Matahari dengan lubang AR2665 terlihat berdampak ke bumi


Shortstory | 14 July 2017

Lubang di matahari bulan Juli 2017 terlihat lebih besar dari ukuran Bumi

Matahari terlihat memiliki lubang, dan luasnya mencapai lebih dari 120 ribu km. Bahkan ukuran bumi masih lebih kecil dibanding munculnya lubang tersebut. Terlihat lubang bergerak dan semakin membesar.

Lubang yang muncul di permukaan matahari sebenarnya terus membesar.

Bahkan bila memiliki teleskop dengan filter. Lubang tersebut dapat dilihat dari Bumi

Tetapi jangan mencoba melihat dengan teropong langsung, anda harus memblok cahaya matahari yang masuk ke dalam teleskop dengan filter yang sangat kuat.

Karena melihat langsung dengan teleskop ke arah matahari, dapat membakar bola mata anda.

Lubang yang disebut AR2665 diperkirakan mampu menghasilkan suar matahari. Mungkin dapat menganggu sinyal satelit atau gelombang radio.

Bagaimana dengan manusia, tidak masalah karena bahaya angin matahari masih berada di ruang angkasa. Sedangkan Bumi memiliki perlindungan magnetik sebagai perisai

Skenario terburuk, dampak lubang matahari dapat menganggu komunikasi satelit akibat badai matahari yang kuat dari lubang tersebut.

Sebagian bisa saja menganggu aliran listrik di daerah kutub bumi, sampai listrik mati.

Pemantauan dari satelit SDO Nasa merekam terbentuknya lubang besar. Ada binting hitam matahari pertama kali muncul setelah permukaan matahari terlihat sangat bersih selama 2 hari sebelumnya.



Matahari dengan lubang AR2666 terlihat berdampak ke bumi

Dan spot yang tampak dibawah ini adalah satu satunya slot hitamg yang bisa dilihat (Juli 2017)


Berita terkait
Jembatan yang menghubungkan 2 kota Macau dan Hong Kong sampai daratan China selesai di bangun. Nilainya mencapai 20 miliar dollar atau setara 300 triliun Rupiah. Pembangunan selesai 9 tahun, mencapai jarak 55 km awal rencana dibuka pada tahun 2016. Tapi tertunda sampai akhirnya bulan Oktober 2018 diresmikan. Jembatan mampu menahan gempa 8 skala Richter, topan badai, sampai tertabrak kapal cargo.

Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah. Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.



Siapa yang bertugas menghitung perjalan pesawat ruang angkasa. Namanya Finley salah satu manusia computer di JPL Nasa. Dia masih bekerja , dan beberapa proyek besar dihitung oleh Finley.

Bintang HH 212 adalah bintang yang baru lahir. Bila gas disekeliling bintang baru ini berhasil menjadi satu bulatan. Nantinya akan membentuk proto-bintang bar, dan di masa mendatang akan muncul planet.

Bintang Luminous blue variables (LBV) jarang ada di galaksi kita, tapi yang ini tampak. Bahkan teleskop tidak dapat melihat ukuran bintang ini, karena cahayanya begitu terang. Salah satu bintang adalah AG AG Carinae, nasibnya tidak lama lagi dan bintang ini akan mati

Sinar gama adalah senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.

Lightsail adalah satelit ruang angkasa dengan bentuk payung besar. Sempat tidak aktif sampai pada 7 Juni 2015 akhirnya payung terbuka. Menariknya satelit ini didanai oleh masyarakat



How Big Is The Universe sebuah video tentang pelajaran seberapa besar alam semesta ini. Kirim SMS ke Andromeda baru sampai 2.5 juta tahun nanti. Diberikan gambaran bahwa tata surya kita adalah sebuah kamar kecil, galaksi Bima Sakti seukuran kota London. Berapa luas alam semesta sebenarnya




No popular articles found.
< /body>