Gugus galaksi Abell 370 letaknya 6 miliar tahun cahaya. Tapi terlihat dari bumi memberikan foto berbeda dari bentuk galaksi disana

Foto dari teleskop Hubble menangkap galaksi Abell 370 paling detil dari gambar sebelumnya. Untuk mengambil gambar kelompok cluster galaksi Abell 370, dibutuhkan waktu 630 jam, bahkan pengamatan sampai 560 kali orbit bumi.

Foto dengan cahaya kemerahan ini boleh dibilang spektakuler di bidang astronomi.

Kembali dengan kluster galaksi Abell 370. Di area tersebut menjadi rumah bermacam macam bentuk galaksi. Ada yang berwarna kuning sebagai galaksi terbesar, ada yang berbentuk elips. Di setiap galaksi tersebut memiliki miliaran bintang.

Tetapi ada gambar galaksi yang terlihat pada memanjang (1) adalah galaksi yang lebih jauh lagi. Dan berada di belakang kelompok galaksi Abell 370. Dan gambar tersebut muncul bukan langsung terlihat, melainkan akibat pembesaran dari lensa gravitasi.

Galaksi Abel 370 galaksi dibelakangnya bisa muncul terlihat oleh teleskop Hubble

Akibat efek lensa gravitasi kelompok galaksi Abell 370. Benda yang dibelakangnya bisa muncul seakan diperbesar oleh alam semesta sampai berkali kali. Seperti gambar diatas, gambar 1 galaksi di perbesar dan muncul seperti di duplikat menjadi 4 galaksi. Dan terlihat seperti galaksi yang sedang berjajar.

Bahkan galaksi tersebut mungkin baru berusia beberapa ratus juta tahun setelah pembentukan alam semesta pertama. Terlihat berwarna kemerahan (2), sebenarnya galaksi tersebut tersebut sangat jauh, bahkan teleskop Hubble tidak mampu melihat secara langsung. Karena efek gravitasi lensa, gambar tersebut muncul, setidaknya ada 3 galaksi berwarna kemerahan tersebut diperbesar oleh galaksi di kelompok galaksi Abell 370.

Dengan munculnya gambar galaksi dibelakang, peneliti dapat materi gelap yang berdampak pada sebuah kluster galaksi.
Seperti gambar diatas yang ditandai dengan arah panah biru. Galaksi tersebut bentuknya seperti yang didapat oleh teleskop. Tapi terlihat di Bumi, dan gambarnya seperti memanjang. Gambar terebut diperbesar oleh galaksi di depannya sampai 2x lebih besar dari ukuran aslinya. Gambar tersebut sebenarnya adalah galaksi