Nasa mengirim Parker Solar Probe, dan menjadi benda yang pernah di kirim paling dekat ke bintang matahari.

Dari semua pesawat ruang angkasa, hanya pesawat ini saja dengan jarak paling dekat ke matahari. Bahkan 7 kali lebih dekat dibanding pesawat yang paling dekat untuk melihat matahari.

Masalah mengirim pesawat ruang angkasa adalah kondisi ekstrem. Radiasi matahari akan menghantam pesawat ruang angkasa, termasuk panas yang luar biasa.

Bila pesawat mendekat ke matahari, pesawat harus berhadapan dengan angin matahari dan korona. Tapi itu yang dicari, karena kedua kejadian tersebut yang akan diteliti.

Mengunakan pelindung dari komposit karbon dengan tebal 20cm, pelindung panas dapat menjaga peralatan di pesawat Parker Solar Probe. Untuk menahan panas sampai 1300 derajat Celcius

Walau jarak matahari ke bumi mencapai rata rata 150 juta km, tapi angin matahari memberikan gangguan ke bumi. Khususnya peralatan satelit di ruang angkasa, dimana satelit cuaca sangat terganggu dengan aktivitas angin matahari.

Nama pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe untuk menghormati seorang ahli astrofisik Profesor Eugene Parker dari universitas Chicago. Parker yang bekerja beberapa putuh tahun lalu dan bekerja di sebuah yayasan untuk pengetahuan bintang. Dan Parker tahun ini sudah berusia 90 tahun.

Parker yang namanya diabadikan sebagai pesawat Nasa mengatakan akhirnya kita bisa melihat penampilan sebenarnya. Dan mengukur angin surya.

Pesawat Parker Solar Probe akan terjun mendekat matahari, untuk meneliti bagian corona bahkan sampai di permukaan matahari. Tujuan utama melihat lebih dekat seperti apa matahari bekerja.

Pesawat akan mengorbit di sekitar matahari dengan kecepatan 6000km perjam. Dan berada pada jarak 9,8 juta km dari permukaan matahari.



Pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe benda pertama paling dekat ke matahari



Nasa menjawalkan pengiriman probe Parker pada 31 Juli 2018.

Probe Parker akan dikirim mengunakan roket delta IV Heavy. Setelah diluncurkan dan probe berada di atas Bumi, langsung menuju ke matahari.

Nasa menargetkan probe Parker dapat bekerja sampai 7 tahun.

Tentang pesawat Parker Solar Probe