Bintang GJ 625 Super Tierra ada planet GJ 625b disana


Science | 31 May 2017

Planet GJ 625b memiliki ukuran lebih besar dari Bumi dan berada di zona habitat

Bintang GJ 625 adalah bintang tipe M atau kategori matahari kerdil. Sekarang menjadi populer setelah ditemukan planet di tata surya dari bintang Trappist dengan 7 planet dan bintang Proxima dimana ditemukan planet dan bintang paling dekat.

Sebuah tim astronomi menemukan tata surya GJ 625b, letaknya tidak terlalu jauh. Hanya 21 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat adanya planet berukuran 2,82x lebih besar dari Bumi. Atau disebut juga super earth.
Tapi orbit planet tersebut berada di posisi tepat, atau zona habitat.

Tim yang dipimpin Alejandro Mascareno dari peneliti Canary Island Institute of Astrophysic / IAC dan member universitas La Laguna dan Geneva.

Mereka mengunakan instrumen HArps-n red Dwarf Exoplanet Survey / HADES, yang khusus meneliti bintang kerdil atau bintang tipe M. Penemuan ini mengunakan peralatan sangat akurat dari instrumen HARPS-N dari teleskop Galileo National 3,6 meter di pulai La Palma.

Dengan teleskop tersebut peneliti mengambil data spektrometer, dan data menunjukan disana ada planet dengan ukuran kurang lebih 2,82 x lebih besar dari Bumi. Planet yang disebut GJ 625b, atau planet nomor 2 yang ditemukan

Dibawah ini beberapa planet yang ditemukan oleh para ilmuwan astronom, diperkurakan memiliki permukaan batuan.

  • Proxima b dari sisi kiri adalah planet dan bintang yang ditemukan dan paling dekat ke Bumi dengan jarak 4 tahun cahaya
  • Planet Kapteyn b dengan bintang disana hanya berukuran 0,274 x dari massa matahari. Memiliki jarak 12,78 tahun cahaya dan berada di konstelasi Pictor. Ditemukan Juni 2014 dengan peralatan Harps milik ESO di observasi La Silla Chile, dan planet terditeksi oleh teleskop Keck di Hawai dan observasi bintang PFS di CHile.
  • Planet Wolf 1061c ditemukan Desember 2015 oleh tim univeresitas NSW Australia mengunakan perangkat milik ESO Planet WOlf 1061c berada pada jarak 13,8 tahun cahaya dan ukurannya hanya 1,5x lebih besar dari Bumi. Di bintang Wolf 1061 ditemukan 3 bintang termasuk 1061c, dan bintang Wolf 1061 memiliki ukuran 0,25 x massa matahari jadi relatif kecil. Planet Wolf 1061c mengitari bintang setiap 17,9 hari dengan jarak 0,08 jarak bumi ke matahari. Walau planet mengorbit ke bintang sangat dekat, suhu panas bintang hanya memberikan -45 derajat ke planet
  • Planet GJ 273b adalah planet terdekat dengan jarak 10-15 tahun cahaya dari bumi
  • GJ 832c atau Gliese 832c adalah planet yang lebih jauh dengan jarak sekitar 16 tahun cahaya. Disana ditemukan 3 planet, tetapi GJ 832c disebutkan terlalu panas dan setara panas planet Venus.
  • GJ 625b ditemukan planet dengan jarak 21 tahun cahayaa (seperti gambar ilustrasi dibawah ini)
  • Di bintang GJ 667 C ditemukan 4 planet dengan nama c, f, e dan d.berada di jarak 22 tahun cahaya. Dengan ukuran bintang hanya 1/3 dari besar matahari

Bintang GJ 625 Super Tierra ada planet GJ 625b disana

Alejandro mengatakan bintang GJ 625 relatif lebih dingin, dan planet yang dilihat berada di tepian zona habitat. Jadi ada kemungkinan adanya air di permuklaan planet. Kebanyakan bintang di galaksi kita, bintang ukuran kecil mencapai 70%. Jadi memungkinkan melihat adanya planet cukup banyak dengan lingkungan seperti Bumi.
Masalah bintang yang lebih kecil dari matahari adalah kestabilan. Karena bintang tipe M relatif tidak setenang bintang ukuran seperti matahari walau cahayanya cukup dingin.



