Galaksi NGC 1512 si cincin nuklir dengan 2 ring di bagian dalam dan luar


Kategori : Science | Date : 12 July 2017
Galaksi dengan cincin bintang dan debu yang tertarik ke bagian dalam galaksi
Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah.

Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.
Cincin kedua ada dibagian dalam yang mengelilingi inti galaksi, tetapi jauh di bagian luar.

Galaksi NGC 1512 terletak di konstelasi Horologium memiliki ukuran 70 ribu tahun cahaya. Sedikit lebih kecil dari galaksi kita Bima Sakti dengan lebar 100 ribu tahun cahaya.

JPL Nasa mengatakan foto yang diambil mengunakan camera Wide Field and Planetary Cmaera 2 / WFPC-2. Dan digabung dari hasil foto infrared di teleskop Hubble.

Di sekeliling galaksi diperkirakan adanya cluster bintang muda dengan lebar 2400 tahun cahaya.

Tidak itu saja, di bagian luar galaksi juga tampak debu dan gas super besar. Dan terlihat debu terus berputar ke arah tengah, yang mungkin disanalah letak lubang hitam dari pusat galaksi.

Warna biru adalah cahaya bintang yang panas. Warna merah adalah pembentukan debu hidrogen.

Gambar pertama adalah foto panorama galaksi NGC 1512.
Foto galaksi NGC 1512 diabadikan pada 18 Juli 1993 dan dipublikasi pada 31 Mei 2001. Pengambilan gambar membutuhkan waktu ekposure selama 9700 detik mengunakan 4 filter untuk memisahkan warna biru, hijau, kuning dan merah.

Galaksi NGC 1512 si cincin nuklir dengan 2 ring di bagian dalam dan luar



Pembentukan galaksi NGC 1512 sebenanya tidak sendiri
Bagian yang mengelilingi inti galaksi dalam bentuk lingakaran di bagian tengah mungkin dipicu akibat benturan dengan galaksi tetangga NGC 1510. Sisa debu dan gas dibagian luar dipicu oleh tabrakan kedua galaksi yang terjadi beberapa ratus juta tahun terakhir. Dan memicu munculnya bintang baru.

Foto Apod Nasa NGC 1512

Berita terkait
M3 adalah gugus bola paling terang yang dapat diamati oleh teleskop. Ada sebagian bintang berwarna biru terang. Artinya usia bintang tersebut lebih mudah dan lebih aktif dibanding bintang lain di sebelahnya. Tidak sampai disana, bintang bintang tersebut layaknya bintang vampire. Dan mencuri gas hidrogen dari bintang yang lebih tua.

Ketika melihat 2 galaksi bertabrakan dan warna yang terlihat lebih indah. Mungkin kita mengira 2 galaksi yang berdekatan yang saling tarik menarik. Tetapi bukan 2 galaksi tersebut yang saling tarik menarik, satu galaksi terletak lebih jauh dan tidak terkena dampak pertempuran di antara 2 galaksi lain. Ini terjadi antara galalsi NGC 6771 NGC 6770 dan NGC 6769



Menurut peneliti NASA di tahun 2012, 2 galaksi Milky Way atau Bima Sakti dan Andromeda memang berdampingan. Perkiraan awal tabrakan kedua galaksi terjadi pada  4,696 milyar tahun lagi. Mengambil data terbaru dari teleskop Gaia, perkiraan tabrakan tidak langsung tapi akan saling mengitari.

Galaksi Biden 1 tampak di belakang kelompok gugus bintang. Ditemukan tidak sengaja oleh astronom ketika menganalisai gugus bintang NGC 6752. Galaksi kerdil yang usianya sangat tua, diperkirakan terbentuk 13 miliar tahun lalu. Bahkan kandungan bintang disana masih relatif rendah kandungan logam.

Sebuah gugus bintang RCW 38 diabadikan dengan teleskop VLT oleh ESO. Tampilkan gambar terbaru dimana komplek bintang padat ini berjarak 5.500 tahun cahaya.Mengunakan pencitraan inframerah HAWK-I yang dipasng pada teleskop VLT di Chili. Instrumen tersebut dapat menangkap benda yang tidak terlihat sebelumnya. Apakah semua bintang disana masuk ketegori bintang raksasa, separuhnya tidak.

Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 terletak 425 juta tahun cahaya dari Bumi. Letaknya berada di konstelasi Leo. Peneliti memperkirakan kedua galaksi dalam proses pengabungan. Tapi kedua jantungnya atau 2 lubang hitam yang dahulu sebagai pusat galaksi belum bertemu. Keduanya masih terpisah dengan jarak hanya 11.000 tahun cahaya.

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.



Matahari terlihat memiliki lubang, dan luasnya mencapai lebih dari 120 ribu km. Bahkan ukuran bumi masih lebih kecil dibanding munculnya lubang tersebut. Terlihat lubang bergerak dan semakin membesar.

Dua lubang hitam ini berada pada jarak 750 juta tahun cahaya menunjukan kehancuran dua galaksi 0402-379 akibat kedua lubang hitam. Bentuk visual dari galaksi Galaksi 04020-379 dahulu kedua galaksi memiliki lengan spiral yang terbentuk dari garis bintang. Update foto VLBA

Galaksi yang dilihat dari atas dengan sudut bumi, maka terang di bagian inti galaksi. Galaksi dari sudut miring, dapat dipelajari adalah struktur lengan galaksi dan ukurannya. Bagaimana bila galaksi terlihat tepat dari sisi samping.

2 galaksi kerdil ditemukan oleh teleskop Hubble. Kedua galaksi terjebak di daerah kosong ruang hampa selama 100 juta tahun, akhirnya galaksi mulai terbentuk dan siap melahirkan bintang baru.

Sebuah galaksi HATLAS J090311.6+003906 tampak karena efek gravitasi lensa. Bila dilihat dari bumi, posisi galaksi yang sangat jauh tersebut muncul karena berada di belakang sebuah galaksi SDP.81.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.




No popular articles found.