Jangan mengunakan lensa kontak tanpa resep dokter. Itu nasihat dari medis, atau anda beresiko mengalami kebutaan.

Penyakit bakteri Endophthalmitis dapat tumbuh dengan cepat, menyebabkan rasa sakit, mata merah dan yang gawat kehilangan penglihatan.

Ada aturan dari badan kesehatan Amerika - FDA mengharuskan lensa kontak yang dijual di pasar sudah memiliki ijin.

Tapi sekarang banyak lensa kontak dijual bebas. Beberapa produk hanya untuk menghibur, seperti Cosplay atau Halloween.

Ini yang menjadi peringatan bagi mereka yang mencoba lensa kontak untuk memperindah tampilan mata atau sekedar hiburan.

Badan FDA bagian forensik kimia di Ohio melakukan test dari 350 lensa kontak dekoratif dan melihat apakah ada yang hidup didalam lensa kontak tersebut.
Hasil penelitian dipublikasi di Journal of Forensic Sciences, bila dibaca akan menganggu mereka yang pernah mengunakan lensa kontak seperti ini.

Lensa kontak dekoratif yang dijual tanpa resep dokter. 285 berasal dari beberapa toko, salon tato, barang tidak resmi dan merek palsu. Termasuk lensa kontak bermerek resmi.

Lensa kontak palsu dan lensa kontak dekoratif beresiko bagi penguna

Yang ditemukan, lensa kontak untuk dekoratif ditemukan bakteri yang tertinggal. Untuk membuktikan, peneliti melakukan test dengan peredaman di sebuah tabung reaksi penuh kaldu, dan inkubasi selama 2 minggu. Lalu melihat tabung mana yang muncul gumpalan bakteri.

Tidak sampai disana, peneliti juga menguji bakteri apa yang tumbuh termasuk di lensa kontak atau lensa dekoratif tersebut.

60%  dari 37 unit dari 62 model lensa kontak biasa tapi produk lensa palsu. Dan 27% dari 61 unit dari 233 lensa yang tidak terdaftar terkandung bakteri.
Hanya 3,7% atau 2 unit dari 54 model yang diuji dari merek asli / resmi yang terkontaminasi bakteri.

Lensa kontak palsu, dari 29 merek berbeda. 14 merek yang di uji, diantaranya ada satu terkontaminasi bakteri.
Apa yang terjadi bila mata terkena bakteri seperti disebutkan diatas. Mengakibatkan mata kita bermasalah, dengan B. cereus dan Pseudomonas aeruginosa, penyebab umum keratitis mikroba. Jika tidak diobati akan menginfeksi korena dan menyebabkan masalah serius.
lebih parah lagi, bila lensa kontak dipasang dengan buruk bahkan mereka mengaruk. Dapat membantu bakteri masuk lebih dalam ke bola mata.

Lensa kontak asli memang mahal, bahkan tidak nyaman. Tapi jauh lebih murah dibanding pengorbanan diatas. Untuk hiburan agar menyenangkan orang lain dengan mengunakan lensa kontak dekoratif. Pikir dua kali resiko yang akan kita hadapi. Masih ragu dengan informasi ini, dapat dibaca jurnal dari FC