Penelitian di masa mendatang akan dilanjutkan oleh teleskop lebih besar. Seperti Thrity Meter Telescope / TMT atau teleskop generasi baru yang lebih kuat.



Info dari Institusi Canarias

Berita terkait
Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Awalnya planet terlihat cocok untuk manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut. Itu adalah Water World.

Bintang T Ursae Minoris adalah bintang besar berukuran 2x lebih besar dari matahari. Masuk bintang raksasa yang sekarang sedang membengkak, mulai berdunyut. Ilmuwan berharap dapat menyaksikan bintang T Ursae Minoris ketika memasuki masa akhir. Dimana skala kehidupan manusia dapat melihat secara langsung kematian bintang.



Mengunakan data ESA dari teleskop Gaia, astronom Brasil menlihat ada 3 cluster bintang baru. Disebut UFMG 1, UFMG 2 dan FMG 3, berada di lengan galaksi Sagittarius sebagai salah satu lengan bintang yang ada. Pembentukan cluster bintang tersebut masih di telusuri, mungkin ada kelompok lain.

Asteroid Oumuamua bukan asteroid biasa dan datang dari antar bintang Pertama terditeksi 19 Oktober dari teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Ini benda diluar tata surya kita, tapi darimana asalnya. Benda bersejarah ini disebut UI A / 2017 telah melintas ratusan juta tahun lalu. Kira kira terjawab 2018

Ukuran bintang kerdil umumnya hanya ditemukan planet berbatu seperti planet seukuran Bumi atau lebi kecil. Karena sebuah bintang kerdil yang memiliki ukuran mungil tidak akan memiliki kelebihan bahan untuk membentuk planet yang besar. Planet NGTS-1b seharusnya tidak ada disana

Bintang V1247 Orionis adalah bintang muda yang panas, tapi sudah dikelilingi cincin gas dan debu yang dinamis. Disebut disc circumstellar, ada yang menarik pada bagian tersebut. Peneliti dapat belajar dari mana asal planet ketika pertama lahir.

Cluster Gaia 1 adalah kumpulan bintang yang berkelompok di dalam satu area. Dan pertama kali ditemukan atau teridentifikasi Mei 2017. Kelompok bintang tersebut tidak berada di dalam galaksi, tapi di atas piring galaksi Bima Sakti



Apakah semua bintang memiliki ukuran bulat sempurna. Tidak semua bintang, ketika bintang memiliki putaran sangat cepat. Bentuknya menjadi oval bahkan seperti telur. Khususnya bintang dengan rotasi dalam hitungan jam. Seperti apa bintang dengan bentuk telur

Bintang HR 8799 terletak 150 tahun cahaya dari Bumi. Disana terlihat ada 4 planet mengorbit. Kali ini sebuah video menarik tentang tatasurya Bintang HR 8799, karena diambil secara langsung dan terlihat jelas 4 planet sedang mengorbit bintang induknya.

Bentuk lubang hitam tidak pernah bisa dilihat, karena dikelilingi oleh cahaya bintang. Tapi peneliti dapat mengetahui bila ada tanda aneh, dan memperkirakan adanya sebuah lubang hitam. Seperti apa bentuknya memang tidak bisa dipastikan. Banyak yang mengatakan sangat besar, mungkin tidak sebesar perkiraan kita.

Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.

Letak Terzan 5 ke bumi mencapai 19 ribu  tahun cahaya. Disana terdapat 2 kelompok bintang dalam. Tetapi kandungan diantara kedua kelompok bintang tersebut berbeda, bahkan berbeda sampai 7 miliar tahun.Beberapa bintang yang lahir dengan memiliki usia lebih mudah antara 4,5 miliar tahun

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.




No popular articles found.
< /body>