Bila smartphone Android sering di install. Sempatkan memeriksa dengan Google Play Protect

Berfungsi untuk memeriksa aplikasi yang menganggu smartphone seperti malware

Setting Google Play Protect berbeda beda dari tiap versi OS Android.

Setting pemeriksaan aplikasi dapat di aktifkan dan di nonaktifkan sesuai kebutuhan penguna smartphone.

Untuk mengaktifkan dapat melihat setting dibawah ini




Info Google Support

7 Juli 2017
Salah satu aplikasi Malware yang menganggu adalah Malware Copycat. Bila smartphone model lama dan di Root kata perusahaan keamanan Checkpoint
Asia terkena paling banyak, mencapai 280 ribu perangkat smartphone, dan posisi kedua di Amerika.
Google telah menyelusuri malware jenis Copcycat selama 2 tahun, dan telah mengupdate sistem keamanan Play Protect untuk memblok malware Copycat.

Jutaan perangkat tetap tidak aman, karena menginstall di tempat tidak resmi. Sejauh ini tidak ditemukan penyebaran malware Copycat berasal dari layanan Google Play. Lalu darimana malware tersebut disebarkan, tentu dari situs download aplikasi tidak resmi.
Malware Copycat akan menguasai smartphone yang telah mendownload aplikasi palsu. Seperti Zygote Launcher yang di download oleh malware Copycat, bila di install maka akan mengendalikan smartphone untuk download aplikasi lain.
Malware Copycat dapat menganti Referrer ID dari aplikasi yang di install menjadi ID yang dinginkan malware. Tidak berbahaya bagi penguna, tapi iklan yang ditayangkan diambil alih oleh aplikasi Copycat setelah merubah ID aplikasi yang baru di install. Si pembuat malware mengambil pendapatan iklan orang lain, tapi tayangan iklan malah diambil alih Copycat.

Penguna smartphone paling banyak menjadi korban Copycat seperti India, Pakistan, Bangladesh, Indonesia dan Myanmar. Di Kanda sendiri mencapai 381 ribu perangkat terinfeksi Copycat.

Malware jenis Copycat menyebar dengan memanfaatkan OS Android 5 atau versi lebih rendah, dan mendapatkan kelemahan 5 sistem Android yang dimanfaatkan.
Bagi penguna smartphone, serangan Copycat hanya menganggu tampilan iklan yang dibajak oleh malware. Yang sial adalah pembuat software karena aplikasi yang mereka buat dapat dijadikan pendapatan mereka malah diambil oleh Copycat.