UPS  CyberPower GX1325U memiliki sistem Sine Wave, atau memiliki output seperti jala listrik biasa. Dikabarkan harganya turun, bahkan seperti harga UPS standar dengan Square Wave. Mengapa beberapa perangkat membutuhkan power listrik dan tidak dapat bekerja dengan UPS biasa.

Sekitar 20 tahun lalu, produk UPS hanya di jual dengan output Square Wave. Cara kerja UPS Square Wave berbeda dengan power backup atau UPS Sine wave. Power Square Wave menerima power listrik tetapi terpisah. Aliran listrik terhubung langsung ke perangkat elektronik, seperti computer, peralatan listrik lain yang membutuhkan pengamanan power ketika listrirk padam.
Selama bekerja, UPS Square Wave mengisi baterai ke accu kering untuk cadangan baterai.
Bagaimana ketika listrik padam dan aliran listrik terputus. Ketika power mati, sistem relai akan menghubungkan power baterai untuk mengantikan power listrik yang tidak mengalir lagi.

UPS Square Wave
Tetapi listrik dari UPS akan terputus sepersekian milidetik, baru aliran listrik dari baterai memberikan power dari output UPS.
Hal lain, sistem power supply Square Wave memberikan listrik naik turun berbentuk kotak untuk simulasi aliran listrik.
Computer tidak masalah mengunakan power supply dengan sistem Square Wave, tapi beberapa perangkat yang sensitif terhadap perubahan arus listrik dipastikan tidak dapat bekerja.
Disini kelemahan dari sistem UPS Square Wave. Karena sistem pengantian arus listrik ke cadangan baterai akan kehilangan power dalam beberapa milidetik, dan arus output yang dibuat dengan sistem elektronik akan berbeda dengan arus listrik dari PLN.

UPS Sine Wave atau UPS Online
UPS ini sangat mahal, karena mengunakan power listrik langsung perangkat elektronik. Power listrik masuk ke sistem sirkuit dan mengisi baterai DC, dan dari baterai langsung diberiekan output ke sirkuit perubah tegangan DC ke AC. Ketika listrik padam, tidak ada arus yang terputus, karena sistem pengisian baterai yang mengisi listrik saja yang terputus.
Tetapi biaya perangkat seperti ini sangat mahal, dan lebih banyak mengunakan power listrik karena UPS bekerja nonstop selama perubahan arus AC-DC dan dikembalikan ke AC. Keuntungannya, output Sine Wave tidak mempengaruhi arus listrik, aman bagi peralatan yang sensitif dengan arus listrik. Secara umum UPS Sine Wave memiliki kapasitas besar, diantara 2Kwatt keatas. Dan sudah biasa digunakan untuk power backup ruang server computer.
UPS Sine Wave terkendala kerusakan baterai lebih cepat, karena baterai akan terus bekerja dengan pengisian power dari charger.
Seperti kejadian salah satu layanan server computer internet di Indonesia, dimana baterai UPS mereka terbakar. Karena kapasitas baterai yang sangat besar dan beban server computer cukup banyak. Dapat menimbulkan strees pada baterai.

UPS Simulated Sine atau Modified Square Wave
Yang mengisi kebutuhan antara harga UPS Sine Wave yang mahal, tapi tidak dapat dipenuhi oleh UPS Square Wave.
Cara kerja seperti perangkat Square Wave, tapi sistem elektronik lebih canggih dengan membuat simulasi tegangan tiruan seperti jala PLN.
Biaya lebih murah dibanding UPS Sine Wave. Tetapi untuk beberapa perangkat yang masih sensitif arus listrik menjadi tidak teratur.

Arus listrik UPS Sine Wave vs UPS Square Wave vs UPS Simulation Sine Wave

Tipe UPS terbaik, tentu saja tipe Sine Wave. Tetapi bukan berarti setiap penguna computer harus membeli UPS Sine Wave untuk menjaga peralatan computer.
Untuk power supply computer yang memiliki fitur Active PFC. (merubah arus AC yang masuk ke power supply), tentu tidak masalah.
Karena perangkat computer sekarang dirancang cukup toleran dengan pengunakan listrik UPS biasa.
Beberapa perangkat yang sensitif dengan power UPS Square Wave seperti peralatan motor induktif, peralatan audio, lampu neon seperti LCD model lama. dan banyak lagi.

Berapa harga UPS Sine Wave.
Ini yang menarik, bila puluhan tahun lalu harga UPS Sine Wave sangat mahal. Teknologi sekarang jauh berbeda.
Sebuah UPS ukuran kecil dapat digunakan di rumah untuk backup power. Dan dijual dengan kisaran tidak lebih dari $200.
Rata rata output diatas 750W cukup untuk power backup sebuah computer dan perlengkapan lainnya, dan penguna sempat mematikan power listrik bila terjadi listrik padam.
CyberPower CP850PFCLCD PFC  misalnya ditawarkan dengan harga $134 diluar negeri, dengan kapasitas 510Watt, memiliki output Pure Sine Wave.

UPS Sine Wave Cyber Power CP850PFCLCD PFC
Diatas kapasitas tersebut masih ada lagi dengan CyberPower CP1000PFCLCD 1000VA 600W, atau kapasitas cukup besar CyberPower CP1500PFCLCD dengan kemampuan 100% Active PFCdengan 1500 VA outout 900W hanya $200.

Apakah kita memerlukan UPS dengan output power Sine Wave atau Square Wave. Dapat melihat peralatan apa sensitif dan membutuhkan power cadangan dari UPS. Informasi ini memberikan penjelasan sederhana tentang output power supply. Bila menyebutkan UPS berkualaitas sangat mahal dan kapasitas yang besar. Sekarang ini tidak, beberapa produsen sudah menawarkan UPS dengan harga cukup terjangkau. Sekarang kita yang harus mengerti tipe UPS apa yang dibutuhkan, dan teknologi apa yang ditawarakan oleh produsen.