Bila smartphone Android sering di install. Sempatkan memeriksa dengan Google Play Protect

Berfungsi untuk memeriksa aplikasi yang menganggu smartphone seperti malware

Setting Google Play Protect berbeda beda dari tiap versi OS Android.

Setting pemeriksaan aplikasi dapat di aktifkan dan di nonaktifkan sesuai kebutuhan penguna smartphone.

Untuk mengaktifkan Google Play Protect dapat melihat setting dibawah ini

1. Click Google Play Store, lihat di setting atas dengan tanda tiga garis.
2. Akan muncul menu, Scroll ke bagian bawah dan lihat bagian Play Protect. Dan click
3. Lihat status keamanan dari aplikasi yang di install di smartphone. Bila memberikan tanda perisau hijau dengan keterangan Looks good. Aplikasi yang ada di smartphone aman digunakan.




Info Google Support

Tentang Google Play Protect Harmful Behavior
Salah satu aplikasi Malware yang menganggu adalah Malware. Bila smartphone model lama dan di Root dapat terkena malware Copycat misalnya, kata perusahaan keamanan Checkpoint
Asia terkena paling banyak, mencapai 280 ribu perangkat smartphone, dan posisi kedua di Amerika.

Google telah menyelusuri malware jenis Copcycat selama 2 tahun, dan telah mengupdate sistem keamanan Play Protect untuk memblok malware Copycat.

Jutaan perangkat tetap tidak aman, karena menginstall di tempat tidak resmi. Sejauh ini tidak ditemukan penyebaran malware Copycat berasal dari layanan Google Play. Lalu darimana malware tersebut disebarkan, tentu dari situs download aplikasi tidak resmi.

Malware Copycat akan menguasai smartphone yang telah mendownload aplikasi palsu. Seperti Zygote Launcher yang di download oleh malware Copycat, bila di install maka akan mengendalikan smartphone untuk download aplikasi lain.

Malware Copycat dapat menganti Referrer ID dari aplikasi yang di install menjadi ID yang dinginkan malware.

Tidak berbahaya bagi penguna, tapi iklan yang ditayangkan diambil alih oleh aplikasi Copycat setelah merubah ID aplikasi yang baru di install. Si pembuat malware mengambil pendapatan iklan orang lain, tapi tayangan iklan malah diambil alih Copycat.

Google Play Protect dapat membantu memeriksa aplikasi yang telah di install. Bila ada tanda-tanda bahwa aplikasi yang di install ternyata berbahaya bagi penguna.

Dengan Google Play Protect, penguna smartphone Android dapat terlindungi, bahkan dapat mengetahui apakah ada aplikasi berbahaya telah di install di dalam smartphone. Termasuk fitur Control device
Google Play Protect menjadi bagian di aplikasi Google Play Store.

Info Google Play Protect