Galaksi IRAS 06076-2139 ini dempet dan saling berpaspasan


Science | 17 May 2017

Galaksi ini tidak bertabrakan hanya berpas-pasan saja

Mengunakan teleskop paling kuat Hubble, melihat 2 galaksi yang dempet.

Letaknya 500 juta tahun cahaya dari Bumi.

Disebut galaksi IRAS 06076-2139, keduanya saling berpaspasan alias saling melintas berdekatan dengan kecepatan 2 juta km perjam.

Keduanya bergerak dengan kecepatan tinggi, karena gerakan keduanya sangat cepat dan tidak bergabung.

Masalahnya disetiap galaksi memiliki daya tarik, dan jarak antara kedua galaksi berada 20.000 tahun cahaya.

Yang terjadi keduanya tidak bergabung menjadi galaksi yang lebih besar, malah struktur cincin keduanya yang terganggu. Lalu apa akibatnya dari struktur di kedua galaksi ini. Posisi bintang dan gas di keduanya berpindah atau bergeser.

Foto dibawah ini diumumkan 8 Mei 2017. Dan terletak di rasi Lepus

Galaksi 
IRAS 06076-2139 ini dempet dan saling berpaspasan

Tabrakan antara 2 galaksi atau lebih, tarik menarik yang terjadi, serta galaksi yang berpas-pasan ini bisa terjadi di alam semesta. Galaksi kita Bima Sakti dan galaksi Andromeda suatu saat nanti juga akan bertabrakan. Tetapi nanti 4,5 miliar tahun lalu baru bergabung menjadi satu. Walau terlihat tabrakan akan mengerikan, nantinya posisi bintang di kedua galaksi mungkin saja sebagian besar tidak menjadi masalah dan planet serta bintang tetap ada. Karena ukuran galaksi sangat besar dan masih terdapat ruang di beberapa bintang. Yang berubah adalah posisi bintang setelah proses merger, bisa saja bintang yang dilihat akan lebih banyak di bumi. Itupun bila manusia masih tinggal di bumi.

Berita terkait
Galaksi yang sedang mengalami ledakan pembentukan bintang ketika usia alam semesta baru 1 persen, terlihat galaksi menyalakan gas yang mengelilingi galaksi. Awan tebal debu mengaburkan sebagian besar cahaya, menyebabkan galaksi tampak redup bahkan bentuknya tidak teratur. Mirip menemukan mahluk mitos Yeti di hutan belantara. Teknologi saat ini hanya mampu melihat benda kabur dengan teleskop sinyal radio

Ketika awal alam semesta terbentuk, tidak ada yang melihat adanya kelompok galaksi sudah terbentuk. Sekarang ditemukan galaksi purba sudah terbentuk sejak 800 juta tahun setelah dimulainya pembentukan alam semesta.Beberapa galaksi sudah mulai berkelompok, sebagai bukti protocluster.



Menurut peneliti NASA di tahun 2012, 2 galaksi Milky Way atau Bima Sakti dan Andromeda memang berdampingan. Perkiraan awal tabrakan kedua galaksi terjadi pada  4,696 milyar tahun lagi. Mengambil data terbaru dari teleskop Gaia, perkiraan tabrakan tidak langsung tapi akan saling mengitari.

Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 terletak 425 juta tahun cahaya dari Bumi. Letaknya berada di konstelasi Leo. Peneliti memperkirakan kedua galaksi dalam proses pengabungan. Tapi kedua jantungnya atau 2 lubang hitam yang dahulu sebagai pusat galaksi belum bertemu. Keduanya masih terpisah dengan jarak hanya 11.000 tahun cahaya.

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.

Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void



Mengunakan data teleskop Wise dapat diperkirakan mengapa 2 lengan lebih banyak terbentuk bintang. Sedangkan Bumi berada disisi lengan galaksi lebih kecil Sagittarius Arm. Mengapa 2 lengan di galaksi kita lebih banyak terbentuk bintang.

Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk




No popular articles found.
< /body>