Di Amerika ada sebuah perusahaan mobil listrik, awalnya diragukan mampu membuat kendaraan made in Amerika. Tidak memiliki pengalaman membuat mobil lalu menjadi hit di Amerika.

Tesla adalah perusahaan mobil listrik Amerika. Mengalahkan disain mobil listrik Eropa dan Jepang, walau pabrik yang dibangun tidak memiliki banyak karyawan.

Tesla membangun mobil dari 0 atau dimulai dari bodi kendaraan dengan bahan lempengan aluminium. Mobil konvesional hanya kendaraan masa lalu, kedepan adalah mobil listrik.

Mitsubishi mengeluarkan i-MiEV mobil listrik tapi memiliki jarak tempuh 149km, Nissan Leaf lebih jauh 222km. Sedangkan Tesla S mampu mencapai 480km, seperti jarak tempuh kendaraan bahan bakar biasa.
Tesla S untuk menandingi mobil premium seperti Astom Martin.

jarak tempuh mobil listrik Tesla 480km

Musk mendirikan perusahaan pembayaran online Pay Pal. Tapi tidak bertahan lama dan perusahaan tersebut dijual. Sekarang dia memiliki perusahaan nyata, Tesla bahkan perusahaan roket SpaceX.

Kedua perusahaan baru tersebut adalah baru, bahkan teknologi baru.

Elon Musk membuat kendaraan total dari tenaga baterai. Bukan kendaran hyrid dan tidak mengunakan bahan bakar bensin. Elon mengatakan walau kendaraan listrik tidak sepenuhnya bersih, karena pengisian dari pembangkit listrik. Tapi emisi energi yang digunakan hanya 50% dibanding gas buang sebuah kendaraan bahan bakar.

Straubel Co Founder Tesla memikirkan cucu kita bahkan buyut kita tidak akan kehabisan minyak untuk energi. Dan harus mencari alternatif energi.

Elon Musk juga membuktikan disain mobil listrik yang dibangun hanya mengunakan 2 elektrik motor yang dipasangkan di roda belakang. Tidak perlu pemindah gigi, karena gearbox sudah bekerja otomatis. Hanya menekan pedal untuk melaju, dan melepas pedal akan menghasilkan energi kembali ke baterai.

Pabrik baru Tesla terletak di San Francisco atau tepatnya di Fremont. Disana semua komponen dibuat dari awal. Bodi mobil, pencetakan bodi mobil, baterai, rangka, pengelasan, sampai motor kendaraan.
Elon membeli sebuah pabrik mobil bekas dan membangun kembali menjadi pabrik mobil Tesla yang sangat bersih.

pabrik mobil Tesla di Freemont

Lantai pabrik di cat putih, cahaya lampu sebagian digantikan oleh cahaya matahari, mesin di cat merah dengan sistem pengelasan robot, karyawan melakukan mobilitas dan bekerja di pabrik yang sangat luas dengan sepeda.

Sistem kerja robot dibuat multi tasking. Lengan pengerjaan robot dibuat untuk multi fungsi dan menganti peralatan. Sistem pengelasan bodi mobil dibuat presisi, seperti kemampuan pekerja manusia. Butuh waktu 1 setengah tahun untuk memprogram robot sebelum semua bisa berjalan dengan baik.
Elon mengambil seorang insinyur yang memiliki pengelaman selama 25 tahun. Johnson dipilih untuk menangani mesin pabrik, membuat robot bekerja dengan teknik 3 dimensi sehingga arah lengan robot dapat bekerja sesuai perintah.

pabrik mobil Tesla mengunakan mesin robot

Elon membangun pabrik mobil tanpa melihat keuntungan di masa depan. Pabrik Tesla hanya dibuat dalam jumlah terbatas, melihat pasar sampai yakin kemampuan kendaraan mereka dan penguna dapat mempertimbangkan kendaran listrik.

Sebelum membuat mobil untuk konsumen, langkah awal membuat model sport Tesla Roadster 2010 akhirnya tampil untuk menandingi pasar mobil sport. Tesla mematok 109.000 dollar untuk sport yang satu ini dengan bekerja sama pabrik Lotus. Memiliki power 248 tenaga kuda, sistem satu tranmisi, jarak tempuh 392km, 100km dalam waktu 3,7 detik. Produksi pertama 1000 kendaraan.
Lotus menyumbang 6% komponen, seperti penahan angin, air bag, beberapa ban, dashboard dan suspensi. Sisanya ditangani oleh Tesla.
Tesla Roadster dihentikan produksinya tahun 2011 setelah mencapai 2500 unit kendaraan dan kontrak dengan Lotus berakhir.

