Plasma adalah gas tapi bukan gas biasa seperti oksigen, hidrogen.

Di alam semesta ini materi dasar terbagi antara padat, cair, gas. Tapi plasma tidak seperti ketiga materi tersebut, dan ada di alam semesta.

Bagaimana dengan plasma, apakah termasuk dalam 3 materi tersebut. Plasma dibedakan dari ke 3 materi, dan plasma tidak asing di alam semesta.

Plasma tidak terbentuk di atas permukaan bumi, di permukaan Bumi yang berasal daru akan terbagi dengan materi padat, cair dan gas.
Sedangkan plasma adalah materi yang mungkin berlimpah di ruang angkasa atau alam semesta. Salah satu sumber terbesar ada di bintang dimana gas terionisasi.

Plasma di bumi dapat berbentuk dari petir, lampu neon, dan jejak panas ketika pesawat ulang alik kembali ke bumi. Dalam perangkat elektronik, plasma ada di bagian  TV Plasma, bahkan tabung TV dan layar plasma pada notebook di era 90an.

Plasma sekarang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit panas fusi-nuklir. Keunikan gas plasma dapat dikendalikan bila diberikan ion listrik seperti arus negatif. Membuat reaktor nuklir tidak menghasilkan radiasi yang besar seperti reaktornuklir plutonium
Plasma adalah media elektrik netral dari partikel positif dan negatif tapi tidak terkait. Walau partikel tidak terkait, plasma tidak bebas dalam bentuk seperti kumpulan gas.

Plasma memiliki suhu. Diukur dalam Kelvin atau ElectronVolt untuk mengukur energi per partikel. Bicara dengan plasma artinya ada sesuatu yang panas. Plasma memang ada bagian yang panas, walau ada yang  tidak terlalu panas dan dapat saja terbentuk dalam suhu ruangan. Contoh paling sederhana lampu neon

Beberapa contoh dari plasma

Plasma buatan
TV tabung, lampu neon, pendorong roket dengan pengerak ion. Paling mudah dikenali adalah lampu sign-board, dimana diperlukan aliran listrik tegangan tinggi agar gas dapat menyala.
Karena benturan atmofer dengan perisai pesawat ulang alik menghasilkan gesekan sangat panas, maka plasma dapat muncul.
Plasma laser, plasma dalam gas argon untuk spektroskopi emisi optik dan spektrometri massa.



Plasma alami di Bumi
Petir, api gunung berapi, petir yang terjadi di atas atmofer atau dikenal dengan Blue Jet, Ionosfeer, Aurora di kutub

Plasma di ruang angkasa.
Bintang, angin matahari, media .ruang antar planet, ruang antar bintang, ruang antar galaksi, akresi disk sebuah bintang, dan gas nebula di antariksa.

Untuk membedakan plasma dan gas

Sifat Konduktivitas listrik
Udara adalah isolator yang baik sampai batas 30kVolt / cm.
Plasma bisa lebih tinggi, seperti tujuan tertentu bahkan tidak ada batas.

Partikel
Gas memiliki partikel serupa, dipengaruhi oleh gravitasi dan benturan satu dengan lainnya.
Plasma memiliki 2-3 bagian dari elektron ion, elektron proton dan elektron neutron yang dapat dibedakan dengan tanda dan muatannya. sehingga mereka berperilaku bebas dalam kondisi tertentu. Intinya memiliki ion listrik.

Interaksi
Gas dapa terjadi tabrakan 2 partikel bisa terjadi, tapi 3 sangat jarang terjadi
Plasma secara kolektif, atau memiliki sifat terorganisir. Partikel menjadi sangat penting dan dapat berinteraksi pada rentang yang panjang melalui medan magnit / listrik. Contoh fusi nuklir mengunakan plasma sebagai sumber panas. Bentuk plasma dapat dibuat mengambang di antara di dalam tabung reaktor. Dan di kendalikan oleh magnet yang sangat kuat agar materi plasma tetap berada di tempat yang ditentukan..

Ketika gas berada di dalam ruangan, semua partikel berperilaku sama. Dan molekul akan bergerak dengan kecepatan yang hampir sama.
Plasma terutama di medan listrik atau magnet. Medan magnet dapat menciptakan kumpulan partikel dengan cepat.

Beberapa contoh dari plasma. Matahari adalah gas dan sebagian besar isin gas disana adalah plasma. Pembangkit nuklir fusi nuklir sebagai pembangkit masa depan, mengunakan gas plasma dari bahan Thorium. Dimana plasma dibuat mengalir di dalam sebuah reaktor dan ditahan dengan medan magnit. Aurora adalah plasma akibat tabrakan angin matahari dengan magnet bumi, dan contoh terakhir adalah petir yang membawa voltase listrik turun ke bumi.

Bentuk plasma di bumi dan alam semesta

Plasma dapat dibuat atau dihasilkan dalam ruang medan listrik. Plasma lebih umum dihasilkan di laboratorium sampai keperluan industri. Misalkan industri baja atau metalurgi. Penyemprotan dengan plasma untuk pelapis, plasma pemotongan logam karena panas plasma dapat melelehkan besi seperti mentega bila terkena gas plasma. Atau hal sehari hari misalnya plasma digunakan untuk membersihkan bagian knalpot, disain lampu neon.

Plasma yang tidak panas dapat dilihat setiap hari tentu dari lampu neon bahkan layar LCD dengan tabung lampu CCFL. Pada bagian lampu Neon dihasilkan oleh medan listrik RF atau frekuensi rendah (lebih kecil dari 100kHz). Bila diberikan medan lsitrik lebih tinggi akan menghasilkan panas sampai 10.000 kelvin. Pemanfaatkan plasma juga digunakan untuk industri metalurgi.

Plasma lebih singkat disebut gas terionisasi. Dimana gas memiliki energi untuk membebaskan elektron dari atom dan molekul sehingga ion dan elektron dapat saling berdampingan.
Plasma tidak memiliki bentuk atau volume tetap, dan bentuknya tidak seperti gas. Terjadinya plasma ketika sebagian atom atau seluruh elektron yang dilepas telah bermuatan positif atau menjadi ion.
Sedangkan gas adalah molekul dan atom netral dimana jumlah elektron bermuatan negatif sama dengan proton positif. kata profesior fisika Xuedong Hu dari universitas Buffalo.