Planet KELT-9b terpanas dan lebih panas dari bintang


Kategori : Science | Date : 9 July 2018
Suhu planet setara dengan panas bintang karena bintang induknya sangat panas
Peneliti menemukan sebuah planet gas tapi raksasa ini sangat panas pada tahun 2018.

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Ditemukan tahun 2016, perhitungan jarak planet ke bintang induk hanya 1/10 jarak Merkurius ke Matahari.

Suhu planet ini mencapai 4600 Kelvin atau setara 4300 derajat Celcius.

Bintang KELT-9 atau nama lain HD 195689 berada 650 tahun cahaya dari Bumi. Dan planet KELT-9b adalah planet yang pertama kalai terditeksi sangat dekat dengan bintang. Dan apa yang peneliti lihat jauh berbeda dengan keadaan planet panas lainnya.

Bandingkan dengan suhu terpanas di planet Merkurius dan Venus hanya berada pada 400 derajat Celcius. Planet KELT-9b memiliki suhu 10x lebih panas, dan lebih panas 80% dibanding dengan panas rata rata bintang berukuran kecil. Jadi planet ini memang super ekstrem.

planet terpanas ditemukan KELT-9b

Planet KELT-9b juga berada di dekat sebuah bintang yang sangat panas dan mencapai suhu 10.000 deg.K. Dibanding matahari hanya mencapai 4500K atau setara 4300 deg.C.

Bintang Wasp-33 masuk sebagai bintang terpanas tipe A.

Disana terdapat sebuah planet yang mengorbit.

Planet KELT-9b menerima 700 kali radiasi ekstrem ultraviolet dari bintang serta bagian orbitnya terkunci ke satu arah.



Ukuran planet KELT-9b 2,8x lebih besar dari planet Jupiter. Namun kepadatan planet hanya separuhnya. Dan atmofer di planet  terus di bombardir cahaya dan angin dari bintang induk.

Astronom Scott swinburne dari universitas Alan Duffy mengatakan sebenarnya planet ini sedang mengalami panas begitu hebat. Tidak ada planet seperti ini. Saya tidak terkejut dengan nasib planet ini dimasa mendatang.

Terlihat debu dan gas, dan suhu planet lebih panas 1000 derajat.
Melihat nasib planet KELT-9b menjadi planet singkat dan kejam di wilayah kosmos.
Diperkirakan planet tersebut kehilangan 10 juta kg massa perdetik. Sehingga gas yang terdorong oleh kekuatan bintang membentuk ekor seperti komet.

Juni 2018 studi terbaru Max Planck
Menggunakan instrumen CARMENES di Observatorium Calar Alto di Spanyol, studi baru menemukan bahwa KELT-9b memiliki atmosfer hidrogen yang sangat besar. Ini menunjukkan bahwa bintang planet tidak hanya memanaskan atmosfer hidrogen dari planet, tetapi juga menggunakan gravitasinya untuk menarik hidrogen ke dirinya sendiri, menurut pernyataan Nature.

Dengan melihat kondisi planet KELT-9b, kita dapat memafahami tentang apa yang terjadi di luar sana. Dan bagaimana sebuah benda lahir dan hancur.

Dibawah ini ilustrasi dengan planet KELT-9b


Situs 360cities.net adalah sebuah situs yang mengumpulkan pemandangan dengan sudut 360 derajat. Robot Nasa Curiosity rover mengambil 136 gambar dari camera Mahli. Memiliki resolusi 30 ribu pixel. Fotonya dibuat memutar 360 derajat. Foto terbaru dibuat September 2018

Astronom menemukan sebuah planet liar dan tidak mengorbit ke bintang. Ukuran 12x massa planet Jupiter dengan medan magnit sangat kuat. Pertama kali sebuah planet Rogue atau planet tanpa mengobit ke bintang induk, bahkan ditemukan karena terditeksi dari emisi radio. Bahkan peneliti mengatakan jangan jangan ada puluhan ribu planet liar seperti ini di galaksi kita.

Asteroid 2015 BZ509 dipastikan bukan berasal dari tata surya. Datang dari antar bintang lain, dan menetap di tata surya. Peneliti melakukan simulasi sampai ke jaman primordial atau sampai ke pembentukan tata surya dan planet. Karena orbitnya nsik turun di sekitar planet tata surya



Planet Wasp-104b diperkirakan menjadi planet paling gelap yang pernah ditemukan. Benar benar gelap, sampai 97-99% cahaya diserap oleh planetnya sendiri layaknya rumah kaca di dalam planet

Kami tidak tahu apakah ada orang yang melihat secara langsung ketika terjadi ledakan yang sangat terang tersebut. Sumber cahaya GRB 080319B berasal dari benda yang jauhnya 7,5 miliar tahun cahaya. Atau ledakan yang tercatat tersebut di tahun 2008 berasal dari ledakan 7,5 miliar tahun lalu.

Adrien membuat video timelapse. Tapi satu tingkat dari fotografer profesional. Pergi ke beberapa negara di tahun 2017. Hasil videonya  sekelas Nasa. Bahkan selama foto dibuat sempat terlihat meteor sampai satelit lewat

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.



Plasma adalah materi ke 4, setelah gas, padat dan cair. Plasma disebut sebagai gas terionisasi. Di bumi, materi plasma dapat dibuat tapi tidak bertahan lama. Seperti pemanas fusi nuklir, di alam semeta materi plasma hal biasa seperti bintang atau mataharai kita

Sebuah planet MOA-2016-BLG-227Lb ditemukan, tapi ukurannya 3x lebih besr dari planet Jupiter. Planet ini ini mengorbit ke sebuah bintang coklat atau disebut juga bintang kerdil dalam kelas bintang M.

Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari


No popular articles found.