Galaksi Abel 370 galaksi dibelakangnya bisa muncul terlihat oleh teleskop Hubble


Kategori : Science | Date : 7 May 2017
Kelompok galaksi Abell 370 ada di depan tapi yang kebiruan adalah galaksi yang sangat jauh
Gugus galaksi Abell 370 letaknya 6 miliar tahun cahaya. Tapi terlihat dari bumi memberikan foto berbeda dari bentuk galaksi disana

Foto dari teleskop Hubble menangkap galaksi Abell 370 paling detil dari gambar sebelumnya. Untuk mengambil gambar kelompok cluster galaksi Abell 370, dibutuhkan waktu 630 jam, bahkan pengamatan sampai 560 kali orbit bumi.

Foto dengan cahaya kemerahan ini boleh dibilang spektakuler di bidang astronomi.

Kembali dengan kluster galaksi Abell 370. Di area tersebut menjadi rumah bermacam macam bentuk galaksi. Ada yang berwarna kuning sebagai galaksi terbesar, ada yang berbentuk elips. Di setiap galaksi tersebut memiliki miliaran bintang.

Tetapi ada gambar galaksi yang terlihat pada memanjang (1) adalah galaksi yang lebih jauh lagi. Dan berada di belakang kelompok galaksi Abell 370. Dan gambar tersebut muncul bukan langsung terlihat, melainkan akibat pembesaran dari lensa gravitasi.

Galaksi Abel 370 galaksi dibelakangnya bisa muncul terlihat oleh teleskop Hubble

Akibat efek lensa gravitasi kelompok galaksi Abell 370. Benda yang dibelakangnya bisa muncul seakan diperbesar oleh alam semesta sampai berkali kali. Seperti gambar diatas, gambar 1 galaksi di perbesar dan muncul seperti di duplikat menjadi 4 galaksi. Dan terlihat seperti galaksi yang sedang berjajar.

Bahkan galaksi tersebut mungkin baru berusia beberapa ratus juta tahun setelah pembentukan alam semesta pertama. Terlihat berwarna kemerahan (2), sebenarnya galaksi tersebut tersebut sangat jauh, bahkan teleskop Hubble tidak mampu melihat secara langsung. Karena efek gravitasi lensa, gambar tersebut muncul, setidaknya ada 3 galaksi berwarna kemerahan tersebut diperbesar oleh galaksi di kelompok galaksi Abell 370.

Dengan munculnya gambar galaksi dibelakang, peneliti dapat materi gelap yang berdampak pada sebuah kluster galaksi.
Seperti gambar diatas yang ditandai dengan arah panah biru. Galaksi tersebut bentuknya seperti yang didapat oleh teleskop. Tapi terlihat di Bumi, dan gambarnya seperti memanjang. Gambar terebut diperbesar oleh galaksi di depannya sampai 2x lebih besar dari ukuran aslinya. Gambar tersebut sebenarnya adalah galaksi


Melihat galaksi WISE J224607.55-052634.9 seperti ada dua  kekuatan yang sedang bertarung. Tetapi yang lainnya jauh lebih lemah dan tersedot masuk ke dalam. Terlihat satu galaksi lebih besar sedang memakan galaksi lain yang lebih kecil. Tidak 1 galaksi kecil tapi 3 galaksi kecil dilahap masuk ke dalam.

Ketika teleskop melihat di ruang angkasa dan mendapatkan gambar seperti ini. Apakah ada yang mengirim gambar sebuah wajah sedang tersenyum. Mungkin akan terasa aneh atau senang. Inilah yang didapatkan oleh Teleskop Hubble. Ketika teleskop Hubble mengamati sebuah galaksi SDSS J0952+3434

Asteroid Oumuamua bukan asteroid biasa dan datang dari antar bintang Pertama terditeksi 19 Oktober dari teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Ini benda diluar tata surya kita, tapi darimana asalnya. Benda bersejarah ini disebut UI A / 2017 telah melintas ratusan juta tahun lalu. Kira kira terjawab 2018



Satelit BepiColombo akan meneliti ulang planet Merkurius. Mencari jawaban mengapa planet ini menyusut. Salah satu planet yang jarang dipelajari. Bukan tidak menarik, karena butuh teknik untuk mengirim pesawat kesana. 2 pesawat BepiColombo, Mercury Planetary Orbiter (MPO) danMercury Magnetospheric Orbiter (MMO) dikirim Oktober 2018, dan akan bekerja selama 7 tahun sampai di Merkurius, mengapa begitu lama

Sebuah gugus bintang RCW 38 diabadikan dengan teleskop VLT oleh ESO. Tampilkan gambar terbaru dimana komplek bintang padat ini berjarak 5.500 tahun cahaya.Mengunakan pencitraan inframerah HAWK-I yang dipasng pada teleskop VLT di Chili. Instrumen tersebut dapat menangkap benda yang tidak terlihat sebelumnya. Apakah semua bintang disana masuk ketegori bintang raksasa, separuhnya tidak.

Galaksi Markarian 739 atau NGC 3758 terletak 425 juta tahun cahaya dari Bumi. Letaknya berada di konstelasi Leo. Peneliti memperkirakan kedua galaksi dalam proses pengabungan. Tapi kedua jantungnya atau 2 lubang hitam yang dahulu sebagai pusat galaksi belum bertemu. Keduanya masih terpisah dengan jarak hanya 11.000 tahun cahaya.

Sebuah galaksi generasi awal atau galaksi di awal alam semesta terbentuk tertangkap oleh teleskop Hubble. cahaya dari galaksi SPT0615-JD yang tertangkap oleh ke dua teleskop telah melakukan perjalanan sejauh 13,3 miliar tahun untuk sampai ke Bumi.



Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru lahir.Mengapa lengan galaksi spiral lebih runcing.

Galaksi NGC 4874 adalah sebuah galaksi spiral. Walau disebut dengan galaksi spiral, penampakan galaksi ini tidak menampilkan debu dan gas seperti lengan. Ukuran galaksi ini mencapai 10x lebih besar dari galaksi Bima Sakti.

Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Di jantung sebuah galaksi NGC 4889 terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Terlihat ditengah galaksi tersebut seperti bola terang. Foto dari Hubble dari sebuah galaksi dengan nomor NGC 4889 ini cukup mengejutkan. Memiliki masa 21 miliar kali matahari, disini hanya 4 juta miliar. Update video

Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.


No popular articles found.