Planet HIP 65423b seharusnya tidak ada tapi ada


Science | 8 July 2017

Penemuan planet HIP 65426b berbeda dari teori pembentukan taa surya

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Planet HIP 65426b ditemukan oleh kelompok astronom dan peneliti dari institut Max Planck untuk astronomi - MPIA.

Mengunakan teleskop Sphere di pusat observasi VLT di Chile milik badan antariksa ESO. Mereka berhasil menangkap citra langsung planet ini.

Penemuan planet ini masih sangat jarang, tapi informasi tentang planet ini yang menarik. Dari analisa cahaya langsung ke planet tersebut, para ilmuwan dapat melihat komposisi atmofer planet dengan baik.

Tapi penemuan planet HIP 65426b juga membingungkan mereka sensiri. Gael Chauvin dari universitas Grenoble yang menulis studi ini mengatakan. Kami berharap sebuah sistem planet mudah ini masih berbentuk debu seperti pengamatan lahirnya planet di sekitar bintang.
Tapi HIP 65426b ini tidak memiliki disk, jadi pembentukan planet ini tidak sesuai dengan model atau teori klasik yang digunakan sebelumnya. Seperti pembentukan tata surya, awalnya lahir dari bintang, disusul kumpulan debu menjadi batuan besar, dan kembali menjadi batu lebih besar seukuran protoplanet sampai menjadi sebuah planet sangat besar.

Planet HIP 65426b memiliki suhu sekitar 1000-1300 derajat Celcius. Ukuran planet juga besar, sekitar 1,5x lebih besar dari Jupiter. Keunikan lain, planet tersebut memiliki masa lebih besar dengan perkiraan mencapai 6 sampai 12x massa Jupiter.

Dari data teleskop Sphere ditemukan kandungan gas sangat besar yaitu gas hidrogen. Sedangkan spektrograf menditeksi adanya uap air dan awan merah.
Lahirnya planet HIP 65426b memang tidak biasa dan membuat para ilmuwan menghitung ulang teori yang biasa mereka gunakan.
Salah satu yang unik di tata surya ini. Penelitian dari teleskop Harps ESO, bintang induknya juga berputar 150 kali lebih cepat. Peneliti belum mengerti mengapa bintang disana ikut berputar begitu cepat dari putaran bintang lain.

Seandainya ada 2 planet yang dekat dengan bintang. Dan salah satunya planet HIP 54326b dan orbitnya terganggu. Ketika planet mulai lahir dan satu planet akhirnya melempar planet HIP 54326b lebih jauh, sedangkan planet yang menganggu tersebut malah tertelan ke bintang.
Sebelum masuk ke dalam bintang, satu planet tersebut juga menganggu orbit bintang dan membuat rotasi bintang lebih cepat.
Migrasi planet HIP 54326b yang terlempar membawa posisinya lebih jauh. Selama bergerak ke arah belakang, planet juga membawa masss disekitar bintang. Akhirnya planet HIP 54326b membesar.



Tata surya HIP 65426b berada 385 tahun cahaya dari Bumi
Pertama ilustrasi dengan posisi planet dan bintang, kedua gambar dari teleskop.

Planet HIP 65423b seharusnya tidak ada tapi ada

Perbedan dari teori pembentukan planet di tata surya
Bintang HIP 65426 memiliki ukuran 2x dari Matahari, tapi bergeser jauh ke belakang.
Menurut ilmu fisika planet HIP 65426 b seharusnya planet ini tidak ada, kenyatannya ada dan ditemukan oleh peneliti.
Planet HIP 65426b berada sangat jauh dari bintang, dan mencapai 14 miliar km dari bintang induk.
Keanehan lain, bintang induk berputar 150x lebih cepat dari rotasi matahari. Seperti putaran bintang biner.
Kemungkinan planet HIP 65426b lahir akibat ada satu planet yang ada di dekat bintang. Tapi tarikan gravitasi membawa planet ini bermigrasi jauh ke belakang bahkan jauh bergerak melewati orbit Saturnus di tata surya kita. Dan planet bergerak terlempar lebih jauh dari posisi bintang induk.

Berita terkait
Manusia melihat planet Mars dari dekat dengan gambar hitam putih. Foto pesawat ruang angkasa Mariner 4 tahun 1974 membuat foto permukaan Mars. Puluhan tahun berlalu film Mars One Day On The Red Planet telah lengkap. Sekarang Mars sudah dipetakan secara lengkap dan detil, walau disana jauh berbeda dengan Bumi. Sampai misi misi terakhir Curiosity dan kemungkinan manusia tinggal di Mars sebagai koloni planet kedua..

Dari 7000 bintang katai putih sebagai bekas bintang hancur. Peneliti melihat hanya jejak puing seperti sisa asteroid. Tapi di bintang WD J0914 + 1914 ditemukan sebuah planet. Sebuah planet yang bertahan dari kehancuran sebuah bintang. Walau keduanya sudah tidak harmoni lagi, menjadi petunjuk ketika bintang meledak dan mati. Masih memungkinkan planet dapat bertahan.



Michel mendapat penghargaan Nobel Prize in Physics 2019. Atas upayanya mencari planet dan dia menjadi orang pertama yang menemukan exoplanet diluar tata surya kita. Teleskop Hubble sudah ada di ruang angkasa sejak 1990, tapi tidak ketemu namanya planet lain. Merubah semua teori yang dipegang oleh para ilmuwan lain. Michel mengatakan ide gila kalau pergi kesana. Kenapa harus kesana, karena bumi masih bisa di tinggali.

Tata surya di bintang Ci Tau ini bikin geleng geleng kepala para ahli. Letaknya 518 tahun cahaya dari Bumi Sekarang yang terlihat aneh sebenarnya tidak aneh, yang aneh adalah bintang induknya sendiri diperkirakan planet yang muncul disana dari usia bintang yang hanya 2 juta tahun. Tata surya Ci Tau telah diperkirakan ada 4 planet gas raksasa

Messier 15 disingkat M15 dan nama lain NGC 7078. Bila jarak matahari ke bintang Proxima Centauri mencapai 4 tahun cahaya. Bayangkan di Messier 15 dengan radius 175 tahun cahaya terdapat seratus ribu bintang. Termasuk bintang kelas Blue Giant Star. Menjadi gugus bintang paling padat yang diketahui saat ini.

Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.

Penelitian mengunakan teleskop Wise, ditemukan sekitar 7 komet berukuran besar. Peneliti dapat mengungkap seberapa besar komet tersebut mengunakan pencitraan inframerah. Bila Bumi suatu hari ditabrak komet atau asteroid. Itu bukan kejadian luar biasa lagi



Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Ada beberapa penemun dari dunia astronomi, beberapa dijelaskan lebih mendalam. Seperti dampak tabrakan dua galaksi, bintang yang pernah melintas dekat di tata surya, penemuan galaksi purba, Black Hole raksasa dan terakhir foto Pluto dan bulan pendamping Charon

Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri. Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto. Tetapi jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada




No popular articles found.
< /body>