ARM Mali-D71 GPU Display smartphone baru 4K VR HDR10


Kategori : Technology | Date : 6 November 2017
Tren chip GPU mengikuti pengembangan teknologi hardware dan software seperti VR, atau HDR10
ARM Mali-Cetus adalah pengembangan grafik pada smartphone dengan arsitek ARM yang disebut Mali D71.

Tetapi yang ini berbeda, dan mendukung teknologi high res display serta multi tasking seperti tren OS Android.

Arm menyebut ARM Mali-Cetus bekerja dengan display 4K x  2K dengan kecepatan 120Hz. Jadi layar dapat terpisah dengan resolusi 4K dengan pengaturan dari GPU procesor.

ARM Mali-Cetus atau GPU Cetus tersebut lebih hemat power. Seperti perangkat computer, smartphone mengunakan procesor. Di dalam procesor smartphone terdapat grafik unit atau GPU. Perkembangan antara CPU yang disebut 4 core atau 8 core sampai 10 core di smartphone, terpisah dengan kemampuan GPU walau dikemas dalam satu unit chip.
Perkembangan procesor / CPU dan GPU smartphone mengikuti tren teknologi. Dari kemampuan display resolusi layar smartphone yang lebih tajam. Teknologi koneksi internet sampai 4G LTE yang semakin cepat.

Termasuk teknologi grafik di layar smartphone. Walau ukuran layar terlihat kecil, tetapi resolusi gambar yang ditampilkan sangat padat dari HD 720p, Full HD 1080P, 2K sampai 4K.
Seiring pengembangan kerapatan layar smartphone sampai 4K, dibutuhkan grafik procesor atau GPU yang lebih memadai. Ditambah kemampuan OS Android Nougat yang mendukung sistem multi tasking juga memerlukan pengolahan gambar pada chip GPU.
Bila CPU sudah cepat dan multi core, GPU juga mengikuti kemampuan hardware dan software yang ada pada perangkat smartphone.

GPU dari arsitek procesor ARM mengunakan nama Arm Cortex, dan grafik perangkat mobile lebih umum disebut ARM Mali
Seperti model ARM Mali seri T800, dengan T860, T830, T820 dan Mali V550 yang dirancang untuk Full HD Display dan 4K di tahun 2014.
ARM Mali G51 yang lebih hemat power dibanding seri ARM Mali seri 800 dan V61 khusus untuk mengolah video / VPU kembali tampil tahun 2016.

Grafik arsitek Mali generasi sebelumnya hanya optimal menampilkan gambar 1600p 50 frame perdetik.
Sedangkan grafik Mali Cetus memiliki kemampuan display sampai 4K 90fps.
Nantinya tidak terbatas untuk pengolahan gambar di layar smartphone.



Dibawah ini untuk pemakaian multimedia.

Teknologi Arm Mali Cetus Graphic 2017

Disini baguan menarik dari teknologi ARM Mali Cetus
ARM Mali Cetus lebih mendukung kebutuhan teknologi baru. Dengan output gambar HDR atau teknologi VR.
Kemampuan OS Android Nougat dapat dimanfatkan oleh GPU Cetus dengan sistem multitasking.
Komposisi gambar yang diolah dengan 8 UI layer ketika satu gambar utama ditampilkan, atau 4 gambar display tapi hanya tampil 2 gambar di layar depan.
Co Procesor Interface. Produsen dapat mengunakan hardware berbeda.
Fitur gambar HDR10, Hyrid Log-Gamma / HLG dan Dolby vision.

Dibawah ini fitur dari chip GPU Mali Cetus yang ditampilkan oleh disainer chip ARM.
ARM Mali-Cetus GPU Display smartphone baru 4K VR HDR10
Arsitek ARM Mali Cetus disebut dengan Mali D71. Teknologi GPU Mali D71 akan tampil pada awal tahun 2019.

5G akan tampil, kemampuan teknologi standar wireless ini dapat merubah kecepatan internet. Seperti apa kecepatan internet sangat cepat 5G sebagai penganti 4G LTE. Perusahaan T-Mobile Amerika berencana memanfaatkan teknologi 5G untuk jaringan internet. November 2018 Intel umumkan chip Intel XMM-8160

Arm akan mengeluarkan disain arsitek procesor ARM Cortex A76, A76 Deimos, A76 Hercules dan Mali G76. Samsung bekerja sama dengan ARM. Target procesor melewati 3Ghz. Arsitek ARM Cortex A75 telah tampil Snapdragon 845. ARM Cortex A73 dan Mali G71 dengan Snapdragon 835, Kirin 970 960 dan Helio X30

Phison chip controller storage SSD akan tampil dengan 8 kanal. Phison E12 menangani Chip kapasitas 8TB, dan S12 untuk solusi storage PCIe dan SATA. Chip controller SSD murah disiapkan  dengan model Phison E8, seperti model Phison PS5008-E8 dan E8T



Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Intel Core H menyatukan 3 komponen dari sebuah perangkat computer. Memberikan ruang kosong untuk disainer notebook seperti menambah kapasitas baterai. Kemampuan Core H adalah procesor pertama yang mengunakan teknologi EMIB

ARM kembangkan ARM Cortex A75 dan ARM Cortex A55. Memiliki teknologi ARM DynamIQ dengan kombinasi cluster core procesor. Mendukung VR dan grafik lebih hemat power

Microsoft dan Qualcomm berencana menawarkan notebook yang selalu terhubung ke internet. Mengunakan procesor Snapdragon 835 dan Microsoft Windows 10 ARM. Windows 10 dalam sleep mode, sistem komunikasi tetap bekerja.



Mali G51 diperuntukan bagi GPU atau Graphic Processing Unit. Satu lagi Mali V61 untuk proses Video atau VPU. Mali G51 dikenal sebagai Arm GPU arsitek Bitfrost dengan gambar dengan resolusi 4K pada smartphone kelas menengah

Perancang arsitek ARM mengumumkan rancangan procesor baru Cortex-R8. Rancangan 4 core procesor berbasis ARMv7-R. Disebut sebagai real time procesor, kemampuan 2 kali lebih baik untuk modem, kelambatan / latency, performa tinggi tetapi efisien dan mendukung teknologi terbaru 5G.

Chip GPU Mali seri T800, keluar 3 model. Mali-T860, Mali-T830 dan Mali-T820. Mali-T860 ditujukan untuk pengolah grafik smartphone high end mendukung DX11.1, 2 model lain T830 dan T820 untuk model menengah dan pemula.


No popular articles found.