Bintang Ross 128 mengeluarkan sinyal dan tertangkap teleskop di bumi


Kategori : Science | Date : 17 July 2017
Peneliti belum dapat memastikan karena sinyal dari ruang angkasa ini baru diterima sekali
Bintang  Ross 128 letaknya tidak jauh, hanya 11 tahun cahaya dari Bumi.

Tim Planetary Habitability Lab menerima sinyal dari arah bintang Ross 128, dan tertangkap oleh teleskop radio terbesar di dunia Observatorium Arecibo di Poerto Rico.

Bintang  Ross 128 adalah bintang katai merah. Ukurannya jauh lebih kecil dari matahari. Memiliki cahaya 2.800x lebih redup dibanding matahari.

Ruang observasi Arecibo sendiri pernah dijadikan tempat tentang film sain Contact. Dimana disana diceritakan mendapatkan sinyal dari alien untuk membangun peralatan ruang waktu.

Lepas dari cerita film Contact. Abel Mendez ahli astrobiologi universitas Poerto Rico di Arecibo mengatakan, dia dan rekan rekannya menyadari ada sinyal aneh selama 10 menit.

Bentuk sinyal dalam spektrum dinamis dan mengarah ke bintang  Ross 128. Pengamatan diterima pada tanggal 12 Mei jam 8:53 malam AST / 13 Mei waktu 53 menit UTC.

Sinyal yang diterima terdiri dari pulsa kuasi periodik dan tidak terpolarisasi. Peneliti disana mempercayai bahwa sinyal tersebut bukan dari gangguan frekuensi radio lokal. Karena polanya sangat unik. Dan peneliti membandingkan antara sinyal antara sebelum dan sesudah diterima, tapi tidak menunjukan hal yang sama.

Masalah antena radio raksasa di Arecibo mampu menerima sinyal radio dengan sudut lebar. Kemungkinan bisa saja ada objek lain yang saling berhadapan dan mengarah di tempat yang sama dari bintang  Ross 128 kata Mendez.

Kejadian sinyal yang diterima oleh tim Mendez , ketika mereka melakukan percobaan ilmiah di ruang observasi Arecibo untuk mengamati bintang kerdil dan planet.
Bintang yang diamati adalah Gliese 436, Ross 128, Wolf 359, HD 95735, BD +202465, V* RY Sex, dan K2-18.
Hanya bintang Gliese 436 dan K2-18 yang sudah diketahui memiliki planet
Pengamatan dilakukan untuk menditeksi sinyal 4 - 5Ghz C-band selama periode April - Mei 2017.



Kesimpulan tim Mendez dengan sinyal tersebut.
  • Adanya emisi dari bintang Ross 128, tapi mirip seperti flare / kilatan matahari tipe II.
  • Emisi dari objek lain dengan sudut yang mengarah ke bintang Ross 128.
  • Adanya sinyal satelit orbit rendah dan sinyal tertangkap teleskop radio.

Bintang Ross 128 mengeluarkan sinyal dan tertangkap teleskop di 
bumi

Penjelasan diatas mungkin perlu dijelaskan lebih lanjut. Seperti kilatan bintang lebih umum mengeluarkan frekuensi rendah. Hal menarik lain, di sekitar bintang Ross 128 tidak banyak benda di sekitarnya (sudut pandang dari teleskop). Kesimpulan ke 3, sejauh ini frekuensi satelit tidak memancarkan sinyal seperti itu.
Apakah ada alien disana, terlau dini untuk menyimpulkan jawaban di nomor 2. Tim Mendez akan terus memantai bintang Ross 128. Dan berharap dapat menemukan sinyal yang sama untuk diteliti lebih lanjut.

Sejauh ini hanya satu sinyal yang diterima dari ruang angkasa yang diketahui. Yaitu sinyal WoW yang sudah dijabarkan seperti mengirim pesan dengan karakter. Tapi berakhir dibantah kembali pada awal Januar 2017 kemungkinan sinyal berasal dari FBR

Bintang CS Cha adalah bintang berusia muda tidak hanya satu tapi bintang biner. Disana sedang membentuk tata surya baru. Peneliti melihat ada sebuah planet muncul, dan ukurannya sangat besar disebut Super Jupiter. Atau bisa saja benda tersebut adalah bintang ke 3.

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.

Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar



Plasma adalah materi ke 4, setelah gas, padat dan cair. Plasma disebut sebagai gas terionisasi. Di bumi, materi plasma dapat dibuat tapi tidak bertahan lama. Seperti pemanas fusi nuklir, di alam semeta materi plasma hal biasa seperti bintang atau mataharai kita

Frank Drake seorang pencipta formula persamaan Eponymouse untuk memprediksi probabilitas kemungkinan menemukan kehidupan d luar bumi dengan komunikasi. Pesan dari tranmisi yang ditangkap dari ruang angkasa adalah ide konyol, mahal. Manusia hanya mentolerir kecepatan 10% kecepatan cahaya.

Di bintang Kepler 223 ditemukan beberapa planet, menjadikan bintang ini sebagai tata surya langka. Karena posisi planet disana saling menganggu sampai akhirnya bisa saling menyeimbangkan orbitnya Tapi pergerakan planet berhenti setelah keseimbangan baru dicapai oleh orbit 4 planet.

Video posisi Lubang Hitam di galaksi Bima Sakti. Teleksop Hubble membuat foto terbaru dari inti galaksi Bima Sakti. Mengungkap disana terdapat sekelompok bintang setidaknya mencapai setengah juta bintang. Dimana inti galaksi terdapat Black Hole raksasa yang tidak terlihat. Ini hanya bagian depan saja.



Badai matahari tahun 2012 nyaris membuat umat manusia ke jaman batu. Tepatnya 23 Juli 2012 atau dua tahun lalu, matahari menyemburkan badai gas plasma sangat besar. Menurut Nasa, kejadian gas plama tersebut mengarah  ke bumi dengan selisih waktu 1 minggu


No popular articles found.