Android Go untuk smartphone low end bisa jalan


Kategori : Software | Date : 16 February 2018
Hanya untuk Android smartphone dengan RAM dibawah 1GB
Android Go adalah versi Android baru, tapi yang ini khusus untuk smartphone dengan hardware minimum atau smartphone murah.

Jangan berharap Android One dapat di install ke smartphone canggih, karena tidak ada gunanya.

OS Android Go ditujukan untuk smartphone dengan RAM 1GB, bahkan smartphone bekas kabarnya dapat hidup kembali. Tentu bila ada yang mengembangkan OS Android Go ke perangkat smartphone.

Android Go fokus untuk penguna negara ke 3. Dimana memiliki keterbatasan dana untuk membeli smartphone mahal.

Apa yang menarik dari Android Go.
Aplikasi yang dibutuhkan hanya memerlukan RAM kecil. Lebih hemat storage, lebih hemat paket data, termasuk aplikasi khusus dari Google seperti Youtube Go, Chrome dan Gboard.
Android Go akan bekerja minimum tapi tetap memberikan kemampuan seperti Android biasa.
Mengurangi ukuran file APK Android
Mengurangi pemakaian baterai dan memory



Google Maps Go
Aplikasi Maps Go bukan aplikasi seperti Google Maps.
Tapi disatukan dengan Google Chrome.
Maps Go tidak dapat di download di beberapa smartphone. Aplikasi dapat di cari via APK Mirror



Google Maps Go


Dibawah ini informasi dari pengembang OS Android Go
Part of Android’s mission is to bring computing to everyone. We’re excited about seeing more users come online for the first time as the price of entry level smart phones drop, and we want to help manufacturers continue to offer lower-cost devices that provide a great experience for these users. Today we gave a sneak peek of a new experience that we’re building specifically for Android devices that have 1GB or less of memory -- Internally we call it “Android Go,” and it’s designed around three things
  • OS: We’re optimizing Android O to run smoothly and efficiently on entry-level devices
  • Apps: We’re also designing Google apps to use less memory, storage space, and mobile data, including apps such as YouTube Go, Chrome, and Gboard. 
  • Play: On entry-level devices, Play store will promote a better user experience by highlighting apps that are specifically designed for these devices -- such as apps that use less memory, storage space, and mobile data -- while still giving users access to the entire app catalog.
The Android Go experience will ship in 2018 for all Android devices that have 1GB or less of memory. We recommend getting your apps ready for these devices soon.

Negara mana saja menjadi target Android Go. Google menawarkan Android Go nantinya untuk pasar negara berkembang. Tetapi berdasarakan data yang ditampilkan Google, pasar nomor 1 adalah India. Amerika yang tidak diperkirakan tertarik dengan smartphone murah dan OS ringan masuk target ke 2. Target ke 3 adalah benua Afrika, disusul Rusia nomor 4. Asia Tenggara termasuk Indonesia menjadi pasar nomor 5.
Bila sekedar chatting, whatsapp, browsing, dengan aplikasi ringan. Tidak ada salahnya mengunakan OS Android Go. Karena OS baru tersebut tidak akan memakan kuota terlalu besar, dan tetap mendukung jaringan lebih lambat seperti 3G.

Februari 2018
Android Oreo Go akan diberikan ke produsen smartphone berbasis Android 8.1 akan dirilis 5 Desember 2017 waktu Amerika.
Pengumuman terakhir , OS Android Go dapat bekerja dengan smartphone 512MB - 1GB RAM, dan meminimalkan kapasitas OS agar ROM kecil dapat tersisa untuk digunakan user.
Aplikasi standar yang diberikan Google Asistant Go, File Go, Google Go, Google Maps Go, Gmail Go, YouTube Go, Gboard, Chrome, dan Play Store

Hal penting di Android Go.
OS lebih baik, optimalkan storage dan performa. Pengaturan pemakaian data dan sistem keamanan.
Google Go, mendapat aplikasi versi Go yang lebih ringan.

Files Go.
Untuk membersihkan dan tranfer file. Minimum OS Android 5

Google Go.
Memiliki ukuran 5MBG. satu aplikasi untuk pencarian gambar, informasi. Minimum OS Android 4.3

Youtube Go.
Youtube versi kecil dan offline serta share ke teman setelah video disimpan ke memory.

Gboard Go.
Mengunakan minimum  RAM (1/2 dari RAM Gboard standar) disebut dengan Gboard Lite. Minimum OS Android 8.1

Google Assistant Go.
Ukuran 5MB. Minimum OS Android 4.3

Google Maps Go.
Versi kecil dari Google Maps. Minimum OS Android 4.1

Gmail GO
Hanya 9MB update 12Feb 2018



Perangkat Android Go.
Kabar terbaru dari Nokia, akan mengeluarkan Nokia 1. Memiliki 1GB RAM dan 8GB storage.
Tapi sudah di install seluruh aplikasi hanya Android Go.
Tahun 2018 diperkirakan beberapa produsen akan ikut menawarkan smartphone murah berbasis Android 8 versi Go.

Nokia 2 akan mendapat Android 8.1 Go.

Android Pie akan hemat baterai smartphone, dengan Restrictions enabled dan adaptive battery. OS akan menendang aplikasi yang tidak merespon. Mendapat upgrade Android 9, Nokia 7+, Nokia 61. Nokia 6.1+,  Oneplus, Xiaomi, Oppo, Vivo dan Nokia telah mendapatkan tester versi Android Pie Beta. 12 smartphone masuk daftar. Oneplus 3, Oneplus 3T, Vivo X21, HTV U11, U11 Plus, U12. Nokia 7+telah mendapat upgrade OS Sep18

Android Paranoid memodifikasi Android 7 mulai 2017, Android 8 mulai Agustus 2018. Tim ini baru merelease Android Paranoid 7.3 dengan app camera sendiri. Tidak masalah bila perusahaan Oneplus tidak menguprade OS Android ke versi terbaru. Update untuk Nexus

Bagi penguna smartphone Huawei dengan OS khusus untuk procesor Kirin. Smartphone akan mengunakan tampilan EMUI 8 sebagai standar smartphone seri Kirin procesor. Bagi mereka yang tidak suka dengan tampilan tersebut, ada alternatf menganti dengan OS Android OpenKirin.



Perangkat OS Android Go dibuat dengan biaya lebih murah $85. Secara fungsi tetap sama, kecuali fitur aplikasi yang dibuat versi Lite. Nokia 1 tampil pertama mengunakan OS Android Go, procesor Mediatek 4 core.

CypherOS adalah OS Android alternatif. Sementara dikembangkan dari OS Android 5. Fitur terbaru tampilan depan dapat menampilkan informasi cuaca yang selalu on disebut Ambient Weather.

Tamagotchi dahulu dibuat dengan layar kecil seperti gantungan kunci. 20 tahun lalu permainan Tomagotchi seperti memiliki binatang virtual yang harus di jaga oleh pemiliknya. Sekarang tampil di smartphone Android.

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.



OmniROM adalah pengembang OS Android modifikasi , cukup terkenal di era Android Jelly Bean atau KitKat. Sekarang mereka kembali dengan menawarkan upgrade OS Android 8 ke beberapa model smartphone

Aplikasi Zello kembali hit, rangking sat di App Store. Karena 2 badai menghantam Amerika, masyarakat ingin mendengar kabar dan pencarian atau meminta pertolongan bila diperlukan. Mengunakan komunikasi walkie talkie digital, suara lebih mudah dibanding mengetik.

Google Cloud Printer. Pertama mencetak dengan driver Google dan browser akan menditeksi printer yang sudah ada / terhubung ke computer. Kedua mengirim ke Cloud Printer mengunakan browser.

Microsoft memangkas layanan user dari 15GB Free menjadi 5GB. Bagaimana memindahkan data dari Onedrive ke Google Drive. Ada layanan untuk copy file dari kedua storage gratis. Mover.IO adalah layanan gratis untuk copy file antar Cloud

Bila anda tertarik membeli smartphone merek ternama, beli yang mahal sekaligus. Bila perlu tabung dahulu. Bila mencari smartphone murah, ada baiknya membeli merek yang tidak ngetop. Karena spesifikasi kadang jauh lebih baik.


No popular articles found.