Digital | 6 April 2018

International Dark Sky tempat tergelap untuk astronomi Dark Sky Sanctuary


Badan IDA mencari tempat paling gelap di bumi agar sebuah daerah jauh dari polusi cahaya buatan

International Dark Sky Places adalah badan untuk mempromosikan tempat paling gelap.

IDA dimulai tahun 2001, mendorong masyarakat dunia melestarikan situs gelap (daerah tanpa polusi cahaya).

Sebuah video dibuat oleh Gavin Heffernan and Harun Mehmedinovic membuat video dengan mengabung 2 gambar. Dari kota dan latar belakang galaksi.

Gambar ini sebenarnya ada di atas kita, dan mengambarkan cahaya kota yang menganggu sehingga galaksi di atas langit tidak dapat terlihat.
Karena kalah kuat dengan polusi cahaya.

Penampakan seperti video dibawah ini terjadi setiap hari. Bahkan waktu terbaik antara bulan April sampai Agustus akan muncul garis galaksi.
Foto bagian depan adalah kota New York, sedangkan cahaya di belakang diabadikan di taman nasional Death Valley dan Grand Canyon



Setiap daerah di seluruh dunia dapat mengajukan usul. IDA yang memeriksa secara ketat dari pemohon dengan menilai dukungan masyarakat disekitar untuk melindungi agar langit tetap gelap. Serta persyaratan program lainnnya.
Proposal akan ditinjau selama 2 bulan, dan dinilai oleh ahli sampai dinyatakan tempatnya layak masuk daftar IDA.

Setelah mendapat sertifikasi, IDA akan bekerja sama untuk mempromosikan termasuk via media, komunitas dan media sosial.

Sebuah pulau di Selandia baru menjadi pulau pertama yang ditunjuk sebagai tempat perlindungan dari langit gelap.



Great Barrier Island (Aotea) terletak 90km dari kota Auckland sekarang siap menarik para wisatawan untuk menikmati kegelapan langit. Khususnya untuk ekowisata, astrofotografi dan astronom. Mengapa tempat ini menarik.

Great Barrier Island (Aotea) telah ditunjuk oleh badan internasional Dark Sky Sanctuary , atau tempat yang gelap dan minim cahaya.

Tenpat untuk fotografi astronomi ada di pulau Great Barrier 
Selandia Baru

IDA atau International Dark Sky Association meluncurkan program International Dark Sky Places di tahun 2001. Badan tersebut mencari tempat yang melindungi langit dari polusi cahaya.

Tempat lain yang memiliki kriteria lain adalah Dark Sky Park dimana dianggap sebagai tempat perlindungan ditempat terpencil.



Walikota Auckland Phil Goff mengatakan tentang penunjukan tempat Great Barrier Island untuk menjadikan melestarikan keindahan alam. Menjadi tempat dimana gurun yang tidak tersentuh kehidupan modern, paling tenang dan wilayah yang luas.
Disebut dengan nama lain Aotea oleh masyarakat Maoeri. Menjadi pulau ke 6 terbesar di Selandia Baru. Diperkirakan hanya dihuni oleh 1000 penduduk, dan mencari nafkah dari pertanian dan pariwisata.
60% wilayah pulau dikelola oleh badan konservasi hutan dan menjadi cagar budaya.

Khusus di daerah teluk Hauraki, disana tidak ada listrik untuk penerangan. Gelap sudah menjadi budaya penduduk yang tinggal di pulau seluas 285 km persegi.

Langkah pemilihan tempat Great Barrier Island diakui oleh Gendie dan Richard Somerville, dan astronom di Auckland Nalayini Davies. Upaya mereka untuk mendukung tempat Great Barrier Island sebagai lokasi astronomi terbaik.

Pulau Great Barrier Island berada di posisi ke 3 sebagai situs paling terpencil. Posisi kedua berada di Cosmic Campground di AMerika yang berlokasi di hutan nasional Gila dekat New Mexico.

Tempat lain adalah Gabriela Mistral Dark Sky yang berada di Chile dan dikelola oleh universitas penelitian astronomi

Informasi penunjukan Great Barrier Island - IDA website

Kota Idaho 2017
Kota pertama di Amerika yang mendapat nama tempat International Dark Sky Association (IDA)
Tertanggal Desember 2017, hanya 12 tempat yang masuk daftar IDA.
Meliputi luas 3.600 km persegi. Dari Ketchum ke Stanley, dengan tingkat kegelapan nomor 3.

International Dark Sky Associatio Idaho Central

Dibawah ini tempat yang masuk daftar paling gelap untuk aktivitas astronomi dari IDA

    Aoraki Mackenzie (New Zealand)
    Brecon Beacons National Park (Wales)
    Central Idaho (U.S.)
    Exmoor National Park (England)
    Kerry (Ireland)
    Mont-Mégantic (Québec)


    Moore’s Reserve (South Downs, England)
    NamibRand Nature Reserve (Namibia)
    Pic du Midi (France)
    Rhön (Germany)
    Snowdonia National Park (Wales)
    Westhavelland (Germany)



Lokasi area yang rendah polusi cahaya juga dapat dilihat via  Lightpollutionmap.info

+ IDA


Artikel Lain

Astronom amatir mendapatkan foto langka ketika stasiun ruang angkasa lewat di depan bulan. Kesulitan mendapatkan stasiun ruang angkasa tepat lewat di depan bulan adalah kecepatan dan lokasi. Stasiun hanya tampak dalam waktu 0,3 detik, setelah itu lenyap dari bidang bulan.

Situs Blue-Marble adalah kumpulan foto yang diambil dari pencitraan satelit. Foto yang dikumpulkan hanya foto pada malam hari. Fitur situs ini digunakan oleh fotographer bintang. Dimana kota dengan polusi cahaya paling terang, Indonesia nomor 1 Jakarta dengan cahaya lampu buatan paling terang.



Asif Islam membuat video timelapse, dimana bintang. Di kota tidak dapat mengabadikan bintang, bagaimana bila kita menjauh dari kota. Bahkan mencapai tempat di taman nasional. Disana langit tampak berbeda, dan terlihat penuh dengan bintang serta galaksi Bima Sakti.

Ketika melihat objek liburan di luar negeri, foto menarik dari tempat liburan. Tapi tidak semua seperti gambarkan oleh buku atau foto tempat pariwisata. Pada musim liburan tempat tersebut jauh berbeda foto di brosur wisata. Bahkan spot foto mengalami hal yang sama, ramai

9 April 2023, pesawat Hut TNI AU 77 terlihat di udara. 5 Oktober HUT TNI AU 3 Oktober 2021 Gladi Bersih persiapan hari TNI 5 Oktober 2021. Pada pagi hari sempat terlihat beberapa pesawat jet tempur untuk berlatih dan pesawat F16.

Seorang ibu sebagai fotographer seni mengabadikan anaknya. Holly Spring asal Selandia Baru terkenal dengan seni Art Work dan dia membuat foto anaknya yang menjadi inspirasi dirinya



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.