Pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe


Kategori : Science | Date : 11 December 2018
Benda buatan manusia pertama yang dikirim ke ruang angkasa dan paling dekat ke matahari

Oktober 2018
27 Oktober 2018, Minggu. Pesawat ruang angkasa Parker mencapai jarak paling dekat ke matahari. Tercatat sebagai benda yang mencapai jarak terdekat 26,55 juta mil (42,6 juta km).
Setelah 78 hari diluncurkan dan tiba di dekat permukaan matahari.
Memecahkan rekor sebelumnya pesawat ruang angkasa Helios 2 pada April 1976 sekitar 27 juta mil.

Tetapi jarak 42 juta km bukan target Parker untuk melakukan penelitian dengan matahari. Nantinya pesawat akan lebih mendekat lagi, mencapai jarak 3,84 juta km ke arah matahari di tahun 2024.
Ketika pesawat mencapai jarak tersebut, pesawat harus sangat cepat melintas. Dengan perkiraan 700 ribu km perjam, dan menjadi pesawat ruang angkasa tercepat yang pernah dibuat.


Agustus 2018
Nasa mengirim Parker Solar Probe, dan menjadi benda yang pernah di kirim paling dekat ke bintang matahari.

Dari semua pesawat ruang angkasa, hanya pesawat ini saja dengan jarak paling dekat ke matahari. Bahkan 7 kali lebih dekat dibanding pesawat yang paling dekat untuk melihat matahari.

Nasa akan mengirim pesawat, dan menjadi pesawat ruang angkasa paling cepat yang pernah dibuat pada 11 Agustus 2018

Diperlukan beberapa kali Slingslot atau memanfaatkan gravitasi planet.

Pesawat akan berada pada jarak cukup aman dari permukaan matahari dan bertugas selama 6 tahun untuk mempelajari matahari dari dekat.
2018 Agustus diluncurkan 12 Agustus 2018 (waktu setempat)


2018 28 Sep mencapai Venus
2018 1 Nov Perihelion
2019 22 Des Venus flyby 2, berkali kali melakukan putaran slingslot sampai tahun 2024
Melakukan 24 kali orbit dan 7 kali bantuan gravitasi planet Venus.

Pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe orbit disekitar Matahari 
teknik slingslot

Mengapa lebih sulit pergi ke Matahari dibanding ke planet Mars
Kekuatan gravitasi matahari. Bumi mengorbit ke matahari dengan kecepatan 100.000km perjam.
Bila mengirim pesawat antariksa langsung lurus ke matahari, maka pesawat akan melenceng dan perjalanannya tidak akan sampai ke matahari langsung.
Pesawat ruang angkasa harus mengambil arah kebalikan dari rotasi Bumi terhadap matahari
Pesawat ruang angkasa ke planet Mars membutuhkan kecepatan 46 ribu km perjam
Pesawat New Horizons yang terbang ke planet Pluto, meluncur dengan kecepatan 57.000 km perjam

Pesawat parker tidak parkir di orbit matahari secara tetap. Tapi terus bergerak selama terbang, mengitari orbit matahari dan planet Venus .
Kecepatan pesawat akan terus meningkat dengan teknik Slingslot, dan posisi pesawat akan semakin dekat ke matahari sampai putaran terakhir.

Pesawat Parker harus diluncurkan lebih cepat dengan kecepatan 69 ribu km perjam, dan putaran orbit mengelilingi matahari selama 6 tahun dan terus mendekat. Kecepatan pesawat Parker akan mencapai 690 ribu km perjam pada putaran terakhir, untuk menahan kekuatan gravitasi matahari.

Untuk mempercepat kecepatan pesawat, Parker akan berputar beberapa kali planet Venus, dan berputar kembali ke matahari. Setidaknya selama 6 tahun dilakukan untuk mengambil data.

Walau pesawat terus bergerak, masalah mengirim pesawat ruang angkasa ketika mendekat matahari akan menghadapi kondisi ekstrem. Radiasi matahari akan menghantam pesawat ruang angkasa, termasuk panas yang luar biasa.

Bila pesawat mendekat ke matahari, pesawat harus berhadapan dengan angin matahari dan korona. Karena kedua kejadian tersebut yang akan diteliti.

Mengunakan pelindung dari komposit karbon dengan tebal 20cm, pelindung panas dapat menjaga peralatan di pesawat Parker Solar Probe. Untuk menahan panas sampai 1400 derajat Celcius.
Pesawat ruang angkasa Parker memiliiki sistem otonom yang bekerja sendiri.
Ketika menghadap ke matahari, suhu panas dipantulkan dengan perisai keramik yang disebut TPS. Instrument dapat terlindung dengan suhu 30 derajat dibalik perisai.
Perangkat TPS dibuat oleh laboratorium fisika terapan Johns Hopkins, mengunakan bahan carbon advanced tech. Seperti busa komposit yang diapit oleh 2 lempeng karbon.
Bagian depan diberikan pelindung plat keramik berwarna putih.

