Galaksi 0402-379 bertabrakan terdapat 2 lubang hitam yang mulai saling menarik


Science | 8 July 2017

Dua lubang hitam supermasif saling mendekat ketika terjadi dua galaksi saling bertabrakan

Dua lubang hitam 0402+379 ini berada pada jarak 750 juta tahun cahaya dari Bumi. Menunjukan seperti apa kehancuran dua galaksi 0402-379 akibat kedua lubang hitam.

Ilmuwan universitas New Mexico mengamati 2 lubang hitam selama satu dekade oleh tim Profesor fisik dan astronomi Greg Tayler. Mereka (kedua lubang hitam) begitu besar seperti kekuatan 15 miliar matahari kita.

Ilmuwan mengatakan keduanya nanti akan saling mengorbit satu sama lain. Setidaknya nanti 24 ribu tahun kedepan. Tapi disini akan menimbulkan masalah bagi galaksi disana.

Peneliti mengatakan untuk melihat keduanya mulai saling mengorbit, dan dapat dipastikan setelah  4000 tahun mendatang. Tentu tidak ada manusia yang melihat kejadian kedua black hole mulai saling mendekat, bahkan keduanya memang benar saling mengorbit satu sama lain.

Kedua lubang hitam terlihat dikelilingi oleh cakram, dan menyemburkan benda yang tertarik ke arah atas dan bawah.

Dengan teleskop radio, terlihat posisi kedua lubang hitam tersebut. Memperlihatkan garis ke arah atas dan bawah, dan bentuk cakram di seklilingnya.

Update foto VLBA, nama C1 dan C2 terditensifikasi sepasang lubang hitam raksasa dari inti kedua galaksi yang saling mendekat

dua black hole di Galaksi 04020-379 akan bertabrakan terdapat 2 lubang hitam yang mulai saling menarik

Posis kedua lubang hitam hanya terpisah pada jarak 22.83 tahun cahaya.

Peneliti melakukan penelitian letak dari 2 lubang hitam, mengunakan 10 teleskop radio di seluruh Amerika. Karena lubang hitam tidak dapat terlihat dengan teleskop visual seperti teleskop optik.
Secara kolektif membentuk antena array atau disebut Very Long Baseline Array / VLBA. Selama 12 tahun diukur bagaimana satu galaksi bergerak dan berhubungan. Perubahan posisi digambarkan dan menunjukan bahwa kedua lubang hitam terlihat menunjukan tanda saling mengorbit.



Melihat orbit lubang hitam tentu menark. Namun seorang ilmuwan Basal mengatakan, kedua lubang hitam tersebut dipastikan akan saling bertabrakan.
Tetapi dampak dari keduanya ketika saling mendekat yang menarik. Karena akan menciptakan getaran seperti gelombang gravitasi. Tapi tabrakan yang ditemukan tahun tersebut tidak diketahui asalnya. Yang dimaksud dimana tabrakan tersebut terjadi. Sekarang ada di depan teleskop Bumi, hanya saja tidak akan terjadi saat ini.

Kedua lubang hitam masing masing menjadi pusat galaksi. Dan kedua galaksi berbentuk spiral, dan keduanya juga sangat besar. Nantinya tabrakan kedua galaksi tersebut juga akan merusak struktur kedua galaksi.

Bentuk visual dari galaksi Galaksi 0402-379 tampak sebenarnya seperti gambar dibawah ini. Dahulunya kedua galaksi memiliki lengan spiral yang terbentuk dari garis bintang, tapi sudah terlihat tidak memiliki bentuk atau keduanya sudah berantakan.

Dibawah ini gambar dari teleskop Chandra X-Ray yang menangkap radiasi dari galaksi.

Galaksi 04020-379 akan bertabrakan

Info lengkap National Radio Astronomy Observatory

Berita terkait
Ketika awal alam semesta terbentuk, tidak ada yang melihat adanya kelompok galaksi sudah terbentuk. Sekarang ditemukan galaksi purba sudah terbentuk sejak 800 juta tahun setelah dimulainya pembentukan alam semesta.Beberapa galaksi sudah mulai berkelompok, sebagai bukti protocluster.

Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya



Galaksi Biden 1 tampak di belakang kelompok gugus bintang. Ditemukan tidak sengaja oleh astronom ketika menganalisai gugus bintang NGC 6752. Galaksi kerdil yang usianya sangat tua, diperkirakan terbentuk 13 miliar tahun lalu. Bahkan kandungan bintang disana masih relatif rendah kandungan logam.

Ketika teleskop melihat di ruang angkasa dan mendapatkan gambar seperti ini. Apakah ada yang mengirim gambar sebuah wajah sedang tersenyum. Mungkin akan terasa aneh atau senang. Inilah yang didapatkan oleh Teleskop Hubble. Ketika teleskop Hubble mengamati sebuah galaksi SDSS J0952+3434

Sekelompok bintang misterius membuat ilmuwan bingung selama beberapa tahun. Tetapi penelitian terbaru mengungkap benda tersebut. Dikenal dengan Segue-1 ternyata kumpulan bindang tersebut mengorbit ke galaksi Bima Sakti setiap 60 juta tahun sekali. Disana terdapat 1.000an bintang kuno yang berasal dari awal alam semesta.

Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 terletak 425 juta tahun cahaya dari Bumi. Letaknya berada di konstelasi Leo. Peneliti memperkirakan kedua galaksi dalam proses pengabungan. Tapi kedua jantungnya atau 2 lubang hitam yang dahulu sebagai pusat galaksi belum bertemu. Keduanya masih terpisah dengan jarak hanya 11.000 tahun cahaya.

Galaksi NGC 1277 memiliki ukuran 1/4 dari Bima Sakti. Yang lebih aneh lagi, inti galaksi di tengah terdapat sebuah lubang hitam supermasif.  Ini isi semuanya hanya lubang hitam, dan dapat menjadi objek penelitian dimana kelas baru tipe galaksi.



Semua materi dapat dibuat oleh manusia, bahkan plutonium dan lithium dapat digunakan untuk energi. Tetapi emas mungkin tidak dapat dibuat. Darimana asalnya emas, apakah datang dari tanah begitu saja. Proses pembentukan emas mungkin dari kejadian luar biasa di alam semesta

Galaksi NGC 1512 terletak 38 juta tahun cahaya dari Bumi. Tapi galaksi ini unik, memiliki cincin dengan warna lebih cerah. Artinya cincin di bagian luar galaksi seperti lingkaran bintang berusia muda yang masih panas. Terlihat menyala dengan warna kebiruan.

2 lubang hitam yang disebut PG 1302-102, adalah keberadaan 2 lubang hitam biner yang saling mengorbit. Jarak keduanya seperti matahari ke pluto. Tetapi dampak gravitasi keduanya terlihat begitu kuat.

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

100 tahun lalu Einstein menyebut gelombang gravitasi yang sangat kuat akhirnya terbukti. Disebabkan oleh 2 lubang hitam yang saling mengorbit, ledakan supernova atau hal lain. Awalnya masih terbatas teori ketika Einstein mengatakan 2 benda yang sangat besar dapat menimbulkan efek gelombang gravitasi.

Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.

Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar




No popular articles found.