Rekaman video ini diambil di stasiun ruang angkasa internasional atau ISS. Astronot dari badan antariksa Eropa Thomas Pesquaet sedang berada disana pada tanggal 24 Maret 2017. Dia bergabung bersama astronot Nasa Shane Kimbrugh

Tugas utama menyiapkan peralatan Pressedized Mating Adapter-3 (PMA-3) untuk pemasangan adaptor docking stasiun kedua. Alat tersebut untuk menghubungkan modul yang dikirim dari bumi ke stasiun.

Kali ini astronot harus bekerja di luar stasiun ruang angkasa. Untuk mengerjakan beberapa tugas seperti pemindahan adaptor docking stasiun, pelumasan lengan Canadarm2, dan memeriksa kebocoran pipa.

PMA-3 memiliki ruang modul bertekanan, antara modul stasiun dan adaptor docking.
Pemasangan ini memutuskan kabel dan koneksi listrik di PMA-3, dan persiapan lengan robotnya. Berlangsung pada hari Minggu 26 Maret lalu.

Unit PMA-3 dipindah dari bagian Tranquility ke bagian yang menghadap unit Harmony. Adaptor tersebut nantinya untuk menjadi sambungan adaptor docking modul baru yang akan dikirim oleh pesawat SpaceX Dragon.

Pemasangan adaptor tidak hanya unit saja, tapi termasuk sistem software canggih untuk adaptor. Sementara bekerja, astronot juga memeriksa katup radiator yang dicurigai terjadi kebocoran untuk gas amonia. Sekaligus memeriksa camera milik Jepang dibagian depan. Fungsi radioator yang diperiksa digunakan untuk melepas kelebihan panas di dalam kabin.

Di Bumi pekerjaan seperti ini bisa dikerjakan dengan mudah. Di ruang angkasa, untuk membuka pembungkus pipa menjadi tidak mudah. Tangan astronot yang terbungkus harus menarik pelindung dan bagian pipa yang diperkirakan bocor. Membutuhkan waktu lama sambil membuka kaca pelindung helim, bila di bumi mungkin tidak lebih dari 10 detik

gambar video Astronot bekerja di stasiun ISS

Coba lihat dibagian baris gambar bawah tengah dan kiri. Cahaya tersebut adalah cahaya matahari. Yang dilihat dari bumi sangat terang di siang hari. Tapi di stasiun ruang angkasa ISS hanya terlihat seperti cahaya lampu besar.

Dibawah ini rekaman video dari misi US Spacewalk ke 40.