Pernah ingat, ada seorang antuisas computer membuat video Hyperlapse. Dia membuat video melewati jalan bebas hambatan. Tapi dia tidak pernah keluar dari rumah selama pengambilan gambar. Karena dia hanya mengambil foto Street View.

Kalangan fotografer menyebut Hyperlapse. Walau agak berbeda, tampilan Street View mirip seperti Hyperlapse. Hyperlapse yang dimaksud adalah membuat video dari camera yang bergerak. Karena Street View merupakan foto 360 derajat atau foto panorama yang diambil di atas kendaraan Google Street View.

Google sendiri memiliki banyak layanan untuk pemetaan sampai navigasi.
Layanan Google dari Google Earth, Google Maps, dan Google Street, dan terbaru Google meluncurkan Google Spehre 360 atau foto panorama.

Indonesia sudah dibuat untuk layanan Google Street, awalnya foto jalan di beberapa kota di Indonesia dan sekarang boleh dikatakan lengkap. Bahkan sudah mencapai ke daerah pelosok sampai gang sempit.

Google membuat layanan Google Earth dengan teknologi foto satelit. Tapi tidak berhenti disitu saja, digabungkan dengan layanan peta jalan juga dibuat yang disebut Google Maps.
Maps dapat dimanfaatkan untuk navigasi di jalan raya dengan koordinat GPS. Penguna dapat melihat peta jalan, termasuk informasi lokasi, tempat hiburan, ATM, Bank, supermarket dan lainnya.
Dibuat sebagai peta digital seperti Bing Map, Nokia Map dan layanan peta digital lain.
Google Street View umumnya digunakan dalam pengambilan gambar di sepanjang jalan, tempat pariwisata, tempat hiking dan lainnya. Jadi lebih detil atau versi zoom Google Maps dan Google Earth

Proyek pemetaan Street View terus berjalan. Pertama Google Street View dibuat di Amerika dan berlanjut ke beberapa negara sampai ke Indonesia. Bahkan sekarang perjalanan ke basecamp Everest juga direkam oleh tim Google Street view, setidaknya 7 gunung tertnggi sudah dipetakan oleh Street View.

Pemetaan foto Google Street di Indonesia tepatnya mulai tahun 2012. Diresmikan bersama Kementrian Kebudayaan Indonesia Marie Pangestu. Dan pengambilan gambar tahap pertama baru selesai 2 tahun kemudian, dimana masih terbatas untuk beberapa foto di beberapa kota besar. Sekarang sepertinya sebagian besar kota bahkan sampai jalan antar provinsi, tempat pariwisata di Indonesia sudah direkam dalam bentuk foto digital.

Bagaimana proses pembuatan Google Street View. Perwakilan kantor Google di Indonesia awalnya menyiapkan beberapa kendaraan, dan bagian tas mobil terdapat camera untuk membuat foto panorama. Kendaraan akan melewati jalan dan mengambil foto di sepanjang jalan yang dilalui. Dan foto di cocokan berdasarkan lokasi pengambilam gambar dengan koordinat GPS. Teknologi yang dibuat sangat akurat, dan terintegrasi dengan peta Google Maps.
Proses pemetaan jalan secara langsung ini bukan pekerjaan mudah. Selesai di satu tempat, kendaraan akan melanjutkan ke kota lain, dan seterusnya. Bahkan di kota Jakarta, sudah diabadikan setidaknya 2x foto Google Street View untuk mengupdate perubahan jalan

Bila foto sudah diambil oleh mobil Google Street View, dipastikan tempat yang sudah diabadikan oleh camera di atas kendaraan akan muncul di Google Maps.

Untuk apa gambar foto di Google Street View.

Tujuannya untuk memudahkan orang melihat sebuah tempat tanpa perlu datang terlebih dahulu. Misal ingin mengetahui lokasi sebuah gedung, restoran, dokter. Cukup dilihat alamatnya, dan lokasi secara tepat dari Google Maps. Akan tampak lokasi yang dituju. Google mengunakan koordinat GPS untuk akurasi lokasi tempat dari Google Maps dan foto lokasi yang dituju dengan menampilkan gambar dari Google Street View.

Tetapi fungsi Google Street View tidak terbatas untuk foto dari sebuah lokasi. Karena kendaraan Street View sudah membuat foto di sepanjang jalan yang dilalui. Kita dapat melihat perjalanan kendaraan tersebut hanya mengunakan computer atau smartphone di rumah.
Contoh kita ingin mengetahui sebuah jalan atau objek pariwisata di satu tempat. Katanya sih, disana jalannya sudah bagus sejak 3 tahun lalu, dan dapat dilalui dengan kendaraan tipe sedan. Untuk memastikan dapat dilihat di peta Google Maps.

Atau tempat turis yang kurang publikasi. Pengelola dapat membuat perjalanan dari video Hyperlapse, tanpa perlu membuat video sendiri. Cukup duduk di depan computer, dan gambar direkam, di edit dan dimasukan sebagai informasi jalan menuju sebuah tempat.

Teknik hyperlapse Street View ini dapat direkam melalui beberapa website

Cara membuat video Hyperlapse Street View.
Tentukan koordinat titik awal perjalanan dan titik akhir. Koordinat GPS dapat diambil dari Google Maps.
  1. Buka Google Maps, dan click kanan di titik koordinat peta untuk awal perjalanan, lalau tekan Directon from here
  2. Tentukan koordinat akhir perjalanan dan pilih Direction to here. Pastikan tidak ada jalan alternatif yang dipilih, atau hanya satu garis perjalanan.
  3. Lihat di halaman atas Google Maps, akan muncul 2 angka dan dipisah dengan tanda "/". Angka tersebut adalah angka koordinat satelit navigasi. Catat angka tersebut, atau di copy paste ke layanan video Hyperlapse

Membuat video Hyperlapse dari Street View

Buka halaman www.brianfolts.com. Di bagian kolom kosong utama terdapat 2 kotak yang harus di isi yaitu Origin atau tempat awal, dan Destination untuk akhir perjalanan. Masukan 2 koordinat yang muncul di Google Maps ke 2 kotak kosong tersebut. Jangan terbalik, nanti gambar Hyperlase video yang tampil bukan mengarah ke depan, tapi ke arah belakang.

Membuat video Hyperlapse dari Street View

Kita dapat membuat video dari hasil capture jalan Street View. Dari menu Advanced Options, pilih frame rate, dan lebar video. Maksimum dapat dibuat ukuran HD 1280x720p.

Untuk lebih jelas dapat dilihat dari video dibawah ini


Bila dijadikan film pendek


Proses editing GIF Video dengan Photoshop CC , editing video setelah jadi dapat mengunakan Magix Vegas Pro

Peta koordinat dari Google Maps , rekaman foto perjalanan Street View dari www.brianfolts.com/driver