Tempat dimana terlihat seperti titik cahaya ini  bukan kunang kunang, bahkan bukan bintang. Tapi galaksi yang berkelompok yang disebut Super Cluter. Diperkirakan ditempat ini terdapat 10 juta x miliar matahari.

Supercluster Saraswati dinamakan oleh tim astronom India. Galaksi yang berkelompok tersebut memiliki usia sekitar 10 miliar tahun.

Membentang dengan lebar 600 juta tahun cahaya.

Diperkirakan sangat banyak Supercluster yang ada di alam semesta ini.

Kembali ke nama Supercluster Saraswati, menjadi temuan 2 institusi Inter University Astronomy dan Astrophysic India di Pune.

Satu Cluster galaksi diperkirakan memiliki 1000-10000 galaksi, sedangkan satu supercluster terdiri dari 40-43 cluster.

Letak Saraswati berada di rasi bintang Pisces.

Supercluster adalah struktur terbesar di alam semesta, dan membentuk jaring kosmik atau Cosmic Web kata peneliti dari IUCAA. Hubungan antara garis galaksi  dan cluster lalu membentuk bidang supercluster. Kadang memanjang sampai ratusan kali dari ukuran Cluster galaksi.

Penemuan supercluster Saraswati dari IUCCA Somak Raychaudhury, ketika dia sedang mengambil penelitian untuk gelar PhD di universitas Cambridge.

Sejauh ini hanya 4 dari 5 supercluster yang diketahui kata Shishir Sankhyayan salah satu member tim. Dan kami menemukan satu lain yang cukup langka.

Galaksi Bima Sakti misalnya berada di lengan Laniakea Supercluster. Ketika diteliti oleh Brent Tully dari universitas Hawai tahun 2014.

Galaksi SuperCluster Saraswati oleh astronom India

Untuk memudahkan dapat melihat tahap dari pembagian Galaksi Cluster sampai Supercluster