Pengujian lab, perisai TPS mampu bertahan sampai 1650 deg.C.
Bagaimana dengan kabel, apakah pelindung kabel dapat terlindung dari paparan radiasi panas ketika mendekat ke matahari.
Tim mengembangkan tabung kristal safir untuk melindungi bagian kabel, dan bahan kabel dari bahan kimia niobium.

Untuk sistem elektrik, digunakan solar cell. Tapi ketika dekat dengan matahari, hanya sebgian yang terkena matahari yang sangat intens. Dibagian solar panel memiliki sitem pendingin yang sangat sederhana. 2 radiator menjanga suhu dari pembekuan ketika diruang hampa. Dan sirip aluminium memaksimalkan permukaan untuk pendingian, ditambah sebuah pompa untuk mengalirkan suhu dingin.

Walau jarak matahari ke bumi mencapai rata rata 150 juta km, tapi angin matahari memberikan gangguan ke bumi. Khususnya peralatan satelit di ruang angkasa, dimana satelit cuaca sangat terganggu dengan aktivitas angin matahari.

Nama pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe untuk menghormati seorang ahli astrofisik Profesor Eugene Parker dari universitas Chicago. Parker yang bekerja beberapa putuh tahun lalu dan bekerja di sebuah yayasan untuk pengetahuan bintang. Ilmuwan Parker tahun ini sudah berusia 90 tahun.



Parker yang namanya diabadikan sebagai pesawat Nasa mengatakan akhirnya kita bisa melihat penampilan sebenarnya. Untuk mengukur angin surya.

Pesawat Parker Solar Probe akan terjun mendekat matahari, untuk meneliti bagian corona bahkan sampai di permukaan matahari lebih dekat.
Tujuan utama melihat lebih dekat seperti apa matahari bekerja.

Pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe benda pertama paling 
dekat ke matahari

Probe Parker akan dikirim mengunakan roket delta IV Heavy. Setelah diluncurkan dan probe berada di atas Bumi, langsung menuju ke matahari. Nasa menargetkan probe Parker bekerja sampai 7 tahun.

Bagaimana pesawat tidak meleleh ketika mendekati matahari.



Desember 2018

19 September 2018, Nasa melakukan pemeriksaan instrumen.
Oktober 2018, pesawat Parker memecahkan rekor sebagai benda buatan manusia paling dekat ke Matahari.
Foto ini diabadikan dari camera Parker WISPR (Wide-field Imager untuk Solar Probe).
Dengan jarak hanya 27 juta km, diumumkan pada pertemuan American Geophysical Union.
Foto dikirim 7 Des 2018, tapi set pertama ini tidak lengkap. Dan data akan dikirim setelah parkert melewati matahari kedua kali April 2019.
Dan mengitari orbit matahari dengan kecepatan orbit yang sama



Pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe gambar pertamat Desember 2018

Tentang pesawat Parker Solar Probe

Sebuah satelit Osiris Rex milik Nasa diluncurkan 8 September 2016. Akan melintas ke Bumi untuk Slingshot mengitari matahari. Satelit ini akan mengejar asteroid Bennu. Juni 2018 berhasil melakukan manuver DSM-2, Des 2018 tiba di asteroid Bennu.

Situs 360cities.net adalah sebuah situs yang mengumpulkan pemandangan dengan sudut 360 derajat. Robot Nasa Curiosity rover mengambil 136 gambar dari camera Mahli. Memiliki resolusi 30 ribu pixel. Fotonya dibuat memutar 360 derajat. Foto terbaru dibuat September 2018

Nasa memutuskan melihat benda di sekitar sabuk Asteroid Kuiper. New Horizons dipastikan menuju MU69. Pesawat diaktifkan Juni 2018. Begitu jauhnya, sampai membutuhkan waktu pengiriman sinyal selama 12 jam untuk satu kali komunikasi. Seperti apa bentuk di tepi tata surya, mulai terditeksi oleh pesawat New Horizons Agustus 2018



Ada beberapa penemun dari dunia astronomi, beberapa dijelaskan lebih mendalam. Seperti dampak tabrakan dua galaksi, bintang yang pernah melintas dekat di tata surya, penemuan galaksi purba, Black Hole raksasa dan terakhir foto Pluto dan bulan pendamping Charon

Setelah mempelajari selama 8 tahun dari planet urutan ke 2 di tata surya kita. Pesawat tanpa awak Peneliti mengatakan ada perbedaan antara Venus dan Bumi. Venus tidak memiliki perisai magnetik seperti Bumi, mungkin inilah yang menyebabkan Venus tidak memiliki lautan.

Pesawat tanpa awak Juno menjadi benda buatan manusia tercepat. Hari ini akan terlempar dari gravitasi Bumi untuk mempercepat kecepatan sampai 160 ribu mil perjam. Disiarkan oleh Slooth jam 8 pagi WIB via Youtube


No popular articles found.