Satelit ViaSat 2 membawa WIFI di dunia penerbangan dan kapal laut


Technology | 2 June 2017

Kedepan bisa internet di pesawat

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil.

Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps di Amerika Serikat sampai ke Samudra Transatlantik.

Satelit iSaat 2 dikirim dengan roket Ariane pada tanggal 1 Juni 2017. Setelah siap bekerja, satelit akan menyediakan jaringan WIFI untuk penumpang pesawat.

ViaSat 2 dibuat oleh perusahaan Boeing di Los Angeles memiliki berat 6 ton. Dijadwalkan sudah siap bekerja sebelum akhir tahun 2017 dan berada di ketinggian 34000 km, berada di garis khatulistiwa Amerika Utara, Laut Karibia dan bagian Amerika Selatan.

Ketika satelit iSaat 2 telah beroperasi penuh, satelit akan memberikan sinyal WIFI untuk download dan upload yang sama 25Mbps. Dan dapat di akses juga untuk kapal pesiar sampai pelanggan rumah yang mengunakan ViaSat di Amerika Serikat. Walau teknologi yang digunakan khusus dirancang untuk koneksi data bagi pesawat dan kapal laut.

Secara total kecepatan internet satelit iSaat 2 mencapai 30gbps dan 2 kali lebih cepat dari koneksi ViaSat1. Satelit juga memberi jaringan internet lebih murah.
Layanan sebelumnya adalah ViaSat 1 saat ini menyediakan WIFI gratis bagi para penumpang di pesawat JetBlue dengan kecepatan 12Mbps.
Tahun 2016 layanan internet di pesawat mencapai 6000 pesawat komersil. Diperkirakan tahun 2021 akan mencapai 17000 pesawat (50% pesawat jet komersil) mendapatkan jaringan WIFI ketika di udara.

Satelit ViaSat 2 satelit internet untuk WIFI di dunia penerbangan

Peluncuran ViaSat 2 diluncurkan 2 Juni 2017.

Berita terkait
Amazon telah mendapat ijin mengoperasikan satelit internet broadband. Nama Kuiper konstelasi satelit internet broadband, jumlahnya mencapai 3000 satelit lebih. Amazon membagi 5 fase peluncuran, bahkan 18 persen satelit nanti sudah dapat memberi layanan internet komersil.

Skysat layanan satelit milik perusahaan Planet. Tahun ini diperkirakan selesai meluncurkan satelit bersama SpaceX. Membuat pengambilan gambar permukaan bumi sampai 12x sehari, atau di semua wilayah 7x sehari. Resolusi gambar permukaan bumi yang sangat tajam mencapai 50cm



Korea dengan 5G mencapai 600Mbps untuk download. Qualcomm Snapdragon X60 mendukung mmWave 6Ghz, download di smartphone 7,5Gbps. Qualcomm SD X55 chip 5G dengan 7Gps untuk download dan 3 Gigabit untuk upload. Snapdragon X52 terintegrasi di chip procesor. Chip Tiger T7520 dari Chian generasi ke 2 untuk 5G bagi smartphone murah.

Ketika sinyal smartphone hilang, sinyal internet juga menhilang. Anda hilang dari peradaban. Dengan smartphone dan tambahan perangkat komunikasi satelit, anda tetap dapat mengirim dan menerima pesan ketika anda berada dimanapun di Bumi. Setidaknya anda anda dapat mengirim berita ke orang lain.

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. 10 tahun kedepan jumlahnya akan dramatis. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa akan semakin sesak, saat ini sekitar 2000 satelit dan meningkat 5x lebih banyak dalam beberapa tahun mendatang.

Pertama kali percobaan manusia mengaduk semen di ruang tanpa gravitasi. Dilakukan dalam misi MICS sebagai percobaan untuk membangun tempat perlindungan di ruang angkasa. Bila berhasil, memungkinkan manusia membangun tempat tinggal dengan campuran debu di bulan atau di planet Mars.

Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.



SpaceX berencana meluncurkan misi ke 15 pada hari 7 Agustus 2018, 18 Agustus sudah berada di atas selat Karimata. Satu satelit akan diluncurkan oleh roket SpaceX adalah satelit Telkom dari Indonesia. Memasuki test  orbit selama 25 hari. Bila sukses, satelit siap digunakan pada minggu ke 3 bulan September 2018.

Cerita menarik dengan industri monitor. Kabarnya beberapa monitor dengan panel 1440p mengunakan panel dengan resolusi lebih tajam 4K. Ada kabar bahwa panel monitor 1440p sebenarnya mengunakan panel 4K yang lebih tinggi. Mengapa spesifikasi monitor 4K malah dipasang ke monitor dengan resolusi lebih rendah.

WIFI Alliance telah mengumumkan teknologi sistem keamaan WIFI baru disebut WPA3. Hal penting lain, WPA3 dapat menghindari dengan sistem pertahanan dari serangan acak.

Angkatan perang US Navy akan mengembangkan teknologi MUOS atau Mobile User Objective System untuk mengantikan sistem tersebut. MOUS mengunakan 4 satelit geosync yang memantulkan sinyal ke stasiun penerima di bumi. Posisi berada di Australia, West Virginia, Hawai dan Sisilia.

Satelit mata mata Tiongkok Gaofen-2 adalah satelit pencitraan gambar paling canggih. Memiliki resolusi 80cm perpixel. Xinhua melaporkan satelit tersebut dapat mengambil gambar zebra cross di jalan. Satelit Cheos adalah singkatan China Earth Observation System. Rencananya akan dibuat 5 satelit jenis ini

Satelit WorldView 3 oleh Sat Imaging siap diluncurkan  pada 13 Agustus 2014. Baru saja diuji coba untuk mengambil gambar paling tajam. Digital Globe merilis foto baru dari satelit pencitraan ini

Teknologi GPS baru mengunakan satelit GPS 2F-6. Rencananya akan diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket Delta minggu ini. Satelit navigasi GPS 2F-6 akan mengantikan GPS yang sudah tua tipe GPS 2A-23 di slot 4. Jepang dengan satelit Michibiki presisi tinggi ke 4 Oktober 2017




No popular articles found.
< /body>