Kita akan bertanya apakah tata surya lain memiliki planet gas seperti Jupiter. Dijawab ya, tapi peneliti melihat perbedaan ukuran planet gas di tata surya lain berdasarkan bintang induknya. Bintang dapat mempengaruhi ukuran planet lain ketika lahir.

Planet Jupiter di tata surya kita memiliki ukuran sangat besar, disebut raja planet di tata surya kita. Planet Jupiter berisikan atmofer gas yang sangat besar, dengan tekanan jauh lebih besar dari atmofer di Bumi.

Disini yang menarik, peneliti menemukan distribusi planet gas di tata surya lain mungkin berbeda.

Perbedaan ukuran planet gas di tata surya lain mengikuti jenis bintang induknya. Bintang memiliki unsur gas hidrogen dan helium, dan sebagian lagi adalah materi padat yang disebut metal.

Bintang metalik atau bintang dengan bahan metal lebih banyak cenderung melahirkan planet Jupiter seperti yang kita miliki. Ukurannya antara 1 sampai 4x lebih besar.

Bila bintang induknya memiliki kandung metalik lebih sedikit. Planet gas yang lahir disana cenderung jauh lebih besar. Dan ukurannya rata rata mencapai 4 sampai 20x lebih besar dari ukuran planet Jupiter.

Semakin banyak logam atau metal di unsur bintang, maka planet gas di sekitar bintang cenderung lebih kecil. Matahari kita adalah bintang kaya logam. Dan memiliki planet Jupiter sebagai planet gas yang sebenarnya berukuran lebih kecil dari rata rata bintang lain.

Disini peneliti dapat menyimpulkan dari melihat beberapa bintang dan penemuan planet gas besar. Dan mengelompokan menjadi 2 bagian yang berhubungan dengan ukuran bintang induk

Bintang metalik ukuran planet seperti Jupiter lebih kecil

Ada perbedaan penting sesuai bentuknya. Salah satu model adalah pertambahan inti, dimana inti logam pada terbentuk terlebih dahulu. Dan gravitasi dari inti logam menarik gas dan debu disekitarnya. Sampai akhirnya membuat planet yang besar. Disini akan lahir planet seukuran Jupiter antara 1-4x lebih besar saja.
Model lain, karena ketidakstabilaan gravitasi. Dimana debu dan gas menjadi lebih luas dan tidak stabil. Melahirkan planet gas raksasa yang lebih besar antara 4-20 kali ukuran Jupiter.

Salah satu planet berukuran raksasa adalah Wasp-18b. Memiliki ukuran 10x lebih besar dari planet Jupiter. Kondisi planet tersebut beada sangat dekat dengan bintang induknya dan masih sangat aktif.

Info . C. Santos, et al. Observational evidence for two distinct giant planet populations. Astronomy & Astrophysics Vol. 603, A30, DOI: 10.1051/0004-6361/201730761 (2017)