Seorang pria di bandara Ataturk Istanbul Turki kesal karena dia tidak boleh membawa powerbank ke dalam pesawat. Rencananya dia akan terbang ke Inggris, tapi tertahan oleh petugas bandara.

Laporan pihak bandara di Twitter mengatakan, pria tersebut marah. Walau sudah diberitahu penerangan ke luar negeri di larang membawa powerbank di dalam kabin pesawawt.

Pria tersebut menolak menyerahkan powerbank yang dibawa. Dan mulai berdepat dengan petugas bandara, karena marah dia melempar dengan keras powerbank ke dinding.

Ledakan kecil muncul di powerbank tersebut dan menyebabkan keluar asap. Tidak ada korban akibat baterai powerbank yang meledak, tentu saja karena dibanding oleh pemiliknya.

Pihak bandara Ingris mengikuti aturan serupa, seperti semua penerbangan ke Amerika dilarang membawa bahan yang dianggap berbahaya. Dan diperluas untuk cairan shampo yang berlebih, baterai lithium kapasitas besar, serta tabung aerosol dan hal lainnya.
Aturan lain yang sudah ditetapkan seperti hoverboard, notebook, Samsung Galaxy Note 7 model lama, Vapes, Fitbit bahkan spinner. Bila ingin membawa perangkat tersebut sebaiknya mendapatkan informasi lebih lanjut. Karena aturan tentang baterai lithium sudah diberlakukan sejak tahun 2015

Aturan diberlakukan karena kecemasan adanya teror yang dilakukan dari beberapa penumpang yang datang dari beberapa negara timur tengah. Dan peralatan elektronik yang dianggap dapat membahayakan penerbangan. Aturan di setiap negara berbeda-beda, tapi paling ketat ada di bandara Inggris dan Amerika.

Pengamanan tersebut diberlakukan, bukan karena peralatan elektronik yang berbahaya. Tapi dikhawatirkan adanya peledak yang disamarkan di dalam perangkat, termasuk sabun dan tabung aerosol.

Tapi disini bukan cerita teror yang berbahaya. Tetapi baterai lithium bukan sekedar baterai, tapi baterai yang berbahaya karena dapat meledak. Seperti kasus si pria ini yang awalnya berargumen  dengan petugas bandara dan marah. Sampai akhirnya baterainya dibanting dan memang benar benar mengeluarkan asap karena terjadi short.

Baterai powerbank meledak di turki airport

Twitter