Galaksi SuperCluster Saraswati oleh astronom India


Kategori : Science | Date : 14 July 2017
Melihat satu titik adalah kumpulan galakasi, dan semua titik menjadi pola yang disebut Supercluster
Tempat dimana terlihat seperti titik cahaya ini  bukan kunang kunang, bahkan bukan bintang. Tapi galaksi yang berkelompok yang disebut Super Cluter. Diperkirakan ditempat ini terdapat 10 juta x miliar matahari.

Supercluster Saraswati dinamakan oleh tim astronom India. Galaksi yang berkelompok tersebut memiliki usia sekitar 10 miliar tahun.

Membentang dengan lebar 600 juta tahun cahaya.

Diperkirakan sangat banyak Supercluster yang ada di alam semesta ini.

Kembali ke nama Supercluster Saraswati, menjadi temuan 2 institusi Inter University Astronomy dan Astrophysic India di Pune.

Satu Cluster galaksi diperkirakan memiliki 1000-10000 galaksi, sedangkan satu supercluster terdiri dari 40-43 cluster.

Letak Saraswati berada di rasi bintang Pisces.

Supercluster adalah struktur terbesar di alam semesta, dan membentuk jaring kosmik atau Cosmic Web kata peneliti dari IUCAA. Hubungan antara garis galaksi  dan cluster lalu membentuk bidang supercluster. Kadang memanjang sampai ratusan kali dari ukuran Cluster galaksi.

Penemuan supercluster Saraswati dari IUCCA Somak Raychaudhury, ketika dia sedang mengambil penelitian untuk gelar PhD di universitas Cambridge.

Sejauh ini hanya 4 dari 5 supercluster yang diketahui kata Shishir Sankhyayan salah satu member tim. Dan kami menemukan satu lain yang cukup langka.



Galaksi Bima Sakti misalnya berada di lengan Laniakea Supercluster. Ketika diteliti oleh Brent Tully dari universitas Hawai tahun 2014.

Galaksi SuperCluster Saraswati oleh astronom India

Untuk memudahkan dapat melihat tahap dari pembagian Galaksi Cluster sampai Supercluster

Yang dapat diamati lain adalah planet Mars pada 30-31 Juli. Tahun ini planet Mars akan terlihat paling terang. Karena posisinya mencapai jarak terdekat ke Bumi. Setelah tanggal 1 Agustus 2018, perlahan Mars mulai menjauh dengan planet Bumi. Mars tidak akan lebih dekat lagi sampa tahun 2287.

Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 terletak 425 juta tahun cahaya dari Bumi. Letaknya berada di konstelasi Leo. Peneliti memperkirakan kedua galaksi dalam proses pengabungan. Tapi kedua jantungnya atau 2 lubang hitam yang dahulu sebagai pusat galaksi belum bertemu. Keduanya masih terpisah dengan jarak hanya 11.000 tahun cahaya.

Di abad ke 17 Charles Messier astronom menemukan banyak benda di ruang angkasa. 93 nama masuk daftar di katalog Messier. Hubble membuat daftar benda ruang angkasa. Dari kelompok bintang, galaksi dan tentu saja yang baru ditemukan. Tentu dengan detil gambar dari teknologi di abad ke 20.



Sebuah galaksi generasi awal atau galaksi di awal alam semesta terbentuk tertangkap oleh teleskop Hubble. cahaya dari galaksi SPT0615-JD yang tertangkap oleh ke dua teleskop telah melakukan perjalanan sejauh 13,3 miliar tahun untuk sampai ke Bumi.

Sebuah bintang terlihat sedang membentuk akresi disk, dimana bentuk seperti ini nantinya menjadi sebuah tata surya lengkap dengan planet dan mataharinya yang baru.

Teleskop Gaia milik ESA mengabadikan beberapa gerakan bintang. Tapi 5 juta tahun kedepan, beberapa bintang yang ada bergerak. Bintang Gliese 710 diperkirakan akan menganggu tata surya kita, dengan mengeser awan Oort dan bumi terancam tertabrak komet

Peneliti akhirnya mengungkap sebuah sumber aneh di galaksi tetangga Andromeda. Walau jarak galaksi tersebut jauhnya lebih dari 2 juta tahun cahaya dari Bumi. Tertangkap sebuah bintang neutron ada di dekat lubang hitam.



Nebula Butterly atau nebula kupu-kupu, adalah benda di ruang angkasa yang berbentuk seperti sayap kupu kupu. Bentuknya sangat sempurna, dan cahaya tersebut berasal dari sebuah bintang yang mati. Membentuk seperti sayap, yang sebenarnya adalah gas yang dilontarkan akibat bintang ketika menjelang kematian dan meledak

Gambar baru spektakuler dari Bima Sakti telah selesai dibuat oleh APEX Telescope Large Area Survey of the Galaxy (ATLASGAL). Apex adalah teleskop yang berada di Chile untuk memetakan seluruh galaksi, khususnya wilayah yang tidak terlihat dibagian selatan Bumi.

Mengunakan data teleskop Wise dapat diperkirakan mengapa 2 lengan lebih banyak terbentuk bintang. Sedangkan Bumi berada disisi lengan galaksi lebih kecil Sagittarius Arm. Mengapa 2 lengan di galaksi kita lebih banyak terbentuk bintang.


No popular articles found.