Model sport Tesla Roadster

Langkah kedua, Tesla menandingi mobil konvensional. Memiliki jarak tempuh yang sama dan lahirnya Tesla S.
Model Tesla S dibangun sendiri oleh Tesla.

Mobil listrik Tesla S

Tesla membuat motor pengerak ukuran kecil hanya seukuran buah melon atau semangka, dan dibuat oleh insinyur Tesla sendiri. Hanya memerlukan 2 pengerak motor listrik yang ditempatkan di roda belakang.
Baterai dipasang permanen dan masih menjadi rahasia Tesla. Ditempatkan pada rangka baja dibagian bawah kendaraan. Sehingga kendaraan Tesla S memiliki 2 bagasi, di bagian depan dan belakang.
Untuk baterai dibuat rata dibawah kendaraan, tanpa perlu menaikan lantai ruang kabin. Praktis semua bagian bawah kendaraan dimanfaatkan untuk baterai, dan ruang lain untuk bagasi tanpa tanki bahan bakar.

Model sport Tesla Roadster dengan baterai flat

Seandainya kendaran Tesla masuk di bengkel konvensional. Maka mekanik tidak dapat melihat dimana mesin kendaraan ini. Karena berada dekat dengan roda depan belakang, disatukan dengan tramisi gigi. Atau model single motor yang ditempatkan di roda belakang.

Kecanggihan model terbaru Tesla S, memiliki kecepatan 100km dalam waktu 2,5 detik. Memiliki sistem lampu yang dapat mengikuti arah kemudi, komponen kendaraan bersih dari polusi udara di dalam kabin
sehingga baik untuk mereka yang memiliki alergi. Kendaraan Tesla S dibuat dalam berbagai model dengan perbandingan jarak tempuh. Model Tesla S 75 mampu mencapai jarak 420km, dan terjauh model P100D mencapai 540km. Bila model S tidak dikebut dan hanya berjalan dengan kecepatan 70km, dapat menempuh jarak 790km. Dengan catatan selama berkendara tidak mengunakan pendingin kendaraan.

Biaya konsumsi mobil listrik di Amerika dengan pemakaian energi listrik. Untuk menempuh jarak 480km, pengisian baterai kendaraan dengan 48A Wall charger dan biaya listrik 12.04 dollar. Dibanding kendaraan konvensional harus membeli bahan bakar sampai $26 (asumsi harga bahan bakar 2,7 dollar pergalon).
Total biaya mobil listrik setahun hanya $423 untuk biaya listrik, sedangkan bahan bakar menghabiskan biaya $1245.
Pengisian baterai SuperCharge hanya memerlukan waktu 45 menit sampai baterai penuh.
Satu kendaraan memerlukan 7 ribu baterai yang dikemas dibawah lantai kendaraan

Bagaiman proses produksi kendaraan ini.
Produksi tesla dimulai dari stamping. Membuat 97% bodi kendaraan yang tentunya dari bahan aluminium. Alasannya untuk mengurangi bobot kendaraan, dan beban diberikan untuk baterai. Sedangkan bagian rangka kendaraan tetap mempertahankan bahan baja. Bahan aluminium memang mahal, tapi tidak ada pilihan untuk mengurangi bobot kendaraan.
Sistem mesinstamping dapat multi fungsi untuk beberapa bagian berbeda dengan molding masing masing bodi dan Tesla membeli mesin stamping paling kuat. Penanganan stamping dilakukan oleh robot agar menghindari karyawan mengalami kecelakaan.

PowerTrain harus dibuat kecil. Tesla memiliki 130 paten untuk bagian ini. Karena kendaraan ini tidak memiliki gigi, bagaimana ketika kendaraan untuk mundur. Dengan membalik arus motor listrik, maka kendaraan akan memutar tenaga mesin ke arah sebaliknya. Sistem gearbox lebih kecil dari ukuran tas golf.

Disain gigi dan motor mobil listrik

Setelah kendaraan selesai, maka harus diuji. Pengujian kendaraan tidak perlu ke luar pabrik. Cukup di dalam pabrik, alasannya karena mobil Tesla tidak mengeluarkan asap.

Test mobil Tesla

Insinyur Tesla mengatakan hal terakhir. Bayangkan bila kendaraan tidak mengeluarkan gas emisi, tidak berisik dan tidak menganggu lingkungan. Tidak ada suara bising mesin kendaraan, tidak ada suara berisk dari knalpot, dan tidak ada lagi biaya bahan bakar yang mahal. Hanya kendaraan yang bersih dan sangat tenang. Dan Tesla mencoba merubah pemikiran masyarakat untuk merobah pola pikir bahwa kendaraan listrik itu sangat baik.
Elon Musk mengatakan butuh 10 tahun kedepan, untuk membuat mobil listrik lebih terjangkau. Dan menjadi mobil listrik menjadi kendaraan masa depan