Digital | 9 June 2017

Foto galaksi Bima Sakti di kota Sydney yang terang oleh fotografer Josselin Cornou


Satu foto galaksi Bima Sakti edit dengan Lightroom ke Photoshop untuk gambar kota

Membuat foto galaksi Bima Sakti di tengah kota.

Langit terkena pantulan cahaya kota, membuat gambar dibelakang atmofer tidak terlihat. Gambar tersebut adalah garis galaksi kita atau inti galaksi Bima Sakti.

Apa yang kita tidak pernah lihat bisa tampak dengan camera Fujifilm GFX 50. Teknologi camera ini memiliki invariansi ISO, dapat membuat foto yang tidak mungkin dilakukan oleh camera biasa.

Salah satunya foto galaksi di tengah kota, tepatnya kota Sydney. Bahkan diabadikan ketika festival cahaya, foto Milky Way dan pengambilan foto tidak dilakukan teknik Bracketing.

Camera Fujifilm GFX 50 memang canggih, memiliki sensor 80MP. Sang fotografer mengatakan dia pernah mengunakan Sony Alpha 7R II dan sangat baik untuk menangkap cahaya. Bahkan mendapat penghargaan World Photo Organization.

Dia mencoba mengunakan Fujifilm GFX 50, dengan kemampuan ISO 3200 ternyata masih mampu menangkap cahaya yang tidak terlihat oleh mata kata Josselin Cornou

Bisakah mengabadikan galaksi ketika cahaya kota masih menghalangi pemandangan, ketika pertanyaan diberikan ke Matt Hudson dan Clement Breuille sebagai referensi foto astrofotografi dan lanscape. Katanya "bisa".
Dengan camera Fujifilm GFX 50, Josselin mengunakan setting ISO 3200. Membayangkan saja susah, sebuah camera dengan sensor 80MP.
Bagian menarik di engine procesor Fuji memiliki tambahan alogaritma pintar untuk menghilangkan cahaya terlalu terang.

Seperti editing dibawah ini. Josselin mengunakan software Adobe Lightroom. Menunjukan spesifikasi camera dengan ISO 3200, selama 10 detik dan aperture f4

Foto kiri adalah foto camera yang belum di edit, foto kanan baru terlihat kabut yang sangat kabur di gambar kiri sebenarnya garis Bima Sakti yang tampak di sisi kanan setelah proses edit dengan Lightroom



Foto bima sakti di edit dari hasil camera Fuji GFX50

Foto galaksi yang didapat, digabung dengan foto lain untuk komposisi, dan hasilnya seperti foto dibawah ini

Foto bima sakti di edit dari hasil camera Fuji GFX50

Josselin Cornou memberikan tip dengan video dibawah ini untuk proses foto galaksi Bima Sakti





Atau melihat hasil editing foto galaksi Bima Sakti di Jakarta



Hasil foto dijadikan video dibawah ini. Modalnya paket hemat Nikon D5100 dengan lensa stok pertama 18-50mm saja. Pada bulan April 2016



Video dibawah ini teknik timelapse hanya mendapatkan sekilas garis Bima Sakti pada bulan Agustus 2016



Kenapa foto galaksi menarik. Salah satunya polusi cahaya di kota, membuat gambar galaksi tidak pernah kita lihat walau hampir setiap hari ada diatas langit. Dan menantang fotografer mencari tempat yang jauh dari polusi udara untuk menangkap gambar garis galaksi Bima Sakti.


Artikel Lain

Pekerjaan computer tapi hobi astrofotgrafi. Hasil foto Rich bukan mainan, walau mengunakan perangkat kelas budget. Planet Jupiter, Saturnus, sampai galaksi bisa didapat. Bila tidak mampu memiliki perangkat kelas profesional. Ketahui kemampuan perangkat teleskop dan camera, hasilnya tidak kalah kata Rich

Computer editing foto, paul memilih Core i7 8700K 6 core seharga $399 sudah cukup. Walau dia sendiri memacu procesornya sampai 5,2Ghz dengan water cooling buatan Corsair.



Dani Caxete membuat foto stasiun ruang angkasa tepat di depan matahari, bahkan berada di tengah bintik matahari. Di dokumentasikan lengkap, dari perhitungan, perjalanan di kendaraan, menyiapkan teleskop dan camera, Boom, foto ISS melintas berhasil di dapat.

JP Goodridge seorang fotografer sedang menonton ikan paus di Sydney Australia. Dia berhasil mengabadikan seekor paus bungkuk melompat tepat disamping sebuah perahu wisata, tapi tidak ada yang melihat.

Dana Gruszynski mungkin menjadi penyelamat sebuah acara pernikahan, ketika fotografer yang sudah ditugaskan berhalangan hadir. Dana datang mendapat kabar dari sepupunya datang dan memberikan foto gratis. Cerita pertolongan  Dana akhirnya beredar luas dan sekarang Dana malah mendapat undangan untuk foto pernikahan.

Fotografer cupu yang beruntung mengabadikan sebuah objek. Tidak disangka mendapatkan beberapa foto unik. Bukan keahlian saja, waktu, kadang keberuntungan datang sendiri. Seperti membuat foto dari beberapa fotografer amatir dengan foto mereka yang unik

Video ini menunjukan betapa luasnya galaksi kita. Bassem pertama kali menghabiskan waktu dengan astro fotografi. Terbang ke satu tempat, dan  mendapatkan Milky Way dibalik bukit.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.