Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah.

Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.
Cincin kedua ada dibagian dalam yang mengelilingi inti galaksi, tetapi jauh di bagian luar.

Galaksi NGC 1512 terletak di konstelasi Horologium memiliki ukuran 70 ribu tahun cahaya. Sedikit lebih kecil dari galaksi kita Bima Sakti dengan lebar 100 ribu tahun cahaya.

JPL Nasa mengatakan foto yang diambil mengunakan camera Wide Field and Planetary Cmaera 2 / WFPC-2. Dan digabung dari hasil foto infrared di teleskop Hubble.

Di sekeliling galaksi diperkirakan adanya cluster bintang muda dengan lebar 2400 tahun cahaya.

Tidak itu saja, di bagian luar galaksi juga tampak debu dan gas super besar. Dan terlihat debu terus berputar ke arah tengah, yang mungkin disanalah letak lubang hitam dari pusat galaksi.

Warna biru adalah cahaya bintang yang panas. Warna merah adalah pembentukan debu hidrogen.

Gambar pertama adalah foto panorama galaksi NGC 1512.
Foto galaksi NGC 1512 diabadikan pada 18 Juli 1993 dan dipublikasi pada 31 Mei 2001. Pengambilan gambar membutuhkan waktu ekposure selama 9700 detik mengunakan 4 filter untuk memisahkan warna biru, hijau, kuning dan merah.

Galaksi NGC 1512 si cincin nuklir dengan 2 ring di bagian dalam dan luar

Pembentukan galaksi NGC 1512 sebenanya tidak sendiri
Bagian yang mengelilingi inti galaksi dalam bentuk lingakaran di bagian tengah mungkin dipicu akibat benturan dengan galaksi tetangga NGC 1510. Sisa debu dan gas dibagian luar dipicu oleh tabrakan kedua galaksi yang terjadi beberapa ratus juta tahun terakhir. Dan memicu munculnya bintang baru.

Foto Apod Nasa NGC 1512