Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Planet HIP 65426b ditemukan oleh kelompok astronom dan peneliti dari institut Max Planck untuk astronomi - MPIA.

Mengunakan teleskop Sphere di pusat observasi VLT di Chile milik badan antariksa ESO. Mereka berhasil menangkap citra langsung planet ini.

Penemuan planet ini masih sangat jarang, tapi informasi tentang planet ini yang menarik. Dari analisa cahaya langsung ke planet tersebut, para ilmuwan dapat melihat komposisi atmofer planet dengan baik.

Tapi penemuan planet HIP 65426b juga membingungkan mereka sensiri. Gael Chauvin dari universitas Grenoble yang menulis studi ini mengatakan. Kami berharap sebuah sistem planet mudah ini masih berbentuk debu seperti pengamatan lahirnya planet di sekitar bintang.
Tapi HIP 65426b ini tidak memiliki disk, jadi pembentukan planet ini tidak sesuai dengan model atau teori klasik yang digunakan sebelumnya. Seperti pembentukan tata surya, awalnya lahir dari bintang, disusul kumpulan debu menjadi batuan besar, dan kembali menjadi batu lebih besar seukuran protoplanet sampai menjadi sebuah planet sangat besar.

Planet HIP 65426b memiliki suhu sekitar 1000-1300 derajat Celcius. Ukuran planet juga besar, sekitar 1,5x lebih besar dari Jupiter. Keunikan lain, planet tersebut memiliki masa lebih besar dengan perkiraan mencapai 6 sampai 12x massa Jupiter.

Dari data teleskop Sphere ditemukan kandungan gas sangat besar yaitu gas hidrogen. Sedangkan spektrograf menditeksi adanya uap air dan awan merah.
Lahirnya planet HIP 65426b memang tidak biasa dan membuat para ilmuwan menghitung ulang teori yang biasa mereka gunakan.
Salah satu yang unik di tata surya ini. Penelitian dari teleskop Harps ESO, bintang induknya juga berputar 150 kali lebih cepat. Peneliti belum mengerti mengapa bintang disana ikut berputar begitu cepat dari putaran bintang lain.

Seandainya ada 2 planet yang dekat dengan bintang. Dan salah satunya planet HIP 54326b dan orbitnya terganggu. Ketika planet mulai lahir dan satu planet akhirnya melempar planet HIP 54326b lebih jauh, sedangkan planet yang menganggu tersebut malah tertelan ke bintang.
Sebelum masuk ke dalam bintang, satu planet tersebut juga menganggu orbit bintang dan membuat rotasi bintang lebih cepat.
Migrasi planet HIP 54326b yang terlempar membawa posisinya lebih jauh. Selama bergerak ke arah belakang, planet juga membawa masss disekitar bintang. Akhirnya planet HIP 54326b membesar.

Tata surya HIP 65426b berada 385 tahun cahaya dari Bumi
Pertama ilustrasi dengan posisi planet dan bintang, kedua gambar dari teleskop.

Planet HIP 65423b seharusnya tidak ada tapi ada

Perbedan dari teori pembentukan planet di tata surya
Bintang HIP 65426 memiliki ukuran 2x dari Matahari, tapi bergeser jauh ke belakang.
Menurut ilmu fisika planet HIP 65426 b seharusnya planet ini tidak ada, kenyatannya ada dan ditemukan oleh peneliti.
Planet HIP 65426b berada sangat jauh dari bintang, dan mencapai 14 miliar km dari bintang induk.
Keanehan lain, bintang induk berputar 150x lebih cepat dari rotasi matahari. Seperti putaran bintang biner.
Kemungkinan planet HIP 65426b lahir akibat ada satu planet yang ada di dekat bintang. Tapi tarikan gravitasi membawa planet ini bermigrasi jauh ke belakang bahkan jauh bergerak melewati orbit Saturnus di tata surya kita. Dan planet bergerak terlempar lebih jauh dari posisi bintang induk.