Technology | 15 May 2017

Format MP3 sudah berakhir


Lama digunakan tapi tidak berkembang digantikan ke AAC yang lebih efisien

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. Dan menjadi musik favorit di computer, memuat banyak lagi dalam satu storage disc.

Sekarang format MP3 masih digunakan, tentu saja tidak disimpan di CD Disc karena tidak banyak yang mengunakan CD Drive. Lebih hemat memasukan ke storage harddisk, atau memutar di smartphone.

Bukan berarti penguna file MP3 untuk audio sudah berakhir dan tidak boleh digunakan lagi. Semua dapat bekerja baik di storage harddisk atau file MP3 disimpan di storage smartphone.

Sekarang dengan mudah mencari lagu di internet, bahkan mengcopy lagu dari Youtube menjadi MP3. Bagi mereka yang menyukai musik lawas seperti Incubus, Metallica dan lainnya dapat mengkoleksi MP3 dalam media CD atau DVD.
Perusahaan musik menjual audio digital legal dengan versi download adalah format MP3. Yang mengambil musik dari internet tentu format audio MP3.

MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3. Divisi dari Jerman yang didanai oleh pemerintah untuk pengembangan format MP3 di akhir tahun 80an. Perijinan antara Technicolor dan Fraunhofer IIS telah dihentikan.

Yang berakhir adalah tipe berangkat baru, disini tidak akan muncul perkembangan MP3.
Sekarang ada penganti MP3 yaitu AAC - Advanced Audio Coding dengan kualitas lebih baik dari MP3. Memiliki ukuran file realtif sama tapi memiliki bitrate lebih tinggi dari MP3.

AAC menawarkan sistem kompresi lebih efisien dibanding MP3, dan fungsi lebih banyak.
Bila anda memiliki koleksi Disc lagu lawas, ada baiknya tidak mengkonversi ke format MP3. Karena di depan sudah ada yang lebih baru dengan AAC. Seperti suara di DVD yang lebih tajam dan suara teknologi digital.

Nasib MP3 seperti format file GIF, BMP yang awalnya menarik penguna computer tapi berhenti dikembangkan. Kedua file gambar juga digantikan oleh JPEG.
File video begitu banyak format yang ada, dari MP1, MP2 VCD digantikan ke MP4 yang lebih universal sebagai format video camera smartphone, camera dSLR. Tapi akan berakhir dengan penganti HEVC

Selama tinggal MP3, walau teknologi sudah berakhir tetapi MP3 tetap akan dikenang oleh penguna internet.

Artikel Lain

Sebagian kalangan muda bingung dengan peralatan kantor. Tidak pernah mengunakan peralatan scanner, Fax, mesin fotocopy, bahkan printer. Sama seperti tampil teknologi digital di era 90an, tapi generasi senior yang belajar kembali dengan yang muda. Sekarang malah berbalik.

Intel tidak menyebut angka nm untuk produksi chip procesor, digantikan ke angka Intel7, Intel4 dan Intel3. Perubahan disain procesor terbaru mengunakan penyinaran EUV atau Extreme Ultraviolet. Procesor menjanjikan kinerja meningkat sampai 20 persen lebih tinggi dari generasi sebelumnya.



Bicara beberapa tahun lalu, teknologi computer hanya membicarakan computer dan laptop atau notebook. Sekarang penguna perangkat gadget seperti tablet dan smartphone lebih mendominasi. Computer seukuran ruang kamar menjadi seukuran 1cm, atau kompas digantikan dengan peta digital

Format video akan bertambah dan lebih baik lagi. Satu format video High Efficiency Video codec (HEVC) atau disingkat dengan H.265 akan tampil tidak lama lagi. Format ini terbuka dan codec mengunakan x265 sudah tersedia. Dimana keunggulan H.265 ini.



Youtube Obengplus

Trend