau sampai ke pembentukan tata surya dan planet. Karena orbitnya nsik turun di sekitar planet tata surya

Perjalanan antariksa memang berbahaya. Dari awal berangkat dan pulang, semuanya memiliki resiko tinggi. Tapi satu penelitian baru ini cukup menarik kita menelaah resiko berada di ruang angkasa. Hasilnya DNA manusia memang berubah, walau sebagian masih kembali seperti semula.

Gambar mahluk purbakala umumnya hanya kerangka, dan ilmuwan memberikan gambar seperti apa bentuk aslinya. Tapi fosil di Myanmar ini adalah fosil burung yang utuh, bahkan masih lengkap dengan kaki dan bulu dari burung di jaman 100 juta tahun lalu.

Dreadnoughtus adalah penemuan baru dari dinosaurus berukuran besar. masuk kategori Titanosaurian karena bobotnya diperkirakan mencapai 60 ton. Fosil dinosaurus berusia 110 juta tahun juga diumumkan ditemukan di Alberta



Foto pertama dari beberapa harta karun penemuan hutan tua di China. Mungkin sangat tua, karena berumur 298 juta tahun lalu. Ditemukan di bawah tambang batubara di Wuda Mongolia Cina.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.