Berkebun untuk menanam sayur di rumah dari sisa sayur


Green | 31 May 2017

Menanam Daun Bawang, Bawang, Kentang, Daun Sawi, Jahe, atau kentang dari bibit sendiri

Sayuran di pasar dengan mudah kita beli. Tapi bagaimana membuat sayuran sendiri. Setidaknya kita tahu dari mulai bibit sampai tumbuh dan di konsumsi.

Apakah kita perlu membeli bibit, seperti bibit bawang, kentang, selada, jahe, daun sawi.

Dari 6 sayur yang menjadi makanan dirumah dapat ditanam dan dijadikan bibit sendiri. Atau dari bagian yang dibuang menjadi sampah dapat dijadikan sayuran kembali.

Mungkin kita kurang mengetahui, bila sayur umbi-umbian dan daun dapat tumbuh dari sumbernya sendiri menjadi bibit tanaman. Sehingga kita tidak perlu membuang uang untuk membeli bibit, dan memiliki kebun sayur sendiri..

Dibawah ini beberapa tip menanam sayur .

Cara menanam selada
Selada, dengan memotong bagian bawah taun, dan pindahkan ke gelas kecil.
Isi air di dalam gelas, dan rendam bagian selada setengah dari isi air.
Daun selada baru akan muncul dalam 5-7 hari. Baru pindahkan ke pot dan tanah.

Menanam sayuran dari bibit selada

Cara menanam kentang
Potong bagian kentang separuh badan, seperti membuat bibit pohon alpukat yang dihasilkan dari biji alpukat
Tancapkan tusuk gigi di tengah badan kentang


Isi air ke dalam gelas, biarkan hanya 1/4 bagian yang dibelah terkena air
Ganti air setiap 2 hari sekali. Bila muncul akar kentang, setidaknya berukuran 10-12cm baru pindahkan ke tanah atau pot

Menanam kentang dari bibit kentang sendiri

Cara menanam jahe.
Ambil jahe utuh. Lalu rendam dengan air hangat, dan hanya separuh badan jahe yang terkena air. Biarkan semalaman.
Di badan jahe nantinya akan muncul mata. Mata tersebut adalah cikal bakal dari daun jahe.
Belah badan jahe menjadi dua bagian dan bagian yang dipotong menjadi bagian bawah. Sedangkan mata jahe ada di bagian atas untuk tumbuh daun baru.
Tutup semua badan jahe dengan tanah.
Berikan air, dan tempatkan di ruang yang hangat tapi tidak langsung terkena matahari.

Menanam jahe dari batang jahe

Caram nenanam daun Sawi
Seperti selada, ambil bagian bawah daun sawi dan potong
Rendam bagian bawah ke geleas berisi air.
Ganti air setiap 2 hari sekali.
Setelah daun tumbuh di bagian tengah bagian sawi, barau pindahkan ke pot atau tanah

Menanam sayuran daun sawi

Menanam daun bawang
Usahakan mendapat sisa bagian akar cukup banyak. Potong bagian daun bawang, tapi tidak sampai habis
Letakan di dalam gelas berisi air, tapi bagian air hanya sampai di bagian akar bawah
Ganti air setiap 2 hari sekali. Setelah mulai tumbuh tunggu sampai 5-7 hari baru dipindah ke pot dan tanah. Beberapa hasil daun bawang dapat dilihat via Berkebun dengan barang bekas

Karena di Indonesia, cahaya matahari berlimpah.
Akar daun bawang dapat langsung ditaruh ke pot, tapi awalnya hindari terkena dari sinar matahari langsung agar pohon daun bawang tidak kering.
Setidaknya untuk beberapa hari sampai mulai berkembang daun bawang baru, maka daun bawang siap berkembang.



Menanam sayuran daun bawang

Dalam 1 bulan sudah dapat di panen, bila diberikan pupuk yang baik. Click foto, hasil asli menanam daun bawang dari akar.

Caram menyiram daun bawang tidak terlalu menyukai air. Sebaiknya disiram sekali sehari, bila hujan tidak perlu disiram

Menanam sayuran daun bawang

Menanam bawang dapat mengambil dari bibit bawang sendiri
Cukup memotong bagian sisa akar bawang. Jangan sampai habis tapi sisakan isi bawang. Dan pindahkan ke pot atau tanah.
Setelah dimasukan ke dalam pot, tutup dengan tanah semua permukaan badan bawang.

Menanam bawang dari bibit akar menjadi bawang

Tip diatas dapat dilakukan bagi sayuran lain. Seperti Wortel

Biji cabai besar
Percaya atau tidak, biji cabai yang dibiarkan di tanah dan tumbuh, dan mulai muncul daun dan akar.
Setidaknya sudah mencapai 5cm, dapat langsung di pindah ke pot, tapi tetap menghindari dari cahaya matahari terik untuk sementara waktu.

Panen cabai merah besar hanya memerlukan waktu 3 bulan setelah sebuah biji cabai berkembang, memiliki akar dan daun setinggi 3cm dan menghasilkan cabai.

Panen cabai merah. Bila kondisi tanah yang baik, dan dirawat.
Awal pohon cabai merah akan muncul seperti banyak bunga.

Tidak lama akan muncul capai kecil tapi masih berwarna hijau dan bentuknya terus membesar.
Dalam kurun waktu 3 bulan tersebut berdasarkan pengalaman kami, satu pohon cabai dapat menghasilkan 4-6 buah cabai di awal pertumbuhan

Dan bunga yang terlihat dipohon cabai semakin banyak dan kembali muncul menjadi cabai hijau.
Cabai yang sudah besar, setelah 2-4 minggu warna cabai hijau menjadi merah.

Caranya sangat sederhana, sebarkan biji cabai merah besar di sebuah  tempat yang subur, dapat berupa polibag dan disiram setiap hari.
Setelah tunas muncul, biarkan dan hindari dari cahaya matahari langsung.

Setelah mencapai 5cm, silakan dipindah ke pot dan letakan di halaman tapi tetap tidak terkena langsung cahaya matahari agar daun tidak kering.
Pohon capai mulai berbuah, ketika pohon baru mencapai tinggi 10 cm dan terus menghasilkan cabang.

Pohon akan terus membesar sampai 50cm, bila di setiap tangkai dekat daun terdapat bunga. Itulah bakal cabai yang akan tumbuh.

Perlahan pohon cabai akan berkembang dan dalam 3 bulan akan menghasilkan cabai baru.

Menanam sayuran cabai merah besar

Gambar diambil dari dokumentasi sendiri dan Easiest Vegetables to Grow In a Small Space.

Berita terkait
Teknologi wireless charger mulai digunakan untuk smartphone. Perangkat praktis tanpa perlu membawa kabel, letakan smartphone di atas adaptor wireles charger. Xiaomi membuat 50W wireless charger yang efisien.

Ketika sebuah kota untuk kendaraan menjadi kota sepeda kembali. Paris berhasil setidaknya dampak dari Covid. Disana tidak lagi ramai dengan kendaraan, melainkan sepeda yang mundar mandir di jalan utama. Pesepeda Jakarta naik tapi hanya sebagai tren. Waktu dan infrastruktur menentukan apakah bertahan atau hanya tren semata.



Freelancer atau pekerja lepas umumnya tidak mau bekerja secara resmi di kantor. Bisa bebas bekerja dimana saja, tidak terganggu suara rekan  kerja, kolega dan bos. 2018 Bekerja dirumah lebih baik, dengan penghasilan dapat dihemat. Yang lain lebih baik gaji lebih kecil asalkan bekerja di rumah. Bisnis retail Okt 2019. Shopee memberi kesempatan 10 toko retail terbaik menjual langsung produknya ke luar negeri.

Kota Paris sudah cukup dengan layanan skuter listrik. Tahun 2019 ini ada 12 (ya, dua belas) layanan startup skuter di Paris. Tahun depan berencana berikan subsidi separuh harga sepeda listrik bagi warga kota. Paris masuk 10 besar kota bersepeda.

Cahaya UV dari matahari dapat mencapai permukaan bumi. 95% radiasi ultra-violet adalah tipe UV-A dimana dapat merusak lensa mata. UV_B yang beresiko menganggu mata. UV-C lebih berbahaya tapi tidak menembus permukaan Bumi. Kulit juga terkena dampak radiasi sinar UV, membuat keriput tapi bagaimana terjadinya.

Bila mampir ke kota Shenzhen. Mungkin tidak banyak suara bis yang terdengar, bahkan ada permintaan bis dipasang suara agar penumpang tahu bis sudah datang. Pemerintah kota telah menganti semua biskota dengan power listrik di tahun 2018. Kota telah berbenah jauh hari sebelum menjadi pusat bisnis global

Lisa mengirim sebuah video ke Youtube. Awalnya dia mengira ayahnya tidak bisa bicara lagi karena menderita Alzheimer. Ternyata tidak, orang tuanya bisa berkomunikasi tapi tidak dengan keluarga atau teman. Tetapi dengan anjingnya dirumah. Alzheimer awalnya terbagi menjadi dua, baru gejala dan sudah terjadi.



60 tahun menyumbangkan darah, karena darahnya unik. Memberikan Anti-D, setidaknya membantu 2 juta ibu hamil. Dia telah menjadi donor sebanyak 1100 kali, dan pada awal Mei 2018 usianya menjadi batas bagi orang sebagai donor darah. Temuan tersebut terjadi setelah 10 tahun James mulai menjadi donor darah.

Main petak umpet di China, teman anda akan lama sekali bersembunyi. Di daerah Harbin, polusi asap mampu menghilangkan orang dalam jarak 3 meter. 4 tahun berlalu pemerintah China memenangkan perang, cepat walau belum mencapai target WHO

Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.

Sebuah perusahaan asal Korea membuat perangkat Pico. Alat dengan seukuran kantong dapat menditeksi partikel PM10 dan partikel debu PM2,5. senyawa organik yan gmengupa, gas CO2 atau konsentrasi gas.

Anda sering melihat sebuah kantong kecil di dalam kotak barang elektronik, sepatu atau tas baru. Jangan dibuang, benda tersebut adalah silika gel. Bentuk seperti bola kecil bening, memiliki beberapa manfaat.

Kota Los Angeles sekarang melapisi jalan dengan cat abu abu atau disebut CoolSeal. Menjaga trotoar dan jalan lebih dingin. Perubahaan iklim menjadi fakta kehidupan di kota seluruh dunia. Menjadi ancaman serius bagi kesehatan, lingkungan dan ekonomi masyarakat.



Topher White seorang insinyur dari San Francisco pernah mendaki dan bekerja untuk hutan Indonesia. Idenya lahir untuk membuat alat yang dapat mendengar mesin gergaji. Lain lagi upaya PES, lebih baik memberikan subsidi kepada masyarakat untuk biaya hidup bila mereka tidak menebang hutan

Jangan dikira kegiatan berkebun seperti gaya feminim. Menanam pohon tidak harus mahal tapi perlu akal. Dapat mendaur ulang barang bekas untuk pot, dan mengambil bibit tanaman dari sampah kita sendiri. Membuat kegiatan berbeda dibanding menonton TV atau hanya duduk di rumah.Beberapa tip untuk mulai berkebun dari media tanah sampai jenis pot.

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.




No popular articles found.
< /body>