Stuff | 2 August 2020

Baterai powerbank masalah kualitas yang tidak memenuhi standar ini yang bermasalah


Baterai powerbank meledak karena dibanting pemiliknya yang tidak terima tidak boleh dibawa ke kabin


2020 Agustus
Media TV Nasional China CCTV melakukan investigasi dengan produk power bank.
Karena sering terjadi kasus powerbank short , baik di transportasi umum, stasiun kereta sampai pesawat udara.

Media CCTV melakukan test sederhana dengan membeli 3 unit powerbank di sebuah mal di kota Guanzhou.
Disana terdapat powerbank yang ditawarkan sangat murah kapasitas 10Ah $4.
3 unit yang dibeli secara acak dikirim ke badan pengujian lokal.

Hal test dari badan pengujian menyebut, semua powerbank yang minta diperiksa oleh media CCTV TV nasional memiliki masalah.
1 Kapasitas tidak sesuai dengan angka yang tertera.
2 Tidak memiliki standar pengujian sesuai standar nasional.

Satu model powerbank memiliki isi baterai tidak berfungsi setelah tim menguji melihat kejanggalan warna baterai yang berbeda dan dibuka isinya. Di dalamnya bukan baterai tapi baterai yang di isi pasir.
Itu salah satu cara menipu pembeli, untuk menghemat biaya.

Badan regulasi produk mengatakan 75 batch power bank dari 73 produsen / pabrik di 4 provinsi di China sendiri. 40% model memiliki masalah atau sekitar 29 model powerbank.
Beberapa model dibuat dengan memaksakan pengisian baterai dan berbahaya bagi kestabilan baterai.
Powerbank sengaja dirancang untuk pengisian sampai Overcharging adalah hal paling umum ditemukan dari produsen yang tidak memenuhi standar.

Baterai powerbank meledak masalah kualitas



2017 Juli
Seorang pria di bandara Ataturk Istanbul Turki kesal karena dia tidak boleh membawa powerbank ke dalam pesawat. Rencananya dia akan terbang ke Inggris, tapi tertahan oleh petugas bandara.

Laporan pihak bandara di Twitter mengatakan, pria tersebut marah. Walau sudah diberitahu penerangan ke luar negeri di larang membawa powerbank di dalam kabin pesawawt.

Pria tersebut menolak menyerahkan powerbank yang dibawa. Dan mulai berdepat dengan petugas bandara, karena marah dia melempar dengan keras powerbank ke dinding.

Ledakan kecil muncul di powerbank tersebut dan menyebabkan keluar asap. Tidak ada korban akibat baterai powerbank yang meledak, tentu saja karena dibanding oleh pemiliknya.



Pihak bandara Ingris mengikuti aturan serupa, seperti semua penerbangan ke Amerika dilarang membawa bahan yang dianggap berbahaya. Dan diperluas untuk cairan shampo yang berlebih, baterai lithium kapasitas besar, serta tabung aerosol dan hal lainnya.
Aturan lain yang sudah ditetapkan seperti hoverboard, notebook, Samsung Galaxy Note 7 model lama, Vapes, Fitbit bahkan spinner. Bila ingin membawa perangkat tersebut sebaiknya mendapatkan informasi lebih lanjut. Karena aturan tentang baterai lithium sudah diberlakukan sejak tahun 2015

Aturan diberlakukan karena kecemasan adanya teror yang dilakukan dari beberapa penumpang yang datang dari beberapa negara timur tengah. Dan peralatan elektronik yang dianggap dapat membahayakan penerbangan. Aturan di setiap negara berbeda-beda, tapi paling ketat ada di bandara Inggris dan Amerika.

Pengamanan tersebut diberlakukan, bukan karena peralatan elektronik yang berbahaya. Tapi dikhawatirkan adanya peledak yang disamarkan di dalam perangkat, termasuk sabun dan tabung aerosol.

Tapi disini bukan cerita teror yang berbahaya. Tetapi baterai lithium bukan sekedar baterai, tapi baterai yang berbahaya karena dapat meledak. Seperti kasus si pria ini yang awalnya berargumen  dengan petugas bandara dan marah. Sampai akhirnya baterainya dibanting dan memang benar benar mengeluarkan asap karena terjadi short.

Baterai powerbank meledak di turki airport

Twitter


Artikel Lain

Baru 1 bulan digunakan, Redmi Note 7s meledak. Tidak di charger, tidak digunakan dan diletakan di meja. Belum dikabarkan penyebab smartphone meledak, mungkin dari baterai yang cacat. Pemimpin perusahaan investasi Cradle Fund  temukan telah meninggal. Akibat terluka dari ledakan baterai smartphone ketika tertidur. Penyebab awal dikatakan akibat dia menghirup asap dari baterai.

Baterai eskuter meledak di kantor Dropbox. Tidak disebutkan ketika di charger atau diletakan di ruang kantor. Kantor pemadam disana telah mengkonfirmasi adanya baterai lithium eskuter meletup, tapi bisa di tangani dengan pemadam portabel. Mengapa baterai lithium meledak.



Sebuah baterai camera pihak ketiga meledak. Ada yang salah dari produksi dan kualitas kontrol. Pengalaman fotografer Irlandia yang membeli baterai baru model baterai kompatibel Nikon EL15 dari Hahnel HLX-EL15HP dan pertama kali di charger. Tidak ada yang salah, tapi kejadian baterai gagal bekerja dapat terjadi di semua produk

Bagi penumpang pesawat yang membawa baterai lithium kapasitas besar. Sebaiknya mengikuti aturan untuk layanan penerbangan ke Eropa dan Amerika. Power Bank di Indonesia maksimum 27.000mAh. Baterai Lithium aturan baru dari Kementerian perhubungan Maret 2018. Februari 2019, aturan pengiriman baterai hanya diijinkan dibawa oleh pesawat dengan kapasitas 30%

Jangan membawa baterai lithium ukuran besar ke dalam pesawat. Satu kejadian lagi baterai lithium meletup, apalagi pemiliknya tidak mendaftarkan barang yang dibawa ketika memasukan cargo di ruang tiket. Urusannya akan menyangkut hukum.

Kalau baterai smartphone meledak memang jarang terjadi, bagaimana bila baterai smartphone kembung. Khususnya baterai yang permanen seperti iPhone 3GS. Sebuah foto memperlihatkan baterai ini kembung di dalam.

Smartphone OnePlus One meledak, dan pihak OnePlus sudah meminta maaf kepada pemilik smartphone atas kegagalan baterai mereka. Baterai smartphone tersebut meletup ketika pemiliknya sedang naik kereta bawah tanah



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.