Selama musim semi si pembuat video ini Mike Olbinski sibuk mengejar badai di selurh Amerika Serikat.

Rekaman dari supercell, petir, tornado dan apa saja yang ditemukan akan di foto.

Mike membuat seri foto, nantinya disatukan dalam video Timelapse

Setelah semua dikumpulkan dan video dengan durasi 1 menit ini yang disajikan. Tapi ada bagian yang unik, awan berwarna merah atau lebih cepat ke ungu.

Tapi di daerah Dakota Utara, ketika badai tiba ada yang berbeda.

Awan terlihat berbeda tapi dia tidak tahu apa yang dilihat

Sampai akhirnya dikenal tipe awan ini adalah awan Undulatus Asperatus termasuk awan dengan tampak berbeda. Salah satu awan tipe baru dimana bentuknya seperti gelombang. Mulai diusulkan dengan nama baru pada tahun 2009 oleh Gavin Pretor dari asosiasi bidang awan. Dan ditambahkan pada International Cloud Atlas bulan Maret 2017. Menjadi tipe awan kedua setelah masuk daftar tipe awan Intranus Cirrus di tahun 1951.

Awan Undulatus Asperatus tampak seperti datangnya badai, tapi tidak terkait dengan badai. Awan yang terlihat mengkhawatirkan tersebut sebenarnya tidak masalah karena bentuknya saja yang bergelombang. Penampakan awan Undulatus Asperatus sering muncul di Amerika, antara pagi dan tengah hari.

Margaret Le Mone ahli awan dari Nationa Center for Atmospheric RZesearch telah mengambil awan tipe Asperatus selama 30 tahun.  Beberapa orang sudah membuat foto awan tipe ini, dan beberapa foto juga disumbangkan ke galeri.
Bentuk awan Undulatus Asperatus mungkin pernah muncul, tapi orang tidak tahu tipe awan tersebut. Sampai dimasukan ke dalam daftar awan tipe baru.

Kebetulan cahaya matahari berada di balik awan kata Mike. Sehingga awan tampak seperti warna permen.



Mike mengatakan foto yang didapat tersebut adalah warna asli awan yang diabadikan oleh cameranya. Tidak di edit, kecuali meningkatkan kontras. Setidaknya ada 6 fotografer disana, dan semua foto yang dibuat menghasilkan warna yang sama seperti video dibawah ini.



Mike mengatakan selama 8 tahun berburu badai, baru kali ini dia melihat awan berwarna. Gambar diabadikan pada 2 Juni 2017.

Di Indonesia, warna awan cenderung berubah ketika matahari mulai terbit atau terbenam. Disebut Goleden Time membuat cahaya langit berubah warna dari kebiruan menjadi kuning. Tapi yang diatas memiliki 2 warna berbeda dengan cahaya sempurna kemerahan dan ungu, dan tertutup penuh menghalangi cahaya